Cara Cek Imei iPhone

Bisa dibilang, iPhone adalah smartphone incaran banyak orang karena berbagai macam keunggulan yang dimilikinya. Bukan hanya fitur dan keamanannya saja yang membuat orang tertarik menggunakannya, melainkan juga karena bodinya yang eksklusif dan elegan. Inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta pada pandangan pertama melihat smartphone besutan Apple, Inc. ini.

Sejak pertama kali menampakkan diri ke publik saja, iPhone berhasil menarik perhatian banyak orang. iPhone dinilai sebagai smartphone bertaraf high-end, tak heran jika banyak penggemarnya yang selalu menantikan versi terbaru iPhone. Bahkan, mereka rela antre untuk mendapatkan iPhone kecintaannya dan melakukan pre-order sebelum seri terbarunya benar-benar rilis.

Memiliki banyak penggemar, jelas banyak yang iri dan mencoba meniru. Seiring berjalannya waktu, iPhone mulai banyak ditiru. Banyak iPhone palsu atau replica yang beredar di pasaran. Sekilas tampilannya pun tentu hampir serupa dengan yang aslinya. Oleh karenanya, Anda yang ingin membeli iPhone dituntut untuk jeli dalam melihat mana iPhone yang palsu dan mana yang asli.

Salah satu cara menemukan perbedaannya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada IMEI iPhone. IMEI merupakan akronim dari International Mobile Equipment Identity yang berisi kode produksi. Inilah yang membedakan perangkat satu dengan perangkat iPhone yang lainnya. Sehingga, tidak ada satupun perangkat yang memiliki IMEI sama. Setiap perangkat pasti memiliki IMEI yang berbeda.

Cek IMEI iPhone

Pixabay.com

Nomernya IMEI unik dan setiap nomor seri berisi 14 hingga 15 digit yang isinya adalah informasi mengenai tipe ponsel, sistem operasi, model, produsen, hardware, dan informasi lainnya, termasuk juga garansi iPhone. Para pengguna iPhone bisa memeriksa nomer IMEI dengan beberapa cara. Berikut ini cara cek IMEI iPhone:

  1. Periksa box iPhone

Anda bisa melihat nomor IMEI pada box belakang smartphone. Di sana ada nomor berupa SN, SKU, dan IMEI. Setelah Anda melihatnya, cobalah cocokkan dengan nomor yang ada pada perangkat iPhone Anda, apakah IMEI yang tetera di box iPhone sama dengan yang di perangkat ponsel. Jika sama, bisa dipastikan asli.

  1. Periksa pada sistem pengaturan

Selain memeriksa IMEI pada box iPhone, selanjutnya Anda bisa mencocokan dengan yang ada di ponsel. Caranya, pertama Anda masuk ke ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ iPhone. Kemudian, pilih menu ‘General’ atau ‘Umum’. Lalu pilih ‘About’. Di sana terdapat spesifikasi iPhone secara lengkap, berikut nomor IMEI-nya.

  1. Periksa pada slot SIM card

Cara lainnya untuk melihat nomor IMEI iPhone Anda adalah memeriksa bagian dalam slot SIM Card. Anda harus mengeluarkan slot SIM Card terlebih dahulu untuk melihatnya. Kemudian, periksa bagian atas, maka Anda akan melihat nomor IMEI/MEID. Namun, ini hanya berlaku pada iPhone model tertentu saja, tidak semua jenis iPhone.

  1. Periksa di belakang ponsel

Anda juga bisa memeriksa nomor IMEI dari belakang iPhone, tepatnya pada bagian body belakang iPhone Anda. Cara ini akan mempermudah Anda agar tidak perlu membuka pengaturan ponsel untuk melihat nomor IMEI. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh iPhone tipe tertentu, yaitu pada tipe iPhone 5/5c/5s/6/6+

  1. Periksa melalui dial

Pixabay.com

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memeriksa IMEI iPhone adalah dengan melakukan kode dial. Anda cukup masuk ke menu telepon, lalu ketikan *#06# pada layar. Secara otomatis, perangkat smartphone Anda akan menampilan nomor IMEI iPhone milik Anda. Cara ini terbilang sangat praktis dan bisa dipraktikkan untuk semua smartphone, termasuk smartphone basis OS Android.

Memeriksa nomor IMEI iPhone Anda saja tidak cukup untuk mengetahui iPhone Anda asli atau replika. Sebaiknya, Anda melakukan pemeriksaan lanjutan dengan membandingkan antara cara-cara yang telah disebutkan. Misalnya, Anda sudah memeriksa nomor IMEI pada box iPhone. Selanjutnya, Anda harus mencoba membandingkan nomor tersebut dengan yang tertera, misalnya pada body iPhone.

Hal ini tentu saja untuk membuktikan konsistensi penulisan nomor IMEI iPhone Anda. Jika seluruh kode IMEI, mulai dari box, fisik iPhone, dan sebagainya ada kesamaan, maka bisa dipastikan iPhone Anda asli. Namun, jika di antaranya ada perbedaan, Anda perlu mencurigai apakah iPhone tersebut asli ataukah palsu.

Anda juga bisa memastikannya melalui website imei.info dengan memasukkan nomor IMEI yang tertera pada beberapa cara di atas. Kemudian, website tersebut akan dengan cepat memberikan data lengkap smartphone dengan benar. JIka Anda memasukkan nomor IMEI dan ternyata data yang ditampilkan adalah data milik ponsel lain, maka iPhone pasti palsu.

Itulah cara cek IMEI iPhone dengan beberapa cara. Kini memang Anda perlu hati-hati dan memiliki pengetahuan soal teknologi. Sebab, hal ini berkaitan dengan keamanan data yang Anda simpan dalam smartphone Anda. Untuk itu, selalu perbarui informasi perihal teknologi dan komunikasi Anda melalui laman ukdpc.net.