Mengenal Makna Tulisan Arab Bismillah

Sebagai seorang muslim, tentu ucapan basmalah atau bismillah sering diucapkan dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Hal ini sesuai dengan apa yang tertulis dalam Al Qur’an juga Al Hadits. Bahwa setiap aktivitas baik yang dilakukan oleh seorang muslim harus dimulai dengan membaca bismillah.

Ucapan bismillah mempunyai arti yaitu dengan menyebut nama Allah. Sehingga, setiap aktivitas baik yang dilakukan dengan mengucapkan kata bismillah diharapkan dapat membawa berkah dan rahmat dari Allah.

Beberapa aktivitas yang dianjurkan untuk membaca bismillah adalah ketika masuk dan keluar rumah, masuk dan keluar dari Masjid, saat akan tidur, naik kendaraan, naik perahu, mulai makan, mulai menulis, akan mengerjakan sholat Sunnah, mulai membaca Al Qur’an, mulai dzikir, dll. Semua pekerjaan yang baik harus dimulai dengan bismillah sehingga apa yang akan dilakukan dapat membawa kebaikan.

Ada beberapa bentuk ucapan basmalah yang sering diucapkan dan dituliskan. Bentuk lengkap dari tulisan basmalah adalah bismillahirrahmanir rahiim. Sedangkan, bentuk pendeknya adalah bismillah. Biasanya, bentuk pendek lebih sering digunakan terutama dalam mengirimkan pesan singkat atau dalam keadaan sehari – hari.

Untuk menuliskan ucapan basmalah, kamu bisa menggunakan tulisan bahasa Arab yang sudah ada. Kamu juga bisa menuliskannya melalui keyboard yang telah dilengkapi dengan fitur huruf Arab. Selain itu, jika tidak bisa menuliskan tulisan Arab dari kata bismillah, kamu bisa menuliskannya dengan menggunakan huruf latin yang dieja sesuai dengan ucapan bismillah.

Mari Belajar Bahasa Arab

Pixabay.com

Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya jika mampu menuliskan beberapa ucapan dalam bahasa Arab secara benar. Salah satunya adalah tulisan Arab dari kata bismillah. Akan tetapi, seringkali karena keterbahasan kemampuan dalam bahasa Arab, banyak orang yang tidak bisa menuliskan doa, dzikir, lafadz Al Qur’an dan Al Hadits dengan benar. Oleh karena itu, mempelajari bahasa Arab menjadi sangat penting terutama bagi seorang muslim.

Bahasa Arab digunakan di dalam Al Qur’an, Al Hadits, bacaan sholat, dzikir, dll. Sehingga, penggunaan bahasa Arab sangatlah penting bagi setiap muslim. Banyak muslim yang bisa membaca tulisan Arab. Akan tetapi, tidak banyak muslim yang mengerti setiap arti dan makna dari tulisan bahasa Arab. Hal inilah yang menjadi alasan penting untuk mempelajari bahasa Arab.

Dengan mempelajari bahasa Arab, seorang muslim mampu mengerti dan memahami bagaimana intisari Islam. Selain itu, dalam praktek peribadatan dan juga hubungan antara sesama manusia yang telah diatur sedemikian rupa oleh Islam dapat dipahami dengan menggunakan bahasa Arab.

Selain itu, bahasa Arab juga digunakan di banyak negara terutama di negara – negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Bagi orang yang ingin belajar dan melanjutkan studi di negara tersebut, harus mampu menguasai bahasa Arab dengan baik. Selain itu, banyaknya orang yang bekerja di Timur Tengah juga dituntut untuk menguasai bahasa Arab dengan baik.

Lembaga Kursus Bahasa Arab

Pixabay.com

Untuk belajar bahasa Arab dengan baik, sebaiknya kamu harus belajar secara khusus pada lembaga kursus bahasa Arab. Mengapa? Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang mempunyai banyak kosakata yang mirip namun berbeda arti. Selain itu, kompleksitas dari bahasa Arab sangatlah rumit. Sehingga, jika tidak dipelajar secara mendalam, seseorang tidak akan bisa mendapatkan makna yang tepat dari tulisan bahasa Arab tersebut.

Selain itu, bahasa Arab juga terbagi menjadi dua jenis yaitu bahasa Arab informal atau dialek dan bahasa Arab formal. Bahasa Arab informal atau dialek sering digunakan dalam kegiatan sehari – hari seperti berdagang, percapakan antar teman, dll. Sedangkan bahasa Arab formal tertulis dalam buku – buku dan digunakan dalam acara resmi juga sekolah dan universitas. Oleh karena itu, seorang muslim harus belajar bahasa Arab dari sumber ilmu yang tepat.

Salah satu lembaga kursus bahasa Arab yang menyediakan pelayanan terbaik dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar. Lembaga ini juga dikenal sebagai Kampung Arab Al Azhar. Letak dari lembaga kursus bahasa Arab ini adalah di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Ada banyak program yang disediakan oleh Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kondisi dan tujuan yang ingin dicapai. Untuk orang yang ingin belajar bahasa Arab secara penuh mulai dari dasar bahasa Arab hingga tingkat akhir, mereka bisa memilih program Full Time. Durasi program ini cukup lama mengingat banyaknya dasar yang harus dikuasai oleh para siswa.

Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar juga menyediakan program cara membaca dan memahami kitab kuning dengan berbagai metode yang menyenangkan. Program ini biasanya ditempuh bagi para siswa yang sudah memiliki dasar berbahasa Arab.

Selain itu, ada juga program yang diperuntukkan bagi para siswa yang ingin belajar menghafal Al Qur’an dan juga belajar bahasa Arab serta Inggris. Program ini disebut dengan Tahfidz + Bahasa. Jika ingin mengikuti salah satu program tersebut, kamu bisa mendaftar berdasarkan alur pendaftaran yang tertera pada website alazharpare. Website tersebut menyediakan berbagai macam informasi seperti program dan juga tenaga kependidikan.