6 Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Mungkin sebagian anda telah banyak yang tahu tentang burung walet. Berbeda dengan burung pada umumnya, sarang dari hewan satu ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan sarang burung walet kerap kali diolah menjadi sup ataupun makanan penutup lainnya. Tak hanya itu saja, banyak pula yang menjadikannya bahan untuk membuat kosmetik. Lantas, mengapa sarang burung ini bermanfaat untuk kehidupan manusia? Simak selengkapnya berikut.

Beberapa Alasan yang Menjadikan Sarang Dari Burung Walet Banyak Dimanfaatkan

  1. Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pixabay.com

Sebenarnya, manfaat dari sarang burung satu ini sudah lama dipercaya oleh masyarakat Cina. Hal tersebut dikarenakan ilmu pengobatan tradisional dari negeri tirai bambu ini mengatakan bahwa dengan mengonsumsi sarang dari burung satu tersebut akan mampu untuk melawan kanker hingga menangkal penuaan dan meningkatkan konsentrasi pada otak.

Sehingga, kemoterapi dengan menggunakan sarang walet telah lama dianggap sebagai salah satu makanan yang mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh di China. Hal ini pun telah dimuat dalam penelitian Jurnal Drug Design, Development and Therapy di tahun 2016 yang mengatakan bahwa sarang burung walet dapat dikatakan mampu untuk membantu daya tahan tubuh selama masa kemoterapi.

Menurut hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa dengan mengonsumsinya secara rutin dalam waktu 30 hari, akan mampu untuk meningkatkan kekebalan pada imun pada usus. Pasalnya, senyawa yang terkandung dalam liur burung walet ini akan mampu untuk mengurangi cedera yang terjadi pada jaringan usus. Dimana yang kerap kali disebabkan oleh efek samping dari penggunaan obat cyclophosphamide.

  1. Mencegah Resiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

Selain itu, alasan lainnya mengapa anda harus mengonsumsi sarang burung satu ini adalah mampu untuk menurunkan resiko untuk terkena penyakit kardiovaskular. Menurut salah satu penelitian di tahun 2015, mengatakan bahwa sarang walet ini akan memiliki potensi untuk menurunkan resiko pengentalan pada darah atau yang dikenal dengan hiperkoagulasi. Hal ini umumnya, diakibatkan dari kolesterol yang tinggi.

Selain itu, masalah pembekuan darah merupakan salah satu hal yang paling umum menjadi penyebab dari penyakit kardiovaskular. Di dalam penelitian juga menyebutkan bahwa sarang burung walet mempunyai efek yang mirip dengan obat penurun kolesterol atau simvastatin. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka juga tidak akan membuat sistem metabolisme menjadi buruk. Sehingga akan membantu anda untuk mencegah terkena penyakit satu ini.

  1. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Di dalam sebuah penelitian di jurnal Letters In Health and Biological Sciences menyebutkan bahwa sarang walet menjadi salah satu makanan yang kaya akan antioksidan. Perlu anda ketahui bahwa antioksidan sendiri merupakan salah satu senyawa aktif yang memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas. Tak hanya itu saja, antioksidan juga mampu untuk mencegah terkena berbagai macam penyakit kronis.

  1. Dapat Mencegah Resistensi Insulin

Ketika anda mengonsumsi sarang burung walet secara rutin, maka akan mampu untuk mencegah resistensi insulin. Itulah mengapa bagi anda yang kerap kali makan makanan yang mengandung lemak tinggi disarankan untuk rutin mengonsumsi sarang burung satu ini. Perlu anda ketahui, resistensi insulin merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Dengan adanya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sarang walet, ternyata mampu mencegah otak untuk tidak melepaskan sinyal yang bisa memperbanyak produksi insulin. Selain itu, makanan satu ini juga akan memiliki potensi untuk menjaga dan memelihara kinerja metabolisme pada tubuh. Yang mana akan berfungsi untuk memecah lemak menjadi lebih efektif.

  1. Salah Satu Sumber Mineral yang Baik

Pixabay.com

Sarang walet juga menjadi salah satu sumber mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan seperti seng, kalsium, manga dan juga tembaga yang terdapat di dalam makanan ini. Mangan yang terkandung dalam sarang walet memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan pada tulang dan membantu menyembuhkan luka. Tak hanya itu saja, mangan juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Sedangkan untuk tembaga sendiri akan berguna untuk menjaga kesehatan pada jantung. Hal ini disebabkan adanya zat tersebut di dalam tubuh akan mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, tembaga juga mampu untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan dan juga meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Sementara itu, pada sarang burung walet juga memiliki kandungan kalsium. Seperti yang anda tahu, kalsium memiliki peran yang sangat penting di dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan akan mampu membuat tulang dan sendi tetap kuat dan juga berperan dalam mengatur proses pembekuan pada darah. Di dalam makanan ini juga terdapat mineral kromium yang akan berperan untuk membantu penyerapan nutrisi yang ada pada usus.

  1. Mengandung Asam Amino

Liur dari burung walet ini ternyata terbuat dari protein khusus yang mengandung berbagai macam asam amino. Sebut saja seperti prolin dan juga asam aspartat yang akan berguna untuk meregenerasi sel yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, sistein dan juga fenilalanin yang terkandung di dalam makanan ini juga akan membantu meningkatkan kerja memori pada otak.

Selain itu, sarang walet juga membuat kerja impuls pada saraf semakin meningkat. Kinerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari juga akan mengalami peningkatkan saat anda konsumsi sarang walet. Ada pula kandungan tirosin yang akan membantu mempercepat proses pemulihan sel setelah cedera. Serta adanya glukosamin yang dapat membantu untuk proses pemulihan pada tulang rawan.

Namun, ternyata beberapa jenis asam amino memang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Itulah yang menjadikan alasan mengapa anda harus mengonsumsi sarang burung walet. Dengan begitu, kebutuhan akan asam amino yang diperlukan oleh tubuh, akan bisa terpenuhi ketika anda dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi satu ini.

Itulah beberapa alasan mengapa anda harus mengonsumsi sarang walet yang dikutip oleh situs FokusJabar. Hal ini dikarenakan sarang walet tersebut memiliki banyak khasiat yang memang sudah lama diyakini mampu membuat tubuh menjadi sehat dan sebagai bentuk pencegahan dari berbagai macam penyakit. Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui tips lain seputar lifestyle, tak ada salahnya untuk mengunjungi situs fokusjabar.id.