Saat ini perkembangan dunia fotografi telah menjamur di semua kalangan masyarakat. Hal tersebut dapat terjadi karena peralatan fotografi semakin murah dan mudah untuk didapatkan. Salah satu alat yang perlu kamu miliki adalah VSCO. Namun, sebelum menggunakannya, kamu harus memahami terlebih dahulu tutorial penggunaan kamera VSCO yang baik dan benar.

VSCO sendiri merupakan sebuah perangkat lunak pengolah gambar yang cukup banyak digunakan. VSCO sendiri digunakan menggunakan perangkat seluler maupun desktop. Dengan menggunakan VSCO, kamu bisa menerapkan filter yang menarik sesuai dengan fotomu. Baik pemula maupun profesional bisa menggunakan VSCO dengan mudah. Bahkan kamu bisa menggunakan VSCO di perangkat seluler maupun desktop.

Jika kamu belum memiliki Aplikasi Kamera VSCO bisa download Mod APKnya di www.technicaltalk.net.

Sekilas Penggunaan Kamera VSCO yang Baik dan Benar

Untuk menggunakan VSCO tentu kamu harus memahami terlebih dahulu tutorial menggunakan kamera VSCO. Cara penggunaan nya cukup mudah dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun. Meskipun begitu, sebaiknya kamu banyak berlatih agar semakin leluasa dalam menggunakan tools yang ada di VSCO ini. Lihat juga referensi dari forum VSCO agar semakin meningkatkan kemahiranmu.

Mengambil Gambar Menggunakan VSCO

Untuk perangkat seluler, kamu bisa secara langsung mengambil gambar menggunakan aplikasi VSCO. Secara tampilan memang terlihat seperti menggunakan aplikasi kamera pada umumnya. Keunggulan dari penggunaan aplikasi ini adalah bisa mengambil gambar dengan format RAW. Selain itu, kamu juga bisa lebih cepat dalam melakukan pengeditan gambar. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:

  • Pada tampilan awal, tekan tombol studio.
  • Setelah masuk ke menu studio, geser ke arah bawah untuk masuk ke menu kamera.
  • Jika sudah masuk ke menu kamera, kamu bisa mengambil gambar dengan menekan tombol shutter yang berbentuk lingkaran pada bagian tengah bawah.
  • Untuk masuk ke menu RAW, kamu bisa menekan tombol dengan tulisan RAW pada bagian bawah.

Memilih Gambar Dari Penyimpanan Perangkat

Jika tips sebelumnya telah dijelaskan mengenai cara mengambil gambar untuk diedit, tentu kamu akan bertanya-tanya bisakah mengambil gambar yang sudah disimpan di penyimpanan perangkat? Jawabannya adalah bisa. Untuk cara memilih gambar dari penyimpanan perangkat, kamu harus masuk ke menu studio terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuklah terlebih dahulu ke menu studio. Caranya sama seperti pada tutorial VSCO sebelumnya.
  • Pada tahap ini, kamu harus masuk ke menu import dengan cara menekan tombol “+” pada bagian kanan atas.
  • Jika sudah masuk ke menu import, nantinya kamu akan mendapatkan banyak list foto yang sudah tersimpan di penyimpanan perangkat.
  • Pilihlah foto mana yang ingin kamu edit.
  • Setelah selesai memilih foto, langkah selanjutnya adalah menekan tombol centang yang ada pada bagian atas.

Perlu diketahui juga bahwa file gambar yang sudah dipilih tidak akan hilang atau berubah. Nantinya, VSCO akan membuat sebuah salinan khusus yang sudah selesai proses edit. Untuk itu, file original tidak akan rusak dan bisa kamu simpan.

Mengatur Preset Gambar

Salah satu keunggulan dari penggunaan VSCO adalah kemudahan dalam mengatur preset gambar. Hasil dari penggunaan preset adalah tampilan baru yang lebih menawan ketika dilihat. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pilih gambar yang ingin kamu edit. Gambar ini bisa berupa hasil jepretan foto dari VSCO maupun file yang tadi kamu import.
  • Untuk melihat terlebih dahulu, sentuh saja salah satu foto.
  • Untuk foto yang ingin kamu edit, tekan dua kali pada foto tersebut.
  • Untuk mencoba preset, kamu bisa memilih dari pilihan yang ada pada bagian bawah gambar.
  • Setelah menemukan foto yang diinginkan, tekan tanpa panah pada bagian bawah layar.
  • Jika kamu sudah yakin dengan preset tersebut, tekan tanda centang. Nantinya foto yang sudah selesai tahap editing akan masuk ke penyimpanan perangkat.

Koreksi Gambar

Kadang kala kamu tentu pernah menemukan ada satu foto kenangan yang tidak memiliki komposisi warna sempurna. Hal tersebut bisa diatasi dengan mudah dengan fitur koreksi pada gambar. Untuk cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Masuklah terlebih dahulu ke menu studio.
  • Setelah masuk ke menu studio, pilihlah tombol slider yang ada pada bagian bawah.
  • Langkah selanjutnya, tekan pada tombol anak panah yang ada pada bagian bawah layar.
  • Masuk ke menu koreksi gambar dengan menekan tombol slider sekali lagi.
  • Setelah semua itu kamu lakukan, nantinya akan muncul sejumlah tools yang bisa membantu kamu dalam koreksi gambar.

Kesimpulan

Dari sekian pilihan menu yang ada pada tutorial VSCO ini, kamu bisa terapkan untuk mendapatkan hasil foto yang jauh lebih memuaskan. Kepuasan tersebut didapatkan mulai dari saat pengambilan gambar, pemilihan preset yang sesuai, dan juga penggunaan fitur koreksi gambar yang mumpuni. Bahkan, VSCO sendiri bisa kamu gunakan di banyak perangkat seluler dan juga desktop.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai tutorial singkat dari kamera VSCO. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami cara dasar penggunaan VSCO. Tentunya tidak semua cara penggunaan VSCO bisa kamu temukan dalam artikel singkat ini. Meskipun begitu, kamu bisa mulai menggunakan VSCO dan menambah wawasan lebih jauh pada saat menggunakannya.

 

Cara Menggunakan Kamera VSCO Di HP Dengan Hasil Terbaik
Scroll to top