Deskripsi

Setiap bayi memiliki masanya sendir dalam pertumbuhan, termasuk pertumbuhan gigi. Bayi mengalami tumbuh gigi biasanya pada usia enam bulan. Namun jika bayi lima belas bulan belum tumbuh gigi, apa yang terjadi?

Artikel

Table of Contents

Seperti Apa Kondisi Terlambat Tumbuh Gigi Itu?

Kisaran normal untuk tumbuh gigi susu pada bayi yaitu berumur 4-15 bulan, dengan  pertumbuhan normal :

  • Empat gigi pada usia 11 bulan
  • Delapan gigi pada usia 15 bulan
  • Dua belas gigi pada usia 19 bulan
  • Enam belas gigi pada usia 23 bulan

Gigi yang tidak mengikuti pertumbuhan normal seperti di atas belum tentu menjadi hal yang mengkhawatirkan. Tetapi jika bayi tidak mengalami pertumbuhan sama sekali atau pertama kali muncul pada usia 15 bulan – 18 bulan bahkan lebih, dapat menandakan masalah terlamabt tumbuh gigi yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Bayi Belum Tumbuh Gigi

  1. Faktor keturunan

Kondisi terlambat tumbuh gigi yang dialami oleh generasi keluarga sebelumnya entah dari keluarga ibu atau ayah dapat diurunkan kepada anak. Tanyakan hal ini dan bila memang iya, ini adalah penyebab kenapa bayi terlambat tumbuh gigi.

  1. Gizi buruk

Baik ASI  maupun susu formula masing-masing memiiki kandungan nutrisi dan vitamin, salah satunya kalsium.  Kalsium dapat membantu untuk pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Jika konsumsi nutrisi tersebut tidak terpenuhi, maka hal ini bisa membuat keterlambatan tumbuh pada gigi bayi.

  1. Hipotiroidisme dan hipopituitarisme

Hipotiroidisme adalah kekurangan jumlah hormon tiroid, kondisi ini memperngaruhi detak jantung, metabolisme serta suhu tubuh. Bayi yang memiliki tiroid kurang aktif bisa jadi mengalami terlambat berjalan, tumbuh gigi, bahkan berbicara.

Hipopituitarisme adalah peurunan sekresi hormon yang diproduksi kelenjar pituitari. Hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit dan kondisi seperti obesitas, kolestrol, dan lain-lain.

  1. Gangguan lain

Pertumbuhan gigi yang terlambat bisa menjadi tanda bayi mengalami down syndrome hingga cerebral palsy. Gangguan fisik hingga muculnya kista atau tumor pada gusi maupun rahang yang bisa memungkinkan gigi tidak muncul.

Sekarang Anda sudah mengetahui alasan kenapa bayi terlambat tumbuh gigi. Jika tulisan di atas sesuai dengan kondisi yang dialami bayi Anda, konsultasikan dengan dokter spesialis.

 

 

 

Bayi 15 Bulan Belum Tumbuh Gigi
Scroll to top