Ada beberapa alasan mengapa banyak pengguna mempertimbangkan alternatis sistem operasi selain berbasis Windiws untuk perangkat mereka. Salah satunya adalah keterbatasan spesifikasi perangkat yang terlalu rendah atau mungkin sudah terlalu lama. Meski begitu cara instal Windows 10 yang relatif mudah dan permintaan sistem yang nyatanya tidak terlalu tinggi juga layak menjadi pertimbangan.

Table of Contents

Alasan Mengapa Kamu Perlu Mempertimbangkan Windows 10 di Perangkatmu

pexels.com

Perlu Kamu ketahui bahwa saat ini sudah semakin banyak sistem operasi untuk laptop maupun PC yang bisa menjadi alternatif Windows 10. Misalnya OS android atau ChromeOS yang terdengar sangat menjanjikan untuk perangkat dengan spesifikasi terbatas. Meski begitu, ada pertimbangan lain yang membuat Windows 10 ini tetap menjadi salah satu pilihan terbaik yang Leskompi rekomendasikan.

Nah berikut ini ada daftar alasan mengapa sebaiknya Kamu juga mempertimbangkan Windows 10 sebagai sistem operasi terbaik, misalnya

  • Up-to-date, menjadi alasan utama mengingat Microsoft memberikan update yang terbilang intens bahkan harian berbeda dengan OS lain yang mungkin bisa tahunan atau bahkan tidak up date lagi.
  • Keamanan pun otomatis juga menjadi lebih baik dengan update yang juga intens tersebut
  • Penggunaan yang mudah mengingat Windows menjadi salah satu OS populer yang sudah berumur
  • Dukungan aplikasi Basic Utility lengkap sehingga pengguna tidak perlu berisiko dengan aplikasi pihak ketiga
  • Dukungan Digital Assistance dengan Artificial Intelligence pada Windows 10
  • Memiliki aplikasi browser yang handal yaitu Microsoft Edge
  • Dukungan Continuum untuk menghubungkan dengan Windows Phone
  • Mampu berkontribusi untuk meningkatkan performa gaming
  • Dukungan kemampuan multitasking yang lebih baik
  • Menerapkan sistem penyimpanan yang lebih terorganisir

Berbagai kelebihan di atas tentunya patut untuk Kamu jadikan pertimbangan mengapa sebaiknya menginstal Windows 10 untuk perangkat desktop maupun laptop yang Kamu gunakan sehari-hari. Selain itu, cara instal Windows 10 juga terbilang mudah, meskipun Kamu belum pernah melakukannya.

Cara Instal Windows 10

pexels.com

Jika Kamu sudah memutuskan untuk menggunakan Windowss 10, selanjutnya siapkan media instal baik itu DVD installer Windows 10 ataupun bootable flashdisk Windows 10. Selain itu, atur pula prioritas booting (boot device priority) di BIOS. Pastikan pula laptop yang akan Kamu instal tersebut memiliki daya yang cukup dan tersedia charger untuk berjaga-jaga seandainya waktu yang dibutuhkan terlalu lama bagi ketahanan baterai.

Untuk melakukan instal Windows 10, yang perlu Kamu lakukan antara lain;

Persiapan

Masukkan DVD atau flashdisk berisi installer Windows 10 lalu lakukan Setting BIOS agar booting pertama kali menggunakan DVD atau flashdisk dimana secara default komputer melakukan booting pertama dari Hard Disk. Caranya antara lain;

  1. Restart komputer ke mode BIOS dimana untuk masuk ke mode ini masing-masing perangkat bisa berbeda. Misalnya adalha dengan menekan tombol DEL, F1, F2 atau bahkan kombinasi Fn dan F2 tergantung pada perangkat yang Kamu gunakan. Pada menu BIOS tersebut, pindahlah ke “Boot” gan tombol arrows (arah panah) pada keyboard.
  2. Pada urutan boot, Kamu akan melihat bahwa Hard Drive (HDD) ada di urutan paling atas yang artinya menjadi prioritas utama. Nah untuk memilih DVD atau flashdisk, Kamu bisa merubah pilihan tersebut menggunakan tombol + atau – agar pilihan boot menjadi di atas. Setelah itu simpan perubahan tersebut dengan menekan tombol F10 dan pilih Y atau Yes.

Pilihan Instalasi Windows 10

  1. Restart komputer untuk masuk ke mode inisiasi Windows 10 lalu ikuti instruksi yang muncul pada proses awal instalasi dengan menekan sembarang tombol. Apabila tiba-tiba tampilan komputer hanya blank hitam, tunggu dan jangan sentuh apapun. Kamu juga bisa memilih “Indonesian” di pilihan “Time and currency format”, sementara untuk aturan lain biarkan saja default.
  2. Berikutnya pilih pilihan “Install now” lalu centang “I accept the license terms” yang artinya Kamu sudah memahami lisensi penggunaan. Setelah itu klik “Next” untuk lanjut ke proses instalasi.
  3. Pilihan instalasi yang ada Kamu bisa memilih “Custom: Install Windows only (advanced)”.

Partisi

  1. Partisi artinya Kamu menentukan alokasi HDD yang digunakan untuk Windows. Dengan kata lain, Kamu akan membagi-bagi kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian untuk Windows dan sebagian lagi untuk kebutuhan lain. Proses ini juga menentukan apakah Kamu ingin menghapus keseluruhan isi HDD.
  2. Jika Kamu ingin melakukan install ulang atau sekedar update OS, maka Kamu tidak perlu menghilangkan data yang ada di Drive lain. Misalnya cukup dengan delete Drive 0 Partition 2 (atau C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved untuk membuat kedua partisi ini menjadi berstatus Unallocated Space (belum dipartisi).
  3. Lakukan partisi baru untuk membuat Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instal, pilih “Next” untuk melanjutkan. Kamu juga bisa membuat beberapa partisi sesuai kebutuhan. Pilih “Drive 0 Unallocated Space” lalu “New” dan tentukan berapa besar ukuran partisi dan klik “Apply”.
  4. Untuk menentukan ukuran, contoh pembagian yang bisa Kamu gunakan misalnya untuk kapasitas HDD 320GB atau 500GB, Kamu bisa mengalokasikan 100GB saja system (partisi C:). Setelah itu klik “OK” untuk melanjutkan ke proses membuat “system reserved partition” dengan cara yang hampir sama dengan cara membuat partisi system tadi.
  5. Berikutnya pilihlah “Drive 0 Partition 2” sebagai lokasi instal dan klik “Next” untuk memulai proses instalasi Windows 10 yang umumnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Proses Instal

Setelah proses pembuatan partisi selesai, maka Kamu bisa melanjutkan ke proses instal. Selama proses instalasi, komputer akan melakukan restart otomatis berulang kali, jadi jangan panik terlebih dahulu dan melakukan tindakan-tindakan aneh. Tetap tunggu prosesnya hingga selesai.

Setelah proses instalasi selesai, Kamu akan dihadapkan pada konfigurasi sistem meliputi pengaturan bahasa, layout keyboard, pengaturan akun, nama komputer hingga mengatur password dan privasi.

Bagaimana, sederhana sekali bukan cara instal Windows 10 di atas? Bisa dikatakan yang cukup rumit hanyalah bagian pengaturan partisi saja. Meski begitu, tetap lakukan semua prosedur secara cermat dan sabar agar proses instal berjalan lancar tanpa harus mengulangi dari awal.

Cara Instal Windows 10, Sebagai Pilihan Sistem Operasi Terbaik
Scroll to top