Cara suntik KB

Apa itu suntik KB? suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang menggunakan hormon buatan yang bernama medroxyprogesterone. hormon ini menyerupai hormon progesteron yang dihasilkan oleh ovarium.

suntik KB ini merupakan metode kontrasepsi yang bisa dibilang sangat efektif karena tingkat kesuksesannya mencapai angka 99 persen bahkan  lebih jika dilakukan dengan benar.suntik KB dapat mencegah kehamilan mencapai 14 minggu. ,jika terlambat berkurang menjadi 94 persen.

kandungan progesteron dalam suntik KB dapat menekan ovulasi sehingga sel telur akan tertahan pada ovarium.hormon progesteron akan mengentalkan lendir di leher rahim sehingga lendir itu akan mencegah sperma mencapai sel telur. dan kehamilan pun dapat dicegah.

Membersihkan bagian yang akan di suntik

sebelum melakukan langkah pertama dokter akan melakukan pemeriksaan dan peninjauan.pasien juga akan memberi tahu tentang obat – obatan yang sedang digunakan baik resep,suplemen,maupun obat herbal.

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah dokter akan membersihkan tempat penyuntikan agar tidak terjadi infeksi.bagian tubuh yang biasa di suntik adalah bokong atau lengan atas.kemudian;

Menentukan waktu yang tepat

waktu penyuntikan yang tepat adalah 5 hari pertama haid dan metode yang digunakan adalah Intramuskular atau tegak lurus kulit dalam periode ini obat kontrasepsi dapat langsung mencegah kehamilan secara efektif tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

bila lebih dari periode itu maka obat KB memerlukan waktu 7 hari sebelum bekerja dan mungkin pasien memerlukan kondom saat melakukan hubungan intim.Setelah penyuntikan pasien harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengatur jadwal penyuntikkan.

Melakukan suntik secara rutin

Selanjutnya biasanya suntik KB dilakukan setiap 3 bulan sekali jika lebih dari 13 minggu pasien baru suntik KB maka perlu dilakukan pemeriksaan kehamilan sebelum melakukan suntik KB.KB merupakan program penting yang banyak manfaat jadi,silahkan berpartisipasi.

Adapun wanita yang tidak dianjurkan untuk suntik KB adalah wanita yang sedang hamil,mempunyai penyakit hati,kanker payudara,pendarahan pada vagina yang tidak diketahui penyebabnya,memiliki gumpalan darah,terkena stroke atau penyakit jantung,dan diabetes.