Bolehkah Ibu Hamil Cabut Gigi? Yuk Cari Tahu Disini!

Sakit gigi memang bisa menyerang kepada siapa saja, termasuk kepada ibu hamil. Rasa nyeri serta gangguan yang dirasakan ketika alami sakit gigi dapat berpengaruh pada kondisi ibu dan bayi. Selain itu terdapatnya perubahan hormon pada ibu bayi dapat menyebabkan gangguan pada mulut yang rentan seperti karies gigi, gigi berlubang hingga radang gusi. Lalu bolehkah ibu hamil cabut gigi? Simak ulasan dibawah ini.

Berikut Hal – Hal Mengenai Cabut Gigi Pada Ibu Hamil

  1. Amankah cabut gigi saat hamil?

American Dental Association, American Academy of Pediatrics dan American Congress of Obtetricians and Gynecologists menyarankan agar ibu hamil melakukan perawatan gigi sejak memasuki trimester pertama kehamilan. Hal ini dinilai dapat menghindari adanya kerusakan gigi akibat perubahan hormon yang terjadi selama hamil. Menurut Dr. Aharon Hagai, periode pertama kehamilan adalah periode penting dalam hal menjaga kesehatan.

Namun apabila memang terjadi kerusakan gigi dianjurkan untuk mencabut gigi pada trimester kedua. Penelitian yang terkait, dari journal of American Dental Associaton yang lebih menyarankan dilakukan perawatan gigi pada saat trimester kedua. Hal tersebut dilakukan karena pada trimester pertama kandungan masih sangat rentan dan sensitif. Sehingga pemilihan proses cabut gigi lebih baik dilakukan pada trimester kedua dan diatasnya.

  1. Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Cabut Gigi

Hal paling penting yang perlu dilakukan oleh ibu hamil ketika ingin melalukan cabut gigi adalah berkonsultasi kepada dokter. Karena dokter dapat mengetahui kondisi tubuh ibu hamil dan dapat memberi keputusan apakah tubuh ibu hamil mampu untuk menjalani cabut gigi dan sejenisnya. Apabila dokter memperbolehkan untuk melakukan cabut gigi, maka ada beberapa prosedur yang perlu diperhatikan.

Pertama adalah menghindari pilihan rontgen gigi, karena pada rontgen gigi akan ada radiasi yang ditimbulkan. Walaupun tidak besar hal ini perlu untuk dihindari. Selanjutnya, sebisa mungkin menghindari penggunaan obat bius seperti lidocaine. Meskipun obat bius hanya akan dilakukan pada gigi, hal ini masih menjadi perdebatan  di kalangan ahli kesehatan karena dicurigai dapat mempengaruhi perkembangan janin.

  1. Tips Menjaga Kesehatan Gigi Selama Hamil

Akan lebih baik apabila ibu menjaga kesehatan giginya selama hamil. Ada banyak pertimbangan mengenai bolehkah ibu hamil cabut gigi. Oleh karena itu, lebih baik apabila menghindari timbulnya sakit gigi semasa hamil. Ada berbagai tips untuk ibu hamil menjaga kesehatan giginya. Yang pertama adalah menggosok gigi secara rutin setelah makan dan sebelum tidur.

Melakukan perawatan gigi berupa check up secara berkala ke dokter, dengan ini dapat terpantau baik kesehatan gigi agar dapat menghindari adanya faktor kerusakan gigi dan mulut. Tips selanjutnya adalah menghindari konsumsi makanan yang manis, karena hal tersebut dapat berpengaruh pada gigi. Yang terakhir adalah tetap mengkonsumsi makanan sehat dan juga vitamin untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit khususnya pada gigi.

Hal mengenai cabut gigi pada ibu hamil memang masih sering diperbincangkan. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan seperti yang telah dijelaskan diatas. Sebagai ibu hamil, anda dianjurkan untuk dapat menjaga kesehatan gigi agar dapat menghindari adanya kerusakan dan penyakit gigi. Namun apabila tidak bisa dihindari, maka anda perlu mengikuti aturan dan arahan dari dokter agar tetap menjaga keselamatan janin.