Berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, jalur pendakian Gunung Andong adalah salah satu spot primadona bagi para pendaki pemula. Mempunyai jalur pendakian yang tergolong landai, kegiatan mendaki gunung ini memang tidak terlalu menguras waktu dan tenaga. Apalagi jalur pendakian juga sudah dibangun lebih baik sehingga pendaki tidak perlu bersusah payah mencapai puncak gunung setinggi 1.726 mdpl ini.

Untuk mendaki gunung yang berada di Kecamatan Ngablak, Magelang ini ada dua jalur pendakian yang bisa dilewati, yaitu via Dusun Sawit dan Dusun Pendem. Di mana jalur via sawit merupakan yang paling populer di kalangan pendaki dengan fasilitasnya yang terbilang cukup lengkap dan jalurnya yang nyaman.

Saat mendaki via Sawit, dari gerbang pintu pendakian terdapat jalur berupa makadam yang ditata rapi menuju jalur tangga. Begitu masuk ke kawasan hutan pinus, jalur akan berganti dengan jalan setapak dan medan mulai menanjak. Namun tidak perlu khawatir, sebab sudah disediakan pegangan berupa tali dari pos 2 Dewandaru menuju pos 3 Watu Wayang yang akan memudahkan para pendaki.

Setelah menaklukkan trek menanjak dan panjang dari pos 2 menuju pos 3, pendaki akan disuguhi tangga bebatuan gunung Andong yang khas. Di sepanjang jalur pendakian ini, pemandangannya masih asri sehingga pasti membuat nyaman para pendaki.

Jalur Pendakian Menuju Puncak Gunung Andong Via Dusun Sawit
Scroll to top