Beberapa Program Studi atau Jurusan Kuliah IPA Yang Jarang Diminati

 Bagi para siswa SMA yang baru saja menyelesaikan studinya, memilih perguruan tinggi menjadi salah satu yang utama. Tentu saja, kebanyakan orang akan langsung melirik dan fokus untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri, walau ada juga sebagian yang sudah sejak awal menaruh minat pada suatu perguruan tinggi swasta tertentu. Namun, selain memikirkan universitas atau perguruan tinggi yang akan dimasuki, sudah pasti jurusan juga menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Pada akhirnya, program studi yang dipilih tersebut yang akan menentukan karir.

Bila anda juga baru saja lulus dari SMA, ingin daftar kuliah Online, dan saat ini sedang mencari opsi jurusan atau program studi yang diambil, tentu adanya banyak pilihan menjadi sesuatu yang cukup membingungkan. Walau demikian, ketika anda memang berasal dari kelas IPA di SMA, ada cukup banyak program studi populer untuk dipilih. Selain itu, ada juga jurusan kuliah ipa yang jarang diminati. Walau jarang diminati, bukan berarti peluang karier yang dimiliki akan kecil. Kadang, justru yang kurang diminati ini memberikan suatu peluang yang sangat menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah IPA yang memang kurang peminatnya.

Program Studi Jurusan IPA yang Kurang Populer

Yang pertama adalah teknik nuklir. Dari namanya saja, orang mungkin akan menjadi kurang tertarik. Selain pembahasan tentang nuklir relatif minim materi SMA, banyak juga yang beranggapan bahwa peluang kerja di masa depan akan memiliki risiko yang cukup besar. Padahal, dari segi prospeknya, lulusan teknik nuklir sangat banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan dan industri. Tidak hanya di dunia militer saja, tapi teknik nuklir ini akan banyak dibutuhkan di sektor medis, pertanian, serta pilihan lainnya. Risiko yang ditakutkan pun tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena sudah ada prosedur yang ditetapkan dengan standard keamanan yang memadai di dunia industri.

Ketika berbicara tentang jurusan IPA, tentu kedokteran dan farmasi menjadi salah satu yang dianggap paling menjanjikan. Namun, ternyata bukan hanya dua jurusan itu saja yang sejalan dengan program studi IPA. Ada juga jurusan biomedis. Jurusan ini terbilang tidak populer, dan bahkan anak lulusan IPA pun belum tentu pernah mendengar adanya jurusan ini banyak dibicarakan. Dari segi universitas yang membuka program studi ini pun tidak terlalu banyak. Walau demikian, ini bukan berarti bahwa jurusan ini tidak diperlukan. Bahkan, ini sangat diperlukan dalam proses analisis, diagnosis khusus yang belum tentu bisa dilakukan semua dokter, serta membuat penemuan dan rekayasa medis. Hal seperti ini tidak menjadi pembahasan utama dalam jurusan kedokteran, tapi menjadi sesuatu yang ditekankan di biomedis.

Bila anda seorang yang senang dan mencintai laut, rasanya oseanografi patut dijadikan pertimbangan. Jurusan ini juga menjadi salah satu yang kurang diminati di perguruan tinggi. Padahal, program studi sebenarnya sangat menarik karena mempelajari tentang laut. Karena Indonesia juga merupakan salah satu negara kepulauan dengan area perairan yang luas, tentu lulusan dari program studi ini akan sangat banyak dibutuhkan. Materi yang dipelajari pun sangat beragam, mulai dari arus laut hingga organisme dan ekosistem bawah laut.

Yang juga berhubungan dengan laut adalah jurusan perkapalan. Jurusan ini tidak terlalu populer karena tidak terlalu banyak kampus atau universitas yang membuka program studi ini. Padahal, sebagai suatu negara kepulauan dengan area perairan yang luas, kapal menjadi salah satu sarana transportasi yang sangat dibutuhkan selain pesawat. Sesuai namanya, di jurusan ini nantinya anda akan bisa belajar tentang kapal, mulai dari bagian dari kapal, mekanisme kerja yang ada di dalam kapal, hingga proses produksinya. Bahkan, hukum laut dan perancangan kapal juga menjadi salah satu bahan yang akan anda pelajari selama proses perkuliahan.

Program Studi IPA yang Tidak Terlalu Dikenal

Selain laut, Indonesia menjadi salah satu negara dengan area hutan yang luas. Ada berbagai keaneragaman hayati yang ada di dalamnya, dan selama ini pengelolaan hutan di Indonesia masih belum bisa dibilang memuaskan. Bila anda memiliki perhatian terhadap hal ini dan juga memiliki minat dengan perawatan dan konservasi hutan, rasanya jurusan ilmu kehutanan akan sangat tepat dijadikan pilihan. Jurusan ini nantinya akan membuat anda bisa menghabiskan banyak waktu di hutan untuk melakukan berbagai penelitian dan pengawasan, dan ini tentu sangat menarik.

Selain jurusan tersebut di atas, ada juga jurusan atau program studi planologi. Jurusan ini bahkan bisa dibilang lebih tidak populer dari biomedis. Padahal, jurusan ini sangatlah penting bagi Indonesia yang memiliki laju pertumbuhan penduduk yang cepat serta area wilayah yang luas. Jurusan ini bisa dibilang merupakan perpaduan antara biologi, geografi, ekonomi, dan bahkan politik. Jurusan ini hampir menyerupai teknik sipil yang sering kali mengelola tata kota. Lebih tepatnya, ini merupakan jurusan yang nantinya akan membuat anda menjadi seorang yang merencanakan suatu ekosistem yang aman dan nyaman bagi manusia, tumbuhan, dan hingga binatang karena nantinya seorang lulusan dari jurusan ini bisa menjadi konsultan dalam properti dan bidang lainnya.

Itulah beberapa jurusan yang kurang populer di bidang IPA. Jurusan ini kurang populer karena seringkali tidak banyak universitas yang membuka program studi tersebut. Padahal, ketidakpopuleran ini bukan berarti minimnya peluang kerja di masa depan. Justru, persaingan akan menjadi semakin sedikit, dan lulusan dari program studi tersebut pun bisa mendapatkan peluang kerja yang cukup banyak. Berbagai sektor bisnis dan industri pun juga sangat membutuhkan lulusan dari jurusan yang kurang banyak dilirik ini.

Scroll to top