Harus Tahu! Apa Itu Cloud Hosting dan Kapan Dibutuhkan

Ketika Anda sedang berselancar di suatu website tiba-tiba website tersebut macet dan akhirnya tidak merespon? Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya saja karena jaringan yang tiba-tiba terputus ataupun mendadak sedang mengalami gangguan. Tidak hanya itu, banyaknya pengunjung pada satu website secara bersama-sama juga dapat menyebabkan server menjadi down.

Adanya hal tersebut dapat mengakibatkan suatu situs website mengalami kendala dan macet bahkan dapat menutup sendiri. Untuk menjaga kinerja suatu website agar tetap dapat berjalan secara normal, maka diperlukan suatu teknologi yang dapat menjaga server tetap aman dan handal meskipun traffic sedang tinggi. Disinilah Cloud Hosting dibutuhkan. Nah, apa itu cloud hosting yang sebenarnya? Yuk simak penjelasannya.

Pengertian Apa itu Cloud Hosting

Pixabay.com

Cloud hosting sendiri merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk menjaga kinerja dari sekumpulan server agar tetap berjalan secara stabil. Adanya teknologi ini akan memungkinkan kinerja server dari suatu situs website tetap berjalan dengan menyediakan berbagai informasi yang diminta oleh pengunjung tanpa batas. Hal ini akan menjaga kualitas website dengan trafiic tinggi tetap berjalan normal.

Teknologi ini akan mampu memberikan layanan berupa web hosting yang dapat diterima dari beberapa server yang saling berhubungan satu sama lain. Hubungan inilah yang membuat server tidak mudah rusak meskipun mengalami downtime. Berdasarkan pengertian apa itu cloud hosting pasti Anda akan bertanya-tanya apa saja kelebihan yang akan didapatkan setelah menggunakannya. Berikut penjelasannya:

  1. Kemudahan akses

Penggunaan teknologi cloud hosting akan mempermudah akses data aplikasi ataupun informasi yang sedang dibutuhkan. Adanya jaringan antar server inilah yang mempermudah pengaksesan. Hal ini karena aplikasi dapat diakses dimanapun berada dengan menggunakan komputer tipe apapun melalui server yang telah terhubung tersebut.

Jadi, ketika Anda akan bekerja tidak terpaku pada satu perangkat saja. Hal ini tentu akan mempermudah cara bekerja Anda dan mampu mengefisiensikan waktu yang digunakan.

  1. Mengurangi biaya operasional

Adanya cloud hosting yang membuat setiap server terhubung akan mampu membuat perusahaan menghemat biaya operasional. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak perlu lagi pengadaan perangkat yang banyak ataupun melakukan perawatan terhadap hardware yang banyak. Cara ini akan membuat biaya lebih efisien dan dapat dialihkan untuk pos-pos yang lebih penting.

Selain itu, para personel juga tidak terpaku untuk bekerja pada satu tempat dan terikat oleh waktu kerja. Hal ini karena kebutuhan informasi dapat diakses dimanapun dan kapanpun saat dibutuhkan untuk kepentingan pekerjaan.

  1. Mampu menampung data dalam jumlah yang besar

Keuntungan penggunaan cloud hosting adalah mampu menampung data dalam jumlah yang besar tanpa takut kekurangan kapasitas. Selain itu, pengaturan data juga lebih teratur dan mudah diakses oleh masing-masing server yang telah tergabung. Hal ini tentu akan lebih memudahkan untuk memanajemen data yang ada secara bersama-sama.

  1. Mudah dalam pengaturan server

Server yang terhubung satu sama lain ini akan mudah untuk melakukan pengaturan, meskipun berada di tempat yang saling terpaut jarak yang jauh. Hal ini karena semua pekerjaan akan terkoneksi secara langsung pada suatu situs website. Pengguna juga dapat melihat status global server yang ada. Tentu hal ini akan memudahkan masing-masing pengguna untuk melakukan pengaturan server.

  1. Fleksibel

Keberadaan cloud hosting yang menyatukan beberapa server global akan memudahkan dalam bekerja. Pasalnya pengguna tidak memerlukan pengadaan komputer dan bertemu untuk prosesnya. Aplikasi yang disediakan dapat dibuka pada perangkat apapun yang sesuai dan dimanapun. Selain itu, aksesbilitas yang tidak terikat waktu juga memudahkan untuk melakukan pekerjaan dan monitoring antar server.

Kapan membutuhkan Cloud Hosting?

Pixabay.com

Cloud hosting pada dasarnya dapat Anda butuhkan kapanpun. Namun, umumnya teknologi ini mulai digunakan ketika kinerja server mulai tidak stabil dan sumber daya juga mulai terbatas. Hal ini akan mengakibatkan kinerja website juga mengalami gangguan. Jika keadaan ini terjadi, penyedia layanan situs hosting akan menawarkan solusi untuk beralih ke teknologi VPS.

Sayangnya, untuk mengelola VPS memerlukan seorang ahli untuk dapat menjalankannya secara optimal. Namun, jika Anda masih awam dalam teknologi ini solusinya adalah dengan menggunakan Cloud Hosting yang lebih mudah dilakukan pengelolaan informasi namun kualitas dan sumber dayanya akan tetap terasa seperti menggunakan teknologi VPS.

Untuk itu, penggunaan cluoud hosting begitu penting untuk menjaga kinerja website. Pemanfaat cloud hosting ini dapat Anda konsultasikan dengan Atlanta SEO Company agar mendapatkan penjelasan secara rinci sehingga dapat menjalankannya dengan benar dan tepat.