Remaja adalah masa dimana anak mencari jati dirinya, siapa sebenarnya dia, dan apa yang bisa dia lakukan terhadap dirinya dan lingkungannya. Jadi pada usia ini, anak harus mendapatkan banyak kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Karena usia ini sangat rentan terjadi hal yang tidak diinginkan, apalagi anak pada usia ini sudah memiliki masa dimana ia mengenal pubertas, dimana kondisi fisik maupun mental pada anak sudah mulai bekerja, misalnya ulai menyukai lawan jenisnya. Dalam usia ini jugalah cara mendidik anak remaja yang digunakan oleh orang tua tidak boleh salah. Orang tua juga tidak boleh terlalu mendidik anak terlalu keras hingga berujung pada penekanan misalnya bahwa anak tidak boleh keluar dan bermain dengan teman sebayanya. Anak akan mengalami depresi ringan jika di didik seperti ini.

Didikan Remaja Menuju Dewasa

Karena usia remaja juga memiliki keaneragaman sikap dan sifat baru yang dimiliki oleh anak, orang tua memiliki cara  mendidik anak remaja dengan mudah dan efektif yaitu berikanlah anak kasih sayang, kepedulian, dan cukupi kebutuhannya dengan sewajarnya. Hal ini akan membantu anak menjadi terbuka kepada orang tuanya, sehingga anak tidak memiliki kehidupannya sendiri sampai tidak mempedulikan lingkungannnya. Keterbukaan anak misalnya tentang sekolahnya, teman-temannya, dan kebiasaan apa yang sedang ia sukai akan sangat bisa membuat orang tua lebih mudah mengontrol anak agar tidak melakukan hal yang salah.

Seksualitas Remaja

Hal lain yang dapat dilakukan orang tua terkait agar anak mengerti batasan dalam pergaulannya adalah mengajarkan pada anak tentang seksualitas, misalnya dengan mengenalkan anak pada organ intim apa saja yang tidak boleh diperlihatkan oleh orang lain, tidak boleh disentuh maupun menyentuh. Karena usia ini anak memiliki daya tarik terhadap lawan jenisnya, jadi pendidikan tentang ini sangat penting. Melihat kondisi saat ini bahwa pada usia anak-anak pun telah banyak pelecehan seksual yang terjadi orang tua juga sangat tidak apa-apa jika mengajarkan anak sejak masih dalam usia sekolah dasar untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

 

Bagaimana Cara Mendidik Anak Remaja?
Scroll to top