Air tajin adalah air yang terdapat dalam rebusan beras, air tajin diambil sesaatn sebelum nasi masak. Air tajin mengandung pati yang terbentuk sebelum nasi masak dan sangat bermanfaat untuk bayi.

Air tajin yang bagus adalah yang berasal dari beras yang masih ada kulit arinya. Air tajin tersebut mengandung enzim, mineral, antioksidan, vitamin B, dan vitamin E.

Manfaat air tajin untuk bayi

Ada banyak sekali manfaat air tajin bagi bayi. Orang orang jaman dahulu menggunakan air tajin sebagai pengganti susu formula yang lebih murah dan mudah didapatkan, sehingga tradisi minum air tajin sudah ada sejak jaman dahulu.

Namun, ada kesalahan juga bagi orang orang jaman dahulu, mereka mungkin memberikan air tajin kepada bayi tidak sesuai umurnya. Mereka hanya memiripkan air tajin dengan susu.

Air tajin bagus diberikan kepada bayi yang telah memasuki usia 6 bulan, dan air tajin menjadi tambahan asupan bukan sebagai pengganti ASI. Pastikan bahwa bayi tidak memiliki alergi terhadap air tajin.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat air tajin untuk bayi:

Memiliki banyak nutrisi

Seperti yang disebutkan sebelumnya air tajin memiliki banyak komponen kebaikan yang berguna untuk perkembangan bayi. Air tajin juga mengandung protein yang bagus untuk menguatkan tulang bayi.

Ingat ya ayah ibu, banyaknya nutrisi tidak berarti menghilangkan peran ASI dalam pertumbuhan bayi. Air tajin hanyalah sebagai tambahan nutrisi bukan pengganti.

Sebagai sumber energy

Air tajin juga sama dengannasi yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat memberikan energy kepada bayi sehingga dia tidak mudah letih, lelah, dan lesu.

Air tajin juga lebih mudah diserap tubuh karena teksturnya yang cair. Dan air tajin juga dapat dicampurkan ke dalam susu formula atau diminum langsung.

Menurunkan demam

Jika bayi ayah ibu sakit demam maka dapat dicoba menyembuhkannya dengan menggunakan air tajin, yaitu dengan merebus beras dua sampai tiga cangkir dan mengambil sedikit air tajin dan menyaringnya untuk diberikan kepada bayi yang demam.

Meredakan diare

Menurut suatu penelitian, air tajin dapat mengurangi intesitas buang air besar pada bayi. Sehingga bayi yang menderita diare dapat diberikan air tajin.

Caranya adalah dengan merebus beras sekitar 3 cangkir selama 15 menit, kemudian diminumkan sedikit sedikit kepada bayi selama 4 jam sekali sampai diare bayi mereda.

Mengatasi eksim

Air tajin yang digunakan untuk mengatasi eksim tidak untuk diminumkan kepada bayi akan tetapi dimasukkan ke dalam air mandinya. Fungsinya untuk melembabkan dan menyejukkan kulit bayi yang terkena eksim.

Demikianlah manfaat dari air tajin untuk bayi, meskipun murah dan mudah didapatkan bukan berarti air tajin tidak bermanfaat ya ayah ibu.

Manfaat Air tajin untuk bayi
Scroll to top