Inilah 15 Cabang Olahraga Atletik Yang Wajib Diketahui

Atletik adalah ajang olimpiade olahraga dengan menyelenggarakan berbagai event untuk dilombakan. Banyak sekali jenis perlombaan yang masuk dalam list ajang olimpiade, baik olahraga secara solo maupun regu.

Salah satu ajang olimpiade yang cukup familiar di Tanah Air adalah Asian Games. Dari sana kita dapat melihat dan mengetahui apa saja cabang olahraga atletik yang dilombakan. Namun untuk memperjelaskan lebih rinci untuk para Pecinta Olahraga, kami akan menguraikannya di bawah ini.

1. Jalan Cepat

Jalan cepat merupakan cabang olahraga atletik. Umumnya, semua orang tentu dapat melakukan hal ini dan jalan cepat pun menjadi event yang masukkan dalam ajang olimpiade.

2. Menembak

Menembak merupakan bagian dari cabang olahraga atletik. Alat tembak yang digunakan adalah pistol, dan sang atlet harus menembak mengenai target yang sudah disediakan.

3. Lempar Martil

Salah satu cabang olahraga atletik adalah lempar martil. Cara melakukannya:

  •         Pegang martil pada bagian handle dengan tangan kiri dan ditutup dengan tangan kanan
  •         Ayunkan martil ke arah kanan sampai pada titik terendah
  •         Lakukan pivot di atas tumit tungkai pada kaki kiri dan ujung telapak kaki kanan
  •         Badan agak dibusungkan ke depan
  •         Menempatkan martil pada targetnya dan melihat arah dimana martil akan dilempar
  •         Lempar martil dengan kedua lengannya di akhir gerakan

4. Angkat Besi

Olahraga angkat besi sudah sangat umum dan selalu hadir dalam ajang olimpiade. Ada 2 jenis angkatan yang sering dilombakan, yaitu Clean and Jerk dan Snatch.

5. Lompat Indah

Lompat indah merupakan cabang olahraga atletik yang menitikberatkan keindahan dalam melompat sebagai penilaian utama. Sang atlet harus melakukan lompatan yang tinggi dengan gaya akrobatik ketika di udara.

6. Panahan

Olahraga panahan sudah cukup populer di kalangan masyarakat dan banyak diminati oleh orang-orang. Di antara alat bantu dalam panahan adalah anak panah, busur panah, dan papan target yang berbentuk lingkaran.

7. Lari Estafet

Lari estafet sudah sangat umum dan selalu masuk dalam daftar ajang olimpiade olahraga atletik. Untuk melakukan olahraga ini, dibutuhkan alat bantu seperti tongkat yang sudah tersedia di dalam lapangan, dan seluruh anggota tim harus menggunakannya.

8. Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh sering disebut juga dengan lari marathon dan menjadi salah satu cabang olahraga atletik. Jarak lintasan yang digunakan tentu luas dan jauh hingga 3000, 5000, dan 10.000 meter.

9. Lari Jarak Pendek

Tidak hanya lari jarak jauh, lari jarak pendek juga termasuk cabang olahraga atletik. Jarak yang ditempuh dalam lari jarak pendek ada 3 macam, yaitu 100, 200, dan 400 meter. Sang atlet harus menggunakan kecepatan penuh pada lintasan yang sudah ditentukan.

10. Lompat Jauh

Lompat jauh menjadi bagian dari cabang olahraga atletik. Cara melakukannya:

  •         Ambil posisi siap berlari sebagai ancang-ancang
  •         Ketika mulai berlari, tambah kecepatan secara perlahan
  •         Lakukan lompatan pada garis tumpuan

11. Lompat Galah

Lompat galah juga menjadi cabang olahraga atletik yang sering masuk dalam list pertandingan. Galah yang digunakan untuk membantu melompat harus panjang dan memiliki ukuran tertentu.

Cara melakukannya, sang atlet harus berlari dengan membawa galah, lalu pada jarak tertentu galah tersebut ditancapkan ke dalam lubang. Kemudian atlet mulai melakukan lompatan.

12. Lompat Tinggi

Salah satu cabang olahraga atletik yang sering diadakan dalam perlombaan besar di dunia adalah lompat tinggi. Penilaian diukur dari ketepatan ketika sang atlet melompat.

Di antara alat bantu dalam olahraga lompat tinggi adalah tiang dan bilah untuk membantu melakukan lompatan. Adapun tempat pendaratan terbuat dari busa dengan tinggi 60 cm dan bagian atasnya ditutupi dengan matras setebal 10-20 meter.

13. Lempar Cakram

Lempar cakram adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dalam sebuah lapangan yang memiliki kriteria khusus. Cara melakukannya:

  •         Posisi tubuh dalam keadaan berdiri tegak dan kedua kaki terbuka lebar
  •         Pegang cakram dengan tangan kanan dan posisi yang benar
  •         Ayunkan cakram ke depan sampai di atas bahu dan di samping leher, lalu putar badan ke kiri-kanan
  •         Saat cakram diayunkan ke belakang, bersiaplah untuk melepas cakram ketika sudah di depan muka

14. Lempar Lembing

Hampir di setiap olimpiade besar di dunia, lempar lembing selalu masuk dalam list cabang olahraga atletik yang dilombakan, sehingga banyak orang yang memiliki minat tinggi untuk berlatih lempar lembing.

Alat bantu dari olahraga ini adalah lembing atau tongkat yang dilengkapi dengan pegangan yang berbahan dasar tali dan terletak pada pusat gravitasi lembing.

15. Tolak Peluru

Salah satu cabang olahraga atletik adalah tolak peluru. Peluru atau bola yang digunakan terbuat dari logam dan memiliki berat yang bermacam-macam. Cara melakukan tolak peluru:

  •         Pegang peluru dengan posisi jari yang benar
  •         Tangan yang memegang peluru ditarik sampai berada di atas bahu dan samping leher
  •         Sikap berdiri dibuat agak membungkuk ke belakang
  •         Memutar tubuh sebagai ancang-ancang untuk melempar peluru
  •         Jika satu putaran selesai kemudian tangan mendorong sambil melepaskan peluru ke arah lapangan

 

Scroll to top