Memiliki rumah sendiri tentu menjadi hal yang membahagiakan bagi banyak orang terutama bagi mereka yang telah berkeluarga. Memiliki rumah sendiri akan membuat sebuah keluarga menjadi lebih mandiri karena tidak banyak orang luar yang akan mencampuri urusan keluarga tersebut.

Selain menentukan rumah yang tepat untuk dihuni, maka seseorang juga harus menentukan kapan mereka akan pindah ke rumah baru. Kepindahan dari rumah lama ke rumah baru tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada banyak hal yang harus diurus sehingga kepindahan ke rumah baru dapat dilakukan dengan baik. Salah satunya adalah menentukan hari pindah rumah yang tepat.

Seringkali saat akan melakukan pindah rumah, banyak orang yang menyarankan untuk melakukan perhitungan hari baik. Mereka menyarankan hal tersebut agar rumah yang ditempati terhindar dari mara bahaya yang bisa saja terjadi.

Akan tetapi, seringkali penentuan hari baik tersebut justru tidak sesuai dengan syariat agama Islam bagi Muslim. Seringkali penentuan hari baik tersebut justru bertentangan dan dapat membuat kondisi iman Muslim menjadi turun.

Lantas, bagiamana langkah menentukan hari baik untuk pindah rumah sesuai dengan ajaran Islam? Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menentukan hari baik saat akan melakukan pindah rumah yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Hari Baik Untuk Pindah Rumah yang Sesuai dengan Syariat Agama Islam

Saat akan menentukan hari yang tepat untuk pindah rumah, kamu mungkin akan mengalami kebingungan karena banyaknya saran yang kamu terima. Beberapa saran bisa dipertimbangkan akan tetapi beberapa saran lain menambah tingkat kebingungan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan sholat istikharah. Dalam Islam, bahwa dalam setiap masalah, manusia hendaknya terus berusaha dan berdoa kepada Allah SWT. Salah satunya adalah dengan melaksanakan sholat istikharah. Sholat ini dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT atas kebingungan yang terjadi dalam memutuskan suatu masalah seperti hari kepindahan. Dengan melakukan sholat istikharah maka kamu akan lebih tenang saat akan memutuskan sesuatu termasuk hari yang tepat untuk melakukan pindah rumah.

Langkah lain yang bisa dilakukan agar hari yang telah ditentukan untuk pindah rumah dapat berjalan dengan baik adalah bersyukur lebih banyak. Kehidupan yang dijalani setelah pindah rumah tidak bergantung pada hari yang dipilih. Akan tetapi, hal ini berdasarkan pada hal yang dilakukan saat pindah rumah.

Seringkali, keluarga yang telah pindah rumah menjadi kurang bersyukur. Sehingga, hari-hari yang dilewati di rumah baru menjadi tidak baik. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya manusia lebih banyak bersyukur sehingga tidak mengalami apa yang dimaksud dengan kufur nikmat. Oleh karena itu, acara syukuran dapat dilakukan pada rumah baru. Acara syukuran yang diadakan tidak perlu diadakan secara besar-besaran. Akan tetapi, esensi dari wujud syukur atas karunia adalah hal yang utama.

Menentukan hari yang baik untuk pindah rumah dapat dilakukan dengan cara memperbanyak ibadah. Sebagai seorang Muslim, maka kewajiban sholat lima waktu adalah hal utama. Hal ini dapat diiringi dengan melakukan ibadah sunnah yang lain seperti membaca Al Qur’an atau sholat sunnah. Dalam setiap ibadah yang dilakukan, kamu dapat menyisipkan doa agar diberikan petunjuk untuk memilih hari yang baik bagi kepindahan rumah. Hal ini sesuai dengan ajaran agama Islam yang menyandarkan segala sesuatu hanya kepada Allah SWT.

Hal lain yang harus dilakukan saat menentukan tanggal untuk kepindahan rumah adalah dengan menghindari segala sesuatu yang mengarah pada kesyirikan. Beberapa tata cara yang dilakukan seperti dengan melihat mata angin, menghitung tanggal, dll akan berakibat pada kesyirikan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan tata cara tersebut.

Hal yang Dilakukan Saat dan Sesudah Pindah Rumah

Setelah kamu selesai menentukan hari yang tepat untuk pindah rumah, maka kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang mendukung kepindahanmu. Salah satunya adalah pemindahan barang dari rumahmu yang lama menuju rumah baru.

Pilihlah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan di rumah baru. Sehingga, rumahmu yang baru tidak akan terlalu sesak dengan barang. Akan lebih baik jika kamu melakukan pengemasan barang dan membuat daftar barang mana yang akan dibawa di rumah yang baru.

Memindahkan barang dari rumah lama ke rumah baru tentu membutuhkan energi yang besar. Apalagi, jika barang yang dipindahkan jumlahnya cukup banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan layanan jasa dispatch services. Layanan ini akan membantumu mengurusi barang yang harus dipindahkan seperti mengangkat barang ke mobil pengangkut barang, menyediakan mobil pengangkut barang, dan menata barang yang ada di rumah baru.

Selain barang yang harus dipindahkan, ada beberapa hal lain yang perlu kamu lakukan sesudah pindah rumah. Salah satunya adalah menjaga kebersihan rumah. Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi tentang kebersihan. Islam menyukai Muslim yang bisa menjaga kebersihannya. Oleh karena itu, kamu harus mampu menjaga kebersihan rumah baru yang kamu tempati sesuai dengan ajaran Islam.

Beberapa Langkah Menentukan Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam
Scroll to top