Ketahui! Ini 5 Terapi Untuk Penanganan Anak Gangguan Autis

Bukan hal mudah untuk menangani anak dengan gangguan autis. Anak autis tidak bisa ditangani dengan obat. Tapi demikian, berbagai terapi untuk anak autis bisa dilakukan. Tujuannya untuk mengurangi gejala dari kondisinya tersebut.

Terapi autis sebenarnya merupakan perawatan standar untuk kondisi autis. Dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan dalam diri anak. Karena bagaimana pun anak autis memiliki potensi yang harus dioptimalkan.

Terapi autis ada banyak jenisnya. Di mana jenis terapi akan dilakukan sesuai kebutuhan anak. Nah, berikut adalah jenis-jenis terapi yang bisa dilakukan pada anak autis:

  1. Terapi okupasi. Bertujuan mengatur koordinasi motorik halus dan motorik kasar agar selaras.
  2. Terapi bicara. Membantu mengasah anak semakin lancar berbicara. Juga mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
  3. Keterampilan sosial. Bertujuan meningkatkan kemampuan interaksi anak dalam bersosialisasi dengan orang lain.
  4. Terapi menunggang kuda (hippotheraphy). Yaitu terapi yang dilakukan dengan anak menunggangi kuda didampingi terapis.
  5. Applied Behaviour analysis (ABA). Yaitu terapi terstruktur dengan mengajarkan anak berbagai keterampilan khusus dan berperilaku positif.

Terapi untuk anak autis memang tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan gangguan autis. Tapi setidaknya, terapi dapat membantu anak hidup lebih baik.