5 Penyebab Anak Bicara Gagap yang Wajib Diketahui Orang Tua

Berbicara gagap adalah sebuah bagian dari perkembangan verbal dan pembelajaran anak-anak ketika berbahasa. Namun, ada masa dimana anak terus-menerus mengalami gagap yang akhirnya berlanjut hingga dewasa. Kondisi demikian tentu membuat orang tua cemas dan memikirkan solusinya. Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, terlebih dulu mengetahui penyebab anak bicara gagap yang bisa diamati.

Secara umum, berbicara gagap merupakan sebuah kondisi yang bisa sembuh dengan sendirinya. Pengidap gagap dideteksi pada saat dia mengulang suku kata tertentu dalam berbicara. Seringkali kondisi semacam ini dialami oleh anak usia kurang dari 5 tahun. Kondisi semacam ini menunjukkan bahwa si anak tidak mampu menyampaikan maksud atau kata yang diinginkan. Nah, untuk mengetahui penyebab anak bicara gagap, simak ulasan singkat berikut ini!

  1. Adanya Faktor Genetik

Penyebab yang pertama adalah karena adanya faktor genetik atau keturunan. Si anak memiliki riwayat dari keluarga dengan kondisi serupa. Kebanyakan dari anak yang berbicara gagap dalam kasusnya disebabkan karena ada hubungan darah dengan mereka yang juga gagap.

  1. Problem Pertumbuhan

Sering dialami anak usia dibawah 5 tahun, kondisi gagap saat berbicara ini juga bisa merupakan keterbatasan saat anak mengalami masa pertumbuhan. Bila hal ini terjadi, sepertinya tidak perlu dicemaskan karena sebagian besar bisa sembuh dengan sendirinya.

  1. Stres Pada Anak

Ternyata, stress pada anak juga bisa menyebabkan anak berbicara dengan gagap. Inilah yang disebut sebagai reaksi berlebihan dan membuat si anak merada tertekan. Rasa stress ini kemudian menjadi faktor psikologis yang berpengaruh pada kondisi sarafnya saat berbicara.

  1. Neurogenik

Gangguan pada otak atau saraf yang disebut faktor neurogenik bisa menjadi penyebab anak berbicara gagap. Biasanya kondisi semacam ini lebih dikarenakan adanya trauma seperti kecelakaan atau penyakit stroke.

  1. Gangguan Fisik

Gangguan fisik yang dimaksud adalah ketika si anak memiliki masalah fisik seperti bibir sumbing, lidah tidak melafal sempurna, atau keterbatasan gerakan lidah. Jika hal ini terjadi, maka solusi yang perlu dilakukan juga harus berkaitan dengan terapi atau tindakan fisik seperti operasi.

Itulah beberapa ulasan tentang penyebab anak bicara gagap yang perlu dipahami para orang tua. Sebelum mendapatkan solusi terbaik, sebaiknya orang tua mengetahui penyebabnya terlebih dulu dan menentukan cara tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga bermanfaat!