Kaya Antioksidan, Berikut Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

Bidara merupakan salah satu tanaman yang sering tumbuh di daerah kering. Tanaman ini memiliki karakteristik dimana terdapat banyak cabang serta kayunya yang berduri.

Daun dari tanaman ini berbentuk elips berwarna hijau tua hingga hijau muda. Banyak yang menyebutkan jika daun ini dapat digunakan untuk mengatasi sihir.

Tanaman ini mengandung beberapa senyawa penting diantaranya flavonoid, saponin, glikosida hingga minyak atsiri. Oleh karena itu a manfaat daun bidara, berikut ulasannya.

Khasiat Daun Bidara untuk  Kesehatan Tubuh

Daun ini memiliki manfaat yang penting bagi wanita yang sedang haid. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menyeimbangkan hormon yang dapat mengontrol siklus haid.

Cara mengolah daun ini untuk mendapatkan manfaat tersebut diantaranya dengan memotong daun bidara kemudian mencucinya dengan bersih. Selanjutnya rebus hingga matang dan saring air rebusan sebelum diminum.

Bagi anda yang menginginkan kulit yang sehat dan cantik, daun tanaman bidara sangat direkomendasikan untuk anda. Menggunakan masker dari daun ini secara rutin bisa melindungi kulit dari sinar UV.

Tanaman bidara juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka baik karena lecet maupun karena terjatuh. Tentunya khasiat tersebut tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya.

Untuk mendapatkan khasiat satu ini anda bisa menumbuk daun yang kering hingga menjadi bubuk. Selanjutnya tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta sebelum diaplikasikan pada bagian yang luka.

Manfaat daun bidara juga bisa mengatasi gangguan tidur. Sebagaimana yang telah diketahui jika masalah tidur bisa berdampak pada kesehatan dan kinerja anda di hari esok.

Bidara bisa digunakan untuk mengatasi insomnia serta meningkatkan kualitas tidur. Untuk mendapatkan khasiat ini maka anda perlu mengonsumsi teh dari daun ini secara rutin.

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar gula yang cukup tinggi di dalam darah. Membiarkan penyakit ini tanpa adanya pengobatan tentu akan memberikan efek yang buruk bagi tubuh.

Sebenarnya penyakit ini bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan alami seperti teh dari tanaman bidara. Teh dari daun ini dapat mengatur perlindungan pada produksi insulin dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Adapun manfaat daun bidara yang cukup penting yaitu bisa mencegah kanker dan tumor. Kandungan yang ada di dalam daun ini bisa membunuh sel sel abnormal yang dianggap sebagai kanker.

Mengintip Khasiat Daun Bidara untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanaman ini juga memiliki khasiat untuk mempercantik kulit. Bubuk dari daun ini dapat mengatasi iritasi dan peradangan kulit seperti eksim, psoriasis hingga jerawat.

Seperti yang telah diketahui jika kulit yang mudah terpapar oleh polusi dan bahan kimia membutuhkan perawatan yang tepat serta nutrisi yang lengkap. Kebutuhan nutrisi kulit bisa diperoleh dari manfaat daun bidara.

Bidara bersifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan infeksi kulit sehingga kulit tampak lebih bersih. Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai hal yang berbahaya seperti polusi dan radiasi UV. Tak hanya itu, antioksidan juga bisa membantu mengurang tanda tanda penuaan seperti noda dan keriput.

Ekstrak bidara juga bisa melembabkan kulit dan mengembalikan kulit sehingga tampak lebih kenyal dan alami. Kandungan ini akan membuat kulit tampak halus dan bercahaya.

Bagi anda yang sering mengalami masalah kulit seperti bisul, ruam dan kulit terbakar, ekstrak daun bidara menjadi pilihan yang paling tepat. Efek dari tanaman ini yaitu menyejukkan kulit dan mengobati bisul.

Bintik bintik hitam seperti bekas jerawat dan sel sel kulit mati akan membuat kulit tampak lebih tua. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya sehingga manfaat daun bidara dapat menjadikan kulit cerah.

Untuk mendapatkan khasiat daun ini secara utuh, ada banyak cara untuk mengaplikasikannya. Cara yang pertama dengan merebus daun dengan menambahkan air satu gelas untuk dikonsumsi.

Selain itu, anda juga bisa menumbuk daun ini hingga halus kemudian tambahkan air hingga menjadi pasta. Obat oles ini biasanya digunakan untuk mengobati luka dan jerawat.

Agar bisa disimpan dalam waktu yang lama, maka anda bisa menjadikannya ekstrak minyak. Untuk mendapatkan informasi seputar manfaat bahan alami lainnya, anda bisa mengunjungi https://tabbayun.com/.