Datangnya sang buah hati di dunia ini pasti merupakan momen yang paling membahagiakan bagi para orang tua. Apalagi bayi yang dilahirkan memiliki kesehatan yang baik dan sempurna secara fisik dan organ dalamnya. Bagi banyak orang tua setelah buah hatinya sudah lahir kedunia, banyak yang harus dipersiapkan, seperti baju bayi, tempat tidur bayi, dan sebagainya.

Yang paling dipikirkan pada saat bayi sudah lahir adalah tentang tempat tidur untuk si kecil. Banyak dari para orang tua agak bingung ketika mereka memilih model dari tempat tidur bayi, itu dikarenakan mereka tidak tahu apa yang harus diperhatikan.

Bagi para orang tua, ketika akan menggunakan tempat tidur bayi, alangkah baiknya haris memperhatikan hal-hal berikut, karena dengan memilih tempat tidur bayi yang aman dan nyaman maka bisa membuat bayi bisa tidur dengan nyenyak.

Saat membeli perhatikan keamanan untuk si kecil

Pixabay.com

Keamanan untuk si bayi kecil memang harus yang diutamakan. Bagi yang ingin mencari sebuah tempat tidur bayi perhatikan logo SNI pada bagian tempat tidur bayi, karena dengan adanya logo SNI maka tempat tidur bayi tersebut sudah memiliki standar keamanan yang terjamin.

Untuk standar ukuran dari tempat tidur bayi yang aman adalah memiliki tinggi tempat tidur 40 cm dari lantai. Memiliki panjang minimal 100 cm dan lebar 65cm. kestabilan tempat tidur juga perlu diperhatikan, sehingga ketika si bayi tidur tempat tidurnya tidak bergoyang-goyang.

Gunakan produk yang sesuai penempatannya

Jika anda akan membeli sebuah tempat tidur bayi, pertimbangkan terlebih dahulu posisi dimana tempat tidur bayi tersebut akan diletakan, dengan begitu maka nantinya tempat tidur bayi tersebut tidak menghalangi jalan atau malah membuat bahaya bagi sang bayi.

Untuk sebuah tempat tidur bayi yang biasa memiliki dimensi dengan panjang 120 cm dengan lebar 70cm. dan perhatikan pula posisi antara tempat tidur bayi dengan tempat tidur orang tua, agar pada saat si bayi ingin minum maka orang tuanya akan secepatnya memberikan ASInya.

Gunakan tempat tidur yang portable

Portable disini maksudnya adalah pilih lah tempat tidur bayi yang bisa dipindah-pindah, dimana anda bisa mempertimbangkan tempat tidur bayi yang sudah ada roda dan remnya, sehingga kita bisa mudah untuk memindahkan tempat tidurnya dari kamar tidur ke ruang keluarga misalnya.

Kemudian portable kedua adalah pilihlah tempat tidur bayi yang menggunakan pagar yang bisa dibuka setiap sisi, dengan pagar yang bisa dibuka setiap sisinya, maka sang ibu akan lebih nyaman ketika datang untuk menjenguk sang bayi.

Pertimbangkan fungsi tambahan

Ketika akan membeli sebuah tempat tidur bayi, yang perlu menjadi pertimbangan adalah adanya fungsi tambahan pada tempat tidur tersebut, misalnya sebuah tempat tidur bayi yang pagarnya bisa dicopot dan dijadikan area bermain si bayi agar tetap aman.

Atau fungsi tambahan dimana adanya tempat penyimpanan barang milik bayi, agar mudah untuk mencari kebutuhan si bayi.

Gunakan produk yang mudah dilipat

Pemilihan sebuah tempat tidur bayi yang mudah dilipat memudahkan kita untuk menyimpan kembali tempat tidur bayi tersebut ketika sudah tidak digunakan lagi, sehingga nantinya ketika akan ada anak yang kedua atau ketiga kita masih bisa menggunakan tempat tidur bayi yang sudah ada.

Gunakan produk berkualitas dan awet

Pixabay.com

Jika kalian ingin mencari tempat tidur bayi dengan kualitas terbaik, awet dan tahan lama kami sarankan kalian membelinya di toko mebel jepara.

Jenis Kasur Untuk Tempat Tidur Bayi

Selain memikirkan beberapa poin mengenai tempat tidur bayi tersebut orang tua juga sebaiknya memperhitungkan mengenai alas atau jenis kasur yang digunakan untuk si bayi agar pada saat tidur terasa nyaman. Berikut ini beberapa jenis kasur yang bisa digunakan di tempat tidur bayi agar bayi lebih nyaman saat tidur.

Jenis kasur springbed

Springbed merupakan jenis kasur yang memiliki struktur terbuat dari sebuah per baja, dimana semakin banyak gulungan yang terdapat di tiap pernya akan membuatnya semakin empuk selain itu kasur jenis ini lebih stabil dan kokoh, namun selain pertimbangan empuk dan kokoh, yang harus diperhatikan adalah berat dari kasur tersebut, karena jika kita menggunakan sprei maka pada saat mengganti sprei akan terasa sangat berat.

Jenis kasur dari busa

Jenis kasur dari busa merupakan jenis kasur yang murah, empuk dan juga ringan. Untuk memilih kasur busa sebaiknya pilih yang kuat. Kuat tidaknya sebuah busa bisa kita lihat ketika kita menekannya dengan telapak tangan kita, dan melihat seberapa lama busa itu kembali seperti semula, semakin cepat kembali seperti semula maka semakin kuat dan nyaman kasur tersebut, namun jika menggunakan kasur busa biasanya yang terjadi adalah rasa panas jika udara yang disekitarnya panas. Ini membuat bayi terasa tidak nyaman tentunya.

Jenis kasur organik

Salah satu jenis kasur yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah jenis kasur yang terbuat dari bahan organik seperti kapas, wol, serat kelapa, atau lateks alami. Memang untuk kasur jenis ini terbilang mahal, namun nyaman dipakai untuk bayi, karena selain empuk kasur ini juga memiliki karakteristik dingin sehingga nyaman untuk bayi.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat tidur bayi yang bisa anda pertimbangkan ketika akan membuat atau membeli sebuah kasur bayi untuk buah hati anda.

Cara Memilih Tempat Tidur Bayi
Scroll to top