Cara Menata Kamar Tidur yang Kecil

Saat ini rumah di kawasan perkotaan cenderung memiliki ukuran yang kecil. Hal tersebut tentu membuat ukuran kamar tidur menjadi kecil. Untuk itu, diperlukan sebuah cara menata kamar tidur yang kecil.

Inilah Cara Mudah Menata Kamar Tidur Kecil

Pixabay.com

Pada dasarnya cara menata kamar tidur yang kecil tergolong mudah. Kamu hanya perlu meletakan barang dengan tepat. Selain itu, kamu juga harus memahami faktor lain yang mempengaruhi pikiran kita agar merasa kamar kecil tetap terasa lega dan nyaman digunakan.

Memilih warna putih

Saat pertama kali melakukan dekorasi kamar, hal yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan warna putih pada seluruh bagian kamar. Warna putih ini bisa kamu terapkan di bagian dinding dan beberapa furnitur.

Warna putih sendiri dipilih karena tergolong netral dan cocok diterapkan pada seluruh tema ruangan. Tentunya warna putih ini bisa dikombinasikan dengan warna lain pada futnitur atau gorden.

Pemilihan warna putih ini selain membuat kamar menjadi terasa luas, juga membuat kamar terasa lebih bersih dan sejuk. Namun, pastikan kamu menjaga kebersihan dan menggunakan cat yang tidak mudah kotor.

Menggunakan furnitur sesuai kebutuhan

Umumnya orang menggunakan kamar tidur hanya untuk beristirahat. Namun, banyak juga orang yang memilih menggunakan kamar tidur untuk tempat kerja. Untuk itu, kamu bisa menambahkan furnitur tersebut jika memang membutuhkannya.

Meski diperbolehkan, sebaiknya kamu lebih selektif lagi dalam memilih furnitur yang tepat. Jangan pernah kamu memasukkan seluruh perabotan di kamar. Hal tersebut akan membuat kamarmu menjadi terasa sempit.

Memanfaatkan area kosong di kamar

Pada dasarnya, kamar tidur merupakan tempat ternyaman untuk beristirahat dan mempersiapkan diri sebelum bepergian. Biasanya orang akan menggunakan alat-alat tambahan untuk mendukung aktivitas bersantainya. Untuk itu, kamu perlu sebuah tempat untuk meletakan alat-alat tersebut.

Alat-alat ini meski berukuran kecil, namun akan terasa mempersempit ruangan jika diletakan sembarangan. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakannya di ruang yang masih kosong di kamar.

Sebagai contoh, kamu bisa meletakan perlengkapan make up di sebuah box. Nantinya, box tersebut bisa kamu letakkan di bagian kolong tempat tidur. Cara ini selain membuat kamar rapi, juga membuat perlatan lebih mudah dicari di kondisi genting.

Menggunakan rak gantung

Untuk mendapatkan tempat penyimpanan yang baik di kamar kecil, sebaiknya gunakan rak gantung. Rak jenis ini bisa diletakan di bagian atas meja kerja atau di atas rak buku. Tujuannya adalah agar kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan ekstra di tempat yang tidak terpakai.

Penggunaan rak gantung ini meski terkesan simpel, namun dapat membuat kamar menjadi lebih rapi. Selain sebagai tempat penyimpanan barang, kamu juga bisa meletakkan koleksi mainan dan pajanganmu di rak gantung ini.

Memilih jenis kasur yang tepat

Pada dasarnya tidak semua orang membutuhkan kasur dengan jenis queen bed. Untuk itu, kamu bisa memilih kasur yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu masih tinggal seorang diri, kamu bisa juga menggunakan kasur lipat saja agar ruangan bisa lebih luas.

Pilihan kasur lain yang bisa digunakan adalah sofa bed. Jenis yang satu ini selain digunakan untuk bersantai membaca buku, juga bisa dibuat sebagai kasur yang nyaman. Tentunya ini bisa menjadi pilihan yang menarik agar kamu bisa mendapatkan ruangan ekstra di kamar tidur.

Penggunaan cermin

Berkaitan dengan psikologis, kamu bisa menggunakan cermin yang lebar untuk membuat kamar menjadi terasa luas. Meski kenyataannya tidak terlalu berpengaruh, namun ini bisa menjadi solusi bijak untuk kamu yang takut dengan ruangan sempit.

Bagi beberapa orang, kamar yang sempit bisa sangat menakutkan. Kamar yang sempit akan membuat beberapa orang merasa cemas dan tidak nyaman saat tidur. Untuk itu, cermin bisa menjadi solusi mudah yang bisa kamu gunakan.

Membuat lantai tambahan di kamar

Saat ini perkembangan desain interior rumah semakin menarik untuk diikuti. Salah satu inovasi yang bisa kamu coba adalah dengan membuat lantai tambahan di bagian atas kamar. Nantinya bagian atas ini bisa menjadi penyimpanan ekstra agar kamar terasa lebih luas.

Sejauh ini, bagian atas kamar ini bisa digunakan sebagai tempat meletakkan kasur. Format seperti ini akan membuat bagian bawah bisa menjadi ruangan kerja yang luas. Cara ini bisa kamu terapkan dengan mudah jika bagian atas kamarmu cukup tinggi.

Penggunaan cahaya yang memadai

Pixabay.com

Percaya atau tidak, cahay yang memadai bisa membuat kamar terasa luas dan nyaman. Selain itu, cahaya juga bisa membuat kamar terasa bersih dan menyenangkan. Untuk itu, pastikan kamar tidurmu mendapatkan cahaya yang memadai.

Untuk pemilihan cahaya di siang hari, kamu bisa menggunakan jendela besar yang dikombinasikan dengan gorden putih transparan. Sementara itu, saat malam hari kamu bisa menggunakan lampu berwarna putih dari LED yang cukup terang saat digunakan.

Demikianlah artikel singkat. Padat, dan jelas mengenai cara menata kamar tidur yang kecil. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menata kamar agar terasa lebih luas dan untuk contoh dan inspirasinya bisa cek di website desain rumah bernama dijabodetabek.id