Bangau merupakan spesies burung yang termasuk keluarga Ciconiidae. Bangau lebih memilih hidup dengan iklim yang hangat karena tidak tahan dengan suhu dingin. Oleh karena itu, bangau akan melakukan migrasi saat musim dingin menuju tempat yang lebih hangat. Biasanya, migrasi dilakukan secara berkelompok. Bangau memakan beberapa jenis ikan kecil, cacing, serangga, katak, dll.

Bangau memiliki ciri khusus yang berbeda dari burung pada umumnya. Salah satunya adalah ketidakmampuan bangau untuk mengeluarkan suara. Hal ini diakibatkan tidak adanya organ suara syrinx yang membantu bangau untuk mengeluarkan suara. Oleh karena itu, cara komunikasi bangau terbilang unik yaitu dengan mengadu paruh sehingga menimbulkan bunyi. Bangau juga memiliki ciri khusus yaitu paruhnya yang panjang. Bangau menggunakan paruh yang panjang agar mudah dalam mengambil sumber makanannya yaitu ikan, katak, dll. Hampir semua makanan bangau merupakan hewan yang hidup di air atau tanah berlumpur seperti cacing. Untuk memudahkan tugas bangau, burung ini juga memiliki kaki yang panjang dan berselaput sehingga membuat bangau mudah untuk berjalan saat ingin mengambil makanan. Selain itu, bangau juga memiliki ciri khusus yaitu bulu yang terlapisi oleh lilin. Mengapa? Bangau membutuhkan lilin pada bulu untuk mencegah bulunya basah karena terkena air saat melakukan perburuan makanan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bangau melakukan migrasi untuk mencari tempat yang hangat. Hal ini didukung dengan sayap burung bangau yang lebar sehingga burung bangau lebih mudah untuk bermigrasi. Selain itu, cara terbang burung bangau juga terbilang unik yaitu dengan menerapkan prinsip aerodinamis. Paruh burung bangau akan dijulurkan ke bagian depan sementara kaki burung bangau akan didorong ke belakang sehingga bangau akan lebih cepat terbang. Burung bangau juga memiliki kebiasaan yang unik. Salah satunya adalah berdiri dengan menggunakan satu kaki. Mengapa? Hal ini dilakukan bangau untuk mengistiratkan salah satu kakinya yang akan digunakan untuk tumpuan terbang. Bangau juga memiliki ciri khusus yaitu burung yang melakukan monogami dan infantisida.

Apa Saja Ciri Khusus Burung Bangau?
Scroll to top