Ingin Berbagi? Baca Dulu Hadits Sedekah Berikut Ini

Sudahkah Anda mengetahui tentang beberapa hadits sedekah? Sebagai umat muslim, kita semua harus mengamalkan sedekah dan berbagi kepada orang lain, terutama yang lebih membutuhkan. Sedekah bisa dalam bentuk apa pun, baik berjumlah besar maupun kecil, yang penting bermanfaat bagi orang yang menerima.

Gemar bersedekah juga merupakan ciri-ciri dari orang yang beriman, sedangkan mereka yang tidak suka atau enggan bersedekah akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang munafik.

Hal ini dijelaskan pada surah At-Taubah ayat ke-54 yang artinya, “… dan tidak pula menginfakkan harta mereka melainkan dengan rasa enggan karena terpaksa.” dan ayat ke-67 yang artinya, “… dan mereka menggenggamkan tangannya (kikir).”.

Kumpulan Hadits Sedekah untuk Dipelajari

Sebagaimana yang diajarkan Rasulullah, sebagai umat muslim, kita harus berupaya untuk selalu melakukan kebaikan dan memiliki akhlak mulia dalam setiap bidang kehidupan. Dermawan atau gemar bersedekah adalah salah satu perwujudan dari perbuatan atau akhlak mulia. Mengenai hal itu, berikut ini beberapa hadits sedekah yang penting untuk dipelajari.

  1. Orang yang Bersedekah Dicintai Allah

Bersedekah adalah sikap sorang dermawan dan Allah mencintai orang-orang yang gemar bersedekah. Jadi, jika Anda ingin selalu dicintai oleh Allah dan mendapatkan keberkahan dalam hidup, rajinlah bersedekah. Bukankah cinta Allah yang paling kita damba-dambakan sebagai umat muslim? Berikut ini hadits sedekah yang diriwayatkan Al Baihaqi:

Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi. Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia dan Ia membenci akhlak yang buruk”.

  1. Bersedekah Mendatangkan Banyak Pahala

Allah juga menjanjikan pahala yang berlipat kepada mereka yang bersedekah, terutama bersedekah kepada keluarganya. Dalam hal ini, bersedekah artinya menafkahi istri dan anak-anaknya. Rasulullah bersabda:

Ada dinar yang kamu infakkan di jalan Allah, dinar yang kamu infakkan untuk memerdekakan budak, dan dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin. Namun, dinar yang kamu keluarkan untuk keluargamu (anak-istri) lebih besar pahalanya.” (HR. Muslim)

  1. Sedekah Tidak Membuat Anda Miskin

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya “Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Muslim)

Secara kasat mata, memberikan harta kepada orang lain memang akan mengurangi jumlah harta yang Anda miliki saat ini. Namun, konsep sedekah dalam Islam tidak seperti itu.

Seperti dinyatakan Rasulullah dalam hadits sedekah di atas, siapa pun yang berani bersedekah dan ikhlas maka akan mendapatkan berkah dan ganti yang lebih baik. Jadi, bersedekah tidak akan membuat Anda miskin, melainkan akan mendatangkan banyak keberkahan dan menjadi sebab terbukanya pintu rezeki.

  1. Sedekah adalah Bukti Keimanan

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda: “Sedekah adalah burhan (bukti)” (HR. Muslim).

Hadits sedekah yang satu ini menjelaskan bahwa sedekah adalah bukti orang tersebut benar-benar beriman kepada Allah. Seseorang yang beriman dan mengedepankan ketaatan kepada Allah pasti rela memberikan sebagian hartanya kepada orang lain.

Keutamaan Orang yang Bersedekah secara Rahasia

Bersedekah harus dilakukan dengan ikhlas dan niat tulus untuk mendapatkan ridho Allah serta tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Selain itu, bersedekah juga lebih baik dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau rahasia agar tidak menimbulkan sikap sombong dan riya’.

Sedekah yang diiringi dengan sikap sombong tidak akan bernilai pahala dan hanya akan mengurangi harta Anda tanpa mendatangkan keberkahan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa keutamaan orang-orang yang bersedekah.

  • Allah Pasti Membalas Kebaikannya

Dalam surah Al-Baqarah ayat 270 dijelaskan bahwa apa pun yang Anda lakukan, Allah melihat semuanya dan memberikan balasan yang setimpal. Baik berupa infak yang telah Anda sedekahkan atau nazar apa pun yang telah Anda canangkan, semua pasti ada balasannya, termasuk perbuatan yang baik maupun yang buruk.

  • Allah Pasti Mengganti dengan yang Lebih Baik

Telah dijelaskan di atas bahwa bersedekah tidak akan mengurangi harta yang Anda miliki, malah akan diganti dengan yang lebih baik. Hal ini merupakan janji Allah kepada umat-Nya, yaitu bahwa apa pun harta yang disedekahkan maka akan diganti oleh Allah Sang Pemberi Rezeki.

Hal ini dijelaskan pada QS. Saba’ ayat 39 yang artinya:

“… dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

  • Allah Menjanjikan Naungan di Hari Kiamat

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda tentang tujuh golongan orang yang akan mendapatkan naungan dari Allah di hari kiamat, di antaranya adalah orang yang suka bersedekah dan tidak sombong. Berikut ini tujuh orang yang dimaksud:

  1. Pemimpin yang adil
  2. Pemuda yang tumbuh dalam ketaatan
  3. Lelaki yang suka ke masjid
  4. Dua orang lelaki yang saling mencintai karena Allah
  5. Lelaki yang menolak kedudukan dan wanita karena takut kepada Allah
  6. Seorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi
  7. Seorang yang mengingat Allah dalam kesendirian dan menangis

Itulah kumpulan hadits sedekah yang diambil dari al-fikry.com yang perlu Anda ketahui agar bisa dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain yang telah dijelaskan di atas, tentunya masih banyak sekali keutamaan orang-orang yang bersedekah.