Cara Mudah Membuat Bubur Kacang Hijau yang Kaya Gizi dan Lezat

Pixabay.com

Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kacang hijau menjadi salah satu bahan makanan yang banyak kita temui di Indonesia, India, Tiongkok, dan Amerika Selatan. Tentunya sebagai orang Indonesia anda sudah tidak asing lagi dengan kacang hijau.

Kita ketahui bersama di Indonesia sendiri ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Sampai akhirnya banyak kita temui berbagai olahan makanan yang berbahan dasar kacang hijau. Salah satu makanan yang paling populer berbahan kacang hijau adalah bubur kacang hijau.

Banyak orang mengkonsumsi kacang hijau karena didalamnya terkandung banyak nutrisi seperti kalium, fosfor, zat besi, zinc, kalsium, karbohidrat vitamin A, B, C,dan E, sera selenium dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu orang suka mengkonsumsi kacang hijau karena mengandung serat yang banyak, protein yang baik, rendah lemak, dan tinggi antioksidan. Tentunya semua kandungan tersebut sangat baik dikonsumsi oleh tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Bubur Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Pixabay.com

Selain menawarkan olahan kacang hijau yang nikmat dan bernutrisi, banyak orang Indonesia yang lebih suka mengolah kacang hijau menjadi bubur kacang hijau. Makanan ini menawarkan rasa yang khas dan nikmat, selain itu harganya pun lebih terjangkau dan sangat baik untuk kesehatan.

Sebenarnya cara membuat bubur kacang hijau itu pun cukup mudah dan hampir semua orang Indonesia bisa membuatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur kacang hijau.

  1. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari rutin mengkonsumsi bubur kacang hijaau adalah bisa melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Hal ini terjadi karena makanan kacang hijau ini sangat kaya akan serat. Tentunya serat dalam kacang hijau ini sangat baik untuk membantu sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan kalau kacang hijau ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Tentunya dengan mengkonsumsi kacang hijau bisa membantu mengurangi terkena penyakit diabetes, jantung, kanker hingga stroke.

  1. Menjaga berat badan tetap stabil

Apabila anda ingin memiliki berat badan yang stabil maka anda bisa mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Terlebih bagi anda yang saat ini sedang melakukan program diet sangat cocok kalau mengkonsumsi bubur kacang hijau.

  1. Mencegah melahirkan secara prematur

Bagi anda para ibu hamil, maka sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi kacang hijau. Dengan adanya asam folat pada kacang hijau bisa membantu melindungi bayi anda dari resiko melahirkan secara prematur dan berbagai gangguan lainnya.

Selain itu adanya vitamin B yang tinggi bisa membantu pembentukan sel saraf dengan baik pada janin. Selain baik untuk janin, mengkonsumsi kacang hijau juga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau yang Mudah dan Lezat

Pixabay.com

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang didapatkan dari kacang hijau, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara membuat bubur kacang hijau yang mudah dan rasanya pun nikmat. Penasaran? Silahkan simak penjelasan berikut ini:

Sebelum membuat bubur kacang hijau anda perlu menyiapkan bahan-bahannya.

  1. Kacang hijau 250 gr kemudian dicuci sampai bersih dan direndam sekitar 1 jam.
  2. Siapkan air 2 liter, cula merah sekitar 100 gr dan cincang secara halus
  3. Gula pasir 4 sdm
  4. Santan 150 ml
  5. Daun pandan 2 lembar
  6. Garam 1 sdt dan jahe yang sudah dimemarkan

Setelah semua bahan utama disiapkan maka langkah selanjutnya adalah proses memasak bubur kacang hijau. Untuk mendapatkan rasa yang nikmat anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah kacang hijau direndam dalam air selama 1 jam maka langkah selanjutnya adalah merebusnya dengan air sekitar 1 liter. Biarkan sampai kacang hijau matang dan empuk kemudian sisihkan.
  2. Kemudian anda juga perlu merebus gula merah dan gula pasir dengan air sekitar 500ml. Silahkan tunggu sampai larut.
  3. Setelah air rebusan gula sudah mendidih dan larut maka silahkan tuangkan ke rebusan kacang hijau menggunakan saringan.
  4. Silahkan rebus kembali kacang hijau tersebut dengan menambahkan santan dan 2 lembar daun pandang. Silahkan aduk sampai merata.
  5. Untuk menambah kelezatan dan rasa yang khas silahkan tambahkan garam dan jahe. Silahkan aduk sampai merata.
  6. Bubur kacang hijau pun sudah siap untuk dihidangkan selagi masih hangat.

Kalau anda terbiasa untuk makan makanan bubur organik maka salah satu orang yang peduli dengan kesehatan. Terlebih saat ini sudah banyak sekali makanan-makanan yang disajikan secara instan. Tentu makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang pastinya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Kalau anda ingin yang terbaik anda bisa mencoba resep bubur kacang hijau sederhana yang nikmat dan lezat, aman tanpa bahan pengawet.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur kacang hijau. Selain adanya resep cara membuat bubur kacang hijau tersebut bisa anda praktekkan di rumah. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.