Bahaya Darah Rendah Pada Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

Konsdisi kesehatan harus dijaga apabila wanita sedamg hamil. Kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh akan janin yang dikandungnya. Dengan kesehatan ibu hamil yang baik maka berbanding lurus dengan kesehatan janin. mempraktikan hidup sehat sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan pola tidur yang teratur. Acap kali beberapa ibu hamil cenderung memiliki nafsu makan berlebih, maka dari itu mengontrol makan sangatlah penting. Kandungan makanan yang dimakan oleh ibu hamil sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh ibu hamil. Kesehatan ibu hamil haruslah dijaga, seperti selalu mengecek tekanan darah secara teratur.

Menurut Motherhow, selalu mengecek tekanan darah pada ibu hamil selama masa kehamilan. Hal ini sangatlah berpengaruh pada kesehatan ibu hamil. Apabila tekanan darah menunjukan 60/100 maka segera untuk konsultasi kepada dokter.  Tekanan darah rendah pada masa kehamilan membuat keiknyamanan pada ibu hamil. Selain itu, tekanan darah rendah dapat menghambat sirkulasi darah serta membuat organ-organ internal pada janin kekurangan oksigen. Hal tersebut disebahkan oleh pasokan darah yang rendah, dan juga dapat menimbulkan berbagai masalah perkembangan pada janin serta komplikasi selama persalinan. Apabila sirkulasi darah buruk di plasenta sebagai sumber oksigen dan nutrisi untuk bayi dapat menyebabkan insufiensi plasenta. Dengan kondisi ini janin tidak bisa tumbuh secara maksimal dan berkembang secara normal. Bisa juga janin akan mulai kelaparan dan mati lemas.

Kondisi terburuk yang akan menimpa ibu hamil apabila mengalami kekurangan darah adalah keguguran. Hal tersebut bisa terjadi apabila tidak segera diobati atau malakukan threatment khusus. Kondisi ini juga dapat disebut sebagai gestosis, yakni komplikasi kehamilan yang mengakibatkan disfungsi organ internal ibu hamil.Resiko lain yang dapat di timbulkan dari tekanan darah rendah adalah ibu hamil akan mengalami pingsan dan janin mati. Sebenarnya pengobatan atau threatment khusus tidaklah begitu berbeda. Senada dengan apa yang dikatakan oleh Dr Debra Rose Wilson, PhD, associate professor and holistic health care practitioner. Beliau mengatakan bahwa “secara umum tidak diperlu adanya perawatan khusus untuk mengatasi tekanan darah rendah selama kehamilan”.