Cara Mengatasi Keputihan saat Hamil Tua dan Jenisnya

Keputihan bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil muda maupun tua, dengan tujuan untuk mengurangi infeksi vagina dan rahim. Namun, keputihan juga ada yang abnormal dan bisa menimbulkan masalah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri, jamur, gonore, hingga komplikasi kehamilan. Lalu, bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil tua? Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Keputihan saat Hamil

Jika Anda mengalami keputihan saat hamil tua, tidak perlu terlalu panik. Cobalah untuk mengatasinya sendiri dahulu  jika kondisinya tidak berbahaya. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil tua yang bisa Anda lakukan:

  • Hindari penggunaan tampon untuk mencegah bakteri masuk ke vagina.
  • Gunakan panty liner untuk menyerap keputihan yang berlebihan, tetapi jangan terlalu lama.
  • Kenakan pakaian dalam berbahan katun dan halus serta tidak panas di kulit.
  • Jangan lupa keringkan area kewanitaan setelah mandi atau buang air kecil/besar.
  • Konsumsi makanan sehat dan suplemen prebiotik.
  • Hindari konsumsi gula karena dapat memicu pertumbuhan bakteri.

Keputihan itu sendiri ada banyak jenisnya, yaitu bisa berwarna putih/putih gading (leukore), putih serta menggumpal, kuning/hijau, kecokelatan/merah, atau kuning muda.

Beberapa macam keputihan juga disebabkan oleh berbagai macam hal, tetapi secara umum, keputihan memang normal terjadi pada ibu hamil. Jika cara  mengatasi keputihan saat hamil tua sudah Anda coba dan ternyata keputihan tidak kunjung hilang, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.