Di era modernisasi ini telah banyak sekali kita temukan aneka makanan atau camilan yang merupakan inovasi dari suatu bahan. Jika pada umumnya kita jumpai keripik talas, keripik singkong, keripik tempe, atau keripik pisang di pasaran, ternyata kini keripik sukun pun sudah dapat ditemukan di beberapa penjual loh! Bukan hanya rasa asin saja, beberapa rasa seperti balado, pedas, keju dan BBQ pun tersedia.

Table of Contents

1) Bahan Untuk Membuat Keripik Sukun

Jika pada dasarnya anda temukan keripik di warung-warung, yakin setelah mengeluarkan budget demi mengkonsumsi keripik tersebut anda tidak ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Tentu sesekali anda ingin tahu, bukan? Nah! Ada beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat keripik sukun.

Di antara bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat keripik sukun yang utama tentu saja buah sukunnya. Yups! anda harus siapkan buah sukun dulu untuk dapat membuat keripik sukun. Setelah itu, siapkan pula minyak goreng. Gunakan bumbu seperti halnya bawang putih, ketumbar, garam, serta penyedap rasa.

2) Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara membuat keripik sukun tergolong mudah. Langkah pertama, silahkan kupas kulit sukunnya secara menyeluruh. Kemudian belah buah sukun menjadi dua bagian terlebih dahulu, lalu tentukan model irisan buah sukunnya. Usahakan jangan terlalu besar, ya. Anda dapat mengirisnya tipis-tipis agar saat digoreng nanti hasilnya pun renyah.

Haluskan beberapa bumbu yang sudah disiapkan. Haluskan bawang putih secukupnya, ketumbar secukupnya, ikut sertakan pula garamnya. Setelah semua bumbu halus menjadi satu, silakan masukan bumbu ke dalam potongan-potongan buah sukun yang sudah diiris tipis. Tambahkan sedikit air agar bumbu sukunnya bercampur menjadi satu dengan buahnya dan luntur.

Setelah itu adalah proses penggorengan. Anda dapat memanaskan minyak di atas wajan terlebih dahulu. Pastikan anda menggunakan nyala api yang kecil, ya. Jika dirasa minyak sudah panas anda dapat memasukan sukun sedikit demi sedikit ke dalam minyak panas. Goreng hingga irisan sukun matang dan terasa renyah. Angkat, kemudian tiriskan. Maka keripik sukun siap dihidangkan.

 

Bahan dan Cara Membuat Keripik Sukun
Scroll to top