Penyebab Tenggorokan Gatal yang Perlu Anda Ketahui

 

Deskripsi:

Ketika tenggorkan mulai terasa gatal, pastikan Anda dapat mencegahnya agar tidak bertambah parah dengan mengetahui penyebab tenggorokan gatal seperti berikut.

Artikel:

Ketika badan mulai terasa kurang fit, maka tubuh pun akan lebih mudah terserang bakteri dan virus. Salah satunya yakni gelaja tenggorokan gatal yang efeknya dapat sangat mengganggu aktifitas kegiatan sehari-hari. Untuk mengurangi dan mengatasi tenggorokan gatal, Anda perlu mengetahui tentang hal-hal apa saja yang mungkin menjadi penyebab dari sakit tenggorokan tersebut. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

  1. Alergi

Alergi yang dimaksud disini yakni alergi rhinitis, dimana tubuh seseorang akan mengalami reaksi yang berlebihan terhadap zat-zat tertentu, seperit debu, asap, sebuk bunga dan lain sebagainya. Hal in juga dapat memicu tenggorkan gatal.

 

  1. Virus/Bakteri

Penyebab lain yang menyebabkan tenggorokan gatal yakni adanya virus atau bakteri yang menyerang tubuh. Jika menyerang tenggorokan, maka hal tersebut akan menimbulkan radang tenggokan atau sakit tenggorokan.

 

  1. Pilek

Pilek merupakan salah satu penyakit pernapasan yang sering dialami banyak orang. Lendir yang menumpuk pada hidung dapat memicu terjadinya tenggorokan gatal. Pastikan Anda segera mengatasi penyakit pilek tersebut sebelum menyerang tenggorokan dan menjadi bertambah parah.

 

  1. Sinus

Jika Anda mengalami tenggorokan gatal yang disertai nyeri di bagian wajah dan sakit kepala serta hidung yang tersumbat, maka mungkin hal tersebut adalah ciri-ciri sinus. Selain itu, gejala tersebut juga biasanya akan berjalan selama beberapa hari atau minggu.

 

 

 

 

  1. Efek samping obat

Beberapa obat tertentu memiliki efek samping bagi penggunannya. Salah satu penyebabnya yakni tenggorokan gatal. Maka, sebelum mengkonsumsi obat, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu efek samping obat tersebut.

 

  1. Dehidrasi

Dehidrasi membuat mulut menjadi kering dan dapat menimbulkan tenggorokan gatal. Maka, pastikan Anda minum secukupnya dalam sehari yakni sebanyak 8 gelas per hari.

Terdapat beragam hal lainnya yang dapat memicu terjadinya tenggorkan gatal. Jika Anda masih belum yakin dan rasa sakit pada tenggorokan menjadi semakin parah, maka pastikan Anda mengkonsumsi obat yang tepat atau segera konsultasikan ke doker. Jangan menyepelekan sakit tenggorokan yang sedang menyerang karena jika dapat diatasi lebih cepat maka penyakit tidak akan menyebar dan menjadi tambah parah.

 

 

Scroll to top