Ikan Yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Aman Menurut Dokter

Ada beberapa jenis ikan yang boleh dimakan penderita asam urat. Namun dilain sisi ada beberapa jenis ikan yang dilarang dimakan penderita asam urat. Nah, agar kadar asam urat Anda tidak semakin meningkat, wajib untuk menghindarinya.

Ikan pada dasarnya merupakan bahan makanan yang mengadung cukup banyak nutrisi. Paling dikenal dengan kadungan lemak omega-3 dan omega-6. Sayangnya ada beberapa jenis ikan yang menjadi pantangan untuk para penderita asam urat. Misalnya saja seperti ikan teri, sarden, dan ikan haring. Alasannya ikan tersebut mengandung purin yang cukup tinggi.

Tingginya kandungan purin pada ikan tersebut berpotensi meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Dan jika dikonsumsi secara berlebihan dampaknya bisa memperburuk penyakit asam urat Anda.

Ikan yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Sangat penting untuk diperhatikan oleh para penderita asam urat. Jangan sampai Anda mengonsumsi jenis ikan yang banyak kandungan purin di dalamnya. Bisa-bisa penyakit asam urat Anda semakin parah dibuatnya.

Nah, untuk langkah amanya, sebaiknya konsumsi beberapa jenis ikan yang boleh dimakan penderita asam urat berikut ini:

  1. Ikan Salmon

Menurut hasil studi yang dipublikasikan oleh jurnal Arthritis & Rheumatology, seorang pasien yang mengonsumsi ikan berlemak seperti ikan salmon dua hari sebelum pemeriksaan memiliki risiko terkena serangan gout lebih rendah 33%. Bahkan dikatakan juga efeknya lebih baik dibanding mengonsumsi suplemen omega 3.

  1. Ikan Nila

Ikan Nila dikenal memiliki kandungan purin yang sangat rendah. Oleh sebab itu ikan nila sangat aman dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Ikan nila juga memberikan manfaat lain untuk tubuh.

Hal ini disebabkan pada ikan nila dikenal mengandung zat selenium yang cukup tinggi. Sebuah zat yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sebuah zat yang mampu membantu mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan hilangnya memori seperti halnya alzeimer. Selain itu juga mampu membantu menjaga kesehatan kelenjar getah bening.

  1. Ikan Lele

Ikan lele juga termasuk ikan yang boleh dimakan penderita asam urat. Pasalnya ikan lele juga dikenal memiliki kandungan purin yang sangat rendah. Apalagi ikan lele dikenal sebagai sumber vitamin D yang sangat baik.

Vitamin D sendiri dikenal berfungsi menjaga kesehatan tulang dengan cara membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Selain itu, vitamin D juga akan memaksimalkan pertumbuhan sel dalam tubuh serta menjaga sistem imunitas sehingga bisa bekerja lebih lancar.

  1. Kakap Merah

Seperti yang diketahui, kekurangan konsumsi vitamin D bisa memicu serangan artritis yang masih ada kaitannya dengan asam urat. Selain itu, kandungan lemak pada kakap merah juga lebih sedikit dibandingkan dengan ikan lainnya.

Obat Alami Penyakit Asam Urat

Pada saat tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak bisa mengeluarkannya, asam urat akan menumpuk di dalam darah yang membuat sendiri terasa sakit. Sementara itu penumpukan asam urat dalam tubuh bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya saja seperti diet, genetika, obesitas, dan stres.

Jika memang seperti itu, maka salah satu cara paling mudah untuk mengobati asam urat adalah dengan memelihara ikan hias. Pasalnya salah satu manfaat memelihara ikan hias secara psikologis adalah bisa mengurangi stres.

Dengan memandang indahnya panorama dalam akuarium buatan Aqua World, bisa membuat seseorang penderita asam urat menjadi tenang dan santai. Sehingga pada akhirnya stres pun akan hilang. Stres sendiri dikenal sebagai salah satu pemicu naiknya asam urat dalam tubuh.

Hubungan antara hipertensi dan asam urat memang masih belum begitu jelas. Tetapi banyak bukti penelitian yang memperlihatkan jika hipertensi ditemukan pada sekitar sepertiga pasien asam urat. Sementara itu, seperempat penderita hipertensi juga memiliki kadar asam urat yang tinggi.

Fakta di atas sekali lagi menjawab jika memelihara ikan hias di akuarium bisa menjadi terapi alami untuk penderita asam urat. Pasalnya bisa dijadikan sebagai alternatif alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Apalagi jika akuariumnya dibuat oleh tangan-tangan trampil seperti Aqua World. Sudah pasti bisa memberikan efek relaksasi untuk menurunkan tekanan darah.

Itulah sedikit ulasan terkait dengan penyakit asam urat. Dari ulasan singkat di atas bisa diambil kesimpulan jika terapi alami untuk para penderita asam urat adalah dengan memelihara ikan hias pada akuarium. Kemudian jenis ikan yang boleh dimakan penderita asam urat adalah yang memiliki kandungan kadar purinrendah.

Scroll to top