Kegiatan ekonomi masyarakat adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dalam rangka memperoleh barang atau pun jasa. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat yang terdiri atas kegiatan produksi dan konsumsi. Jenis kegiatannya juga sangat beragam bisa dilihat dari faktor pendidikan, alam, hingga masalah budaya masyarakat.

Indonesia sendiri merupakan Negara agraris yang memiliki kekayaan alam luar biasa tersebar di seluruh wilayahnya. Sehingga tak heran jika kegiatan di indonesia lebih cenderung ke kegiatan agraris. Namun, ada juga beberapa kegiatan yang tak bersifat agraris. Lalu, kira-kira apa saja kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam rangka menjalankan kehidupan ekonominya? Berikut ulasannya.

Pertanian

Jenis kegiatan perekonomian pertama yang banyak dilakukan di indonesia adalah pertanian. Pertanian sendiri adalah sebuah kegiatan produksi yang menjadikan tanah sebagai faktor utama. Hasilnya bisa sangat beragam sesuai dengan bibit apa yang ditanam. Namun, kebanyakan akan menghasilkan jenis makanan yang siap dikonsumsi oleh masyarakat.

Perkebunan

Jenis kegiatan selanjutnya yang sangat terlibat dalam ekonomi indonesia adalah perkebunan. Perkebunan sendiri adalah sebuah kegiatan yang siap mengusahakan tanaman pada sebuah media atau tanah dalam ekosistem yang cocok. Selanjutnya, hasil yang diperoleh akan dipasarkan untuk menghasilkan uang yang mencukupi kebutuhan. Hasilnya juga sangat beragam seperti kayu, rotan, hingga kelapa sawit yang sangat dibutuhkan keberadaannya.

Perikanan

Sebagai Negara maritime kita juga tak akan bisa terlepas dari sektor perikanan. Sektor ini berhubungan erat dengan pemanfaatan serta pengelolaan ikan. Kegiatan yang termasuk di dalamnya termasuk kegiatan penangkapan ikan, budidaya, pertambakan, hingga pengolahan ikan yang siap dikonsumsi.

Perdagangan

Perdagangan menjadi faktor utama dalam kegiatan ekonomi. Rasanya tak akan bisa dilepaskan dari sektor perdagangan. Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang siap menyalurkan barang produksi ke konsumen. Barangnya bisa berbeda sesuai dengan kebutuhan kita. Terlebih saat ini juga telah tersedia jua beragam jenis barang kreatif yang menyumbang besar dalam urusan perekonomian.

Kegiatan perekonomian nyatanya memiliki beberapa sektor yang tak bisa dilepaskan satu sama lainnya. Setiap kegiatan ini memiliki peran yang besar dan saling melengkapi. Khususnya di dunia ekonomi kreatif yang semakin maju sehingga membuat banyak kegiatan menjadi semakin berkembang. Jadi, kira-kira apa saja kegiatan yang memberikan dampak nyata pada sektor perekonomian saat ini?

4 Jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Yang Harus Kamu Tahu
Scroll to top