Bagi umat muslim keberadaan Kurma tentu bukanlah buah yang asing. Terutama ketika bulan Ramadhan, buah ini tidak pernah absen. Tidak hanya karena sunahnya, ternyata juga banyak keistimewaan yang tersimpan di buah dengan rasa manis ini. Berikut beberapa fakta dan manfaat kurma untuk kesehatan yang wajib untuk diketahui.

Fakta Menarik Tentang Kurma

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan
Manfaat Kurma Untuk Kesehatan
  1. Sudah Ada Sejak Lama

Buah satu ini konon katanya sudah ada dari ribuan tahun lalu. Konon katanya buah dengan warna kecoklatan ini juga menjadi panganan tradisional khas Timur Tengah juga Afrika Utara. Kehadirannya diperkirakan sudah ada sejak tujuh ribu tahun lalunya. Selama kurang lebih 5000 tahun menjadi hasil tanaman unggulan bagi masyarakat Timur tengah.

Kurma sendiri berasal dari pohon kurma atau Phoenix Dactylifera yang banyak ditemukan di kawasan Timur Tengah. Di bagian lain seperti Afrika Tengah, Afrika Utara juga Asia Tenggara bisa ditemukan buah ini. Dan di Arab sendiri ada setidaknya 40 varietas kurma. Tak heran jika Arab Saudi menjadikan buah kurma sebagai simbol negaranya.

  1. Awet dan Tahan Lama

Masa kadaluarsa dari kurma juga sangat panjang dan lama. Kurma yang telah dikeringkan bahkan bisa bertahan sampai hitungan tahun. Inilah juga yang menjadi alasan mengapa kurma sering dijadikan bekal untuk perjalanan jauh. Di era modern seperti saat ini, kurma akan semakin tahan lama jika dimasukkan ke dalam lemari es.

Bahkan ternyata kurma menjadi makanan yang dikonsumsi oleh para astronot di luar angkasa. Karena kandungan dari kurma bisa menjaga agar para astronot tetap sehat. Walaupun termasuk buah yang manis, ternyata buah kurma juga jarang dimakan semut. Dan ternyata langkah ini ampuh untuk membedakan kurma yang asli dengann yang palsu.

  1. Membutuhkan Masa Panen yang Panjang

Bukan hanya tahan lama, ternyata panen kurma juga tidaklah sebentar. Menanam tanaman ini juga tidaklah mudah, tanah yang digunakan sebagai bertanamnya haruslah cocok. Nantinya akan berbuah setelah ditanam dalam jangka waktu 4 hingga 5 tahun. Kemudian bisa dipanen setelah usianya memasuki 7 sampai dengan 10 tahun.

Walaupun demikian, kurma termasuk buah yang berbuah sepanjang tahun. Akan dipanen ketika musim dingin ataupun musim gugur. Tetapi musim dingin kondisi buah kurma yang paling segar. dimana kurma yang berbuah segar kandungan gula dan kalorinya lebih sedikit. Sementara kurma yang sudah dikeringkan akan lebih banyak kalori juga gulanya.

  1. Memiliki Banyak Jenis

Fakta yang menarik berikutnya adalah memiliki banyak jenis kurma. Setidaknya ada sekitar 200 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Namun tentu saja ada beberapa jenis yang populer, terutama di Indonesia. dan tidak semua orang mengetahui dan bisa membedakan masing masing jenisnya. Di Arab sendiri saja varietasnya bisa ditemukan sekitar 40 varietas.

  1. Menjadi Simbol Kemakmuran

Di Arab Saudi, kurma dijadikan sebagai simbol negara maka di beberapa negara lain dijadikan sebagai simbol kemakmuran. Misalnya saja di negara Oman, dimana jika ada nak laki laki lahir ayahnya akan menanam kurma. Tujuannya untuk bentuk pengharapan agar keluarga tersebut bisa terhindar dari kelaparan dalam hidupnya.

  1. Memiliki Banyak Manfaat

Fakta yang tidak bisa dibantah berikutnya adalah manfaat kurma untuk kesehatan sampai kecantikan yang melimpah. Nutrisi yang terkandung di dalam kurma  memang sangat baik untuk tubuh. Baik untuk kesehatan dan juga bisa diolah menjadi produk kosmetik karena kandungan yang ada di dalam.

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

  1. Baik Untuk Pencernaan

Pencernaan menjadi hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena jika pencernaan terganggu, maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Sehingga jika ingin memiliki tubuh yang sehat banyak yang merekomendasikan untuk mengubah pola makan. Apapun yang dimakan nantinya akan memberikan efek samping, entah jangka pendek atau panjang.

Dan buah kurma merupakan salah satu panganan yang banyak disarankan untuk pencernaan yang baik. Hal ini dikarenakan di dalamnya ada sumber serat baik. Namun tetap harus diperhatikan tahap kematangan dan varietasnya. Setidaknya sekitar 6,4 % sampai 11,5 % kandungan dari buah kurma dalah serat yang tidak larut.

Dengan jenis serat yang tidak larut, membuat pencernaan semakin lancar dan juga bisa memadatkan feses. Manfaat kurma ini akan membuat anda terhindar dari sembelit juga diare. Bukan hanya itu kandungan fenolik dalam buah ini juga tinggi. Membantu untuk membersihkan usus sehingga anda menurunkan risiko penyakit kanker usus.

Alasan lainnya mengapa kurma dijadikan sebagai makanan pembuka saat puasa. Kurma sangat aman untuk memelihara mukosa lambung saat ibadah puasa. Sifat antiradang dan protektif yang terkandung di kurma bisa menjaga agar lambung tetap dalam kondisi sehat selama bulan Ramadhan. Anda bisa mencobanya untuk merasakan sendiri manfaat ini.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya untuk yang sedang berpuasa, manfaat kurma bagi kesehatan ternyata juga baik untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan ada banyak nutrisi penting bagi kesehatan ibu juga tumbuh kembang janin. Di dalam kurma terdapat karbohidrat, serat, mineral, vitamin, protein sampai dengan antioksidan.

Jika masalah gizi pada ibu hamil dan janin tercukupi maka akan  mencergah berbagai masalah kesehatan. kelahiran prematur, cacat bawaan lahir terlahir dengann berat rendah bisa diminimalisir. Ibu hamil yang kerap kali merasa mudah lelah juga bisa mengkonsumsinya untuk menambah energi. Bahkan menurut penelitian bisa membentu persalinan normal.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Menurut studi yang dilakukan di 2016 oleh Neural Degeneration Research yang dilansir di hellosehat.com, menyebutkan jika kurma memiliki potensi untuk menghambat produksi protein yang memucu pereadanga interleukin 6 pada otak. Kadar IL6 ini seringkali dikaitkan dengan meningkatnya risiko penyakit neurodegeneratif, Alzheimer misalnya.

aktivitas protein beta amiloid juga bisa dikurangi berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan. Protein ini bisa membentuk plak pada otak. Jika plak mengalami penumpukan maka akan menganggu komunikasi antar sel. Inilah yang akhirnya menyebabkan terjadinya kematian sel otak.

Dimana kematian otak menjadi awal penyakit demensia ataupun Alzheimer. Manfaat kurma untuk kesehatan otak juga bisa membuat daya ingat menjadi lebih tajam. Di dalam kurma memang terdapat kandungan antioksidan flavonoid. Hanya saja masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan potensi kurma sebagai buah yang baik untuk kesehatan otak.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes masuk dalam deretan penyakit berbahaya, dengan berbagai penyebab. Mulai dari keturunan hingga faktor gaya hidup yang tidak baik. Untuk meminimalisir risiko penyakit ini, maka sebaiknya tidak banyak mengkonsumsi gula. Namun rasa manis yang tersimpan di buah kurma justru membantu untuk mengurangi risiko diabetes.

Serat tak larut yang tersimpan akan dicerna lebih lambat, sehingga membantu agar tubuh mengontrol gula darah lebih baik. Bahkan penelitian juga menunjukkan jika buah kurma memiliki indeks glikemik yang sendah. Buah yang berasal dari Arab ini juga tidak akan membuat lonjakan kada gula meningkat, makanya baik dikonsumsi setelah berpuasa.

  1. Mencegah Anemia

Anemia menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah dan juga kulit yang pucat. Gejala ini kerap kali dialami bagi penderita yang kekurangan zat besi atau anemia. Dan anda ternyata bisa mengkonsumsi kurma sebagai sumber makanan yang baik untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam kurma akan mampu untuk meningkatkan produksi sel darah marah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi kurma setiap hari juga akan meningkatkan kesehatan pada jantung anda. Disebabkan kandungan vitamin juga mineral seperti magnesium dan kaliumnya. Dimana kedua kandungan tersbeut berperan penting menurunkan tekanan darah pada tingkat yang lebih sehat. Kandungan seratnya juga akan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Belum lagi kurma juga mengandung antioksidan asam fenolik yang kondang untuk anti radang. Dengan kandungan ini maka dipercaya bisa membantu agar terhindar dari penyakit stroke, hipertensi dan penyakit jantung. Maka dari itu para ahli menyarankan untuk mengkonsumsinya selama 2 kali dalam satu minggu agar jantung tetap sehat.

  1. cocok Untuk Diet

Bagi anda yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk menambahkan kurma dalam menu harian anda. dalam 100 gram kurma yang telah dikeringkan, kalorinya sebanyak 284 dengan 76 gram karbohidrat. Kurma memang sebenarnya tinggi kalori tetapi juga kaya akan protein tak larut dan serat.

Apabila digabungkan akan membuat yang mengkonsumsi akan merasa kenyang lebih lama. Untuk dijadikan menu diet, anda hanya tinggal menambahkan pada oatmeal, smothies atau adonan yang lain. Karena rasa manisnya bisa dijadikan sebagai pemanis alami. Camilan sehat ini juga sebaiknya dikombinasikan dengan pola hidup seperti rajin olahraga agar diet berjalan sukses.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Untuk pejuang garis dua, kurma mungkin bisa masuk dalam resep rahasia untuk meningkatkan kesuburan. Baik untuk pria maupun wanita kesuburan bisa ditingkatkan karena kandungan seng dan asam aminonya. Biji hingga serbuk sarinya juga memiliki senyawa yang baik untuk hormon reproduksi. Pengobatan ini sudah lama ada di Timur Tengah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat kurma untuk kesehatan berikutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan tulang. Di dalam buah kurma mengandung magnesium, tembaga, seleniym dan mangan. Dimana zat zat tersebut sangat baik untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Potensi untuk mencegah osteoporosis juga akan lebih rendah jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat.

 

  1. Mampu Menangkal Radikal Bebas

Antioksidannya yang tinggi juga sangat ampuh untuk mengurangi efek radikal bebas pada tubuh. Zat satu ini akan bekerja melindungi jaringan tubuh dari stres juga peradangan yang menimbulkan berbagai jenis penyakit. Radikal bebas sendiri bisa muncul dimana saja, terutama untuk anda yang sering berjibaku dengan polusi.

Dengan mengkonsumsi kurma, anda akan mendapatkan zat seperti karotenoid, asam fenolik dan flavonoid yang bisa mengurangi berbagai jenis kanker. Sementara karotenoid akan mampu meminimalisir adanya penuaan pada mata. tentu saja hal ini akan membuat tubuh menjadi tetap sehat jika digabungkan dengan pola hidup yang baik.

Manfaat kurma yang melimpah tentu menjadi alasan untuk anda rajin mengkonsumsinya. Namun anda harus tetap memperhatikan kualitas dari kurma yang anda konsumsi. Akan lebih baik jika membelinya di grosir kurma. Selain anda bisa mendapatkan yang berkualitas tinggi, anda juga akan bertemu dengan berbagai jenis kurma.

Menjadi Favorit Nabi, Berikut Manfaat Kurma Untuk Kesehatan
Scroll to top