Manfaat Suara Burung Cucak Ijo Betina

AN JOB INTERVIEW WITH JASON WU

Burung cucak ijo ternyata merupakan burung asli dari Indonesia. Indonesia memang terkenal sebagai negara dengan jumlah spesies burung banyak. Burung cucak ijo ini mempunyai nama Cica atau daun besar namun dikalangan pecinta burung, burung tersebut dikenal dengan nama burung cucak ijo. Ukuran burung cucak ijo terbilang sedikit besar yakni 22 cm. Warna bulu burung cucak ijo adalah berwarna hijau sesuai dengan namanya. Selain terkenal di Indonesia, burung cucak ijo ini juga terkenal di beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, Tahiland, dan beberapa negara lainnya. Setiap wilayah mempunyai julukannya masing – masing untuk menyebutkan burung cucak ijo tersebut.

Burung cucak ijo walaupun bisa ditemukan di beberapa negara, namun spesies burung ini sudah semakin langka. Burung cucak ijo menjadi langka bukan karena adanya pemburuan liar, namun lebih dikarenakan kerusakan hutan. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali pembangunan baru, hal tersebut merenggut rumah bagi para hewan seperti burung. Wajar saja jika beberapa populasi burung menjadi langka karena adanya hal tersebut. Burung cucak ijo menjadi salah satu spesies burung yang mulai langka untuk ditemukan. Mengingat kini keberdaan dari burung cucak ijo memang sangat sulit ditemukan.

Sama halnya dengan burung pada umumnya, burung cucak ijo juga dibedakan menjadi burung jantan dan betina. Masing – masing jenis mempunyai perbedaan yang cukup mencolok dan bahkan bisa berbanding kebalik antara jantan dan betina. Pada burung cucak ijo ini yang paling terkenal adalah burung betinanya. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki burung cucak ijo betina. Salah satu daya tarik yang dimiliki burung cucak ijo betina adalah suaranya. Suaranya yang sangat merdu dan indahlah yang membua pecinta burung memilih untuk memelihara burung cucak ijo betina. Suara yang dimiliki burung betina ini mampu digunakan untuk beberapa manfaat. Mungkin tidak semua orang tahu bahwa suara yang dihasilkan mampu mempengaruhi beberapa hal. Penasaran dengan manfaat yang bisa didapatkan dari suara cucak ijo? Simaklah ulasan di bawah ini hingga selesai.

 
unsplash.com

Suara Burung Cucak Ijo Betina

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa suara pada burung jantan lebih baik dibandingkan suara  betina. Hal tersebutlah yang langsung membuat orang menyimpulkan bahwa suara pada burung betina tidak sebagus milik burung jantan. Burung cucak ijo memang diincar karena suaranya yang merdu dan indah. Namun burung cucuak ijo mampu mempunyai suara yang baik jika dilatih dengan baik. Jadi suara burung pada cucak ijo bisa menjadi lebih baik jika selalu dilatih. Bagi burung cicak ijo betina yang sudah terlatih maka suaranya bisa digunakan untuk beberapa hal seperti di bawah ini.

Manfaat memelihara burung cucak ijo ada banyak sekali. Manfaat yang pertama adalah bisa digunakan sebagai burung masteran. Maksud dari burung masteran adalah burung pemancing. Jadi ketika ada seekor burung yang belum mempunyai suara yang tepat atau harus diperbaiki maka burung cucak ijo tersebut yang bisa digunakan untuk membantu. Keberadaan burung cucak ijo memang sangat bermanfaat utuk berbagai keperluan.

Manfaat yang ke dua adalah bisa digunakan untuk menarik burung jantan. Burung betina akan menjadi sebagai pemancing untuk membuat burung jantan lebih pasif. Burung cucak ijo betina harus mempunyai sara yang gacor demi bisa menarik burung jantan untuk datang. Manfaat ke tiga dalah prioritas dijual. Mempunyai burung cucak ijo dengan suara yang sangat bagus maka bisa menjadi peluang untuk mendapatkan uang ketika dijual.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara burung cucak ijo. Selain manfaat di atas masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa dinikmati. Setelah membaca penjelasan yang ada di atas tentunya anda tertarik untuk memelihara burung cucak ijo. Jumlah burung cucak ijo memang sudah mulai terbatas sehingga wajar jika harga jual burung tersebut mahal. Harga jual tinggi juga dipengaruhi oleh berbagai hal lainnya.

unsplash.com

Lalu apakah cara merawat burung cucak ijo betina susah? Tentu saja tidak. Merawat burung pada dasarnya sangat mudah. Hanya beberapa jenis burung saja yang harus diperlakukan secara khusus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memelihara burung cucak ijo betina. Hal yang pertama adalah soal makanannya. Makanan untuk burung betina ini harus dipastikan bergizi. Jika anda ingin menjamin gizi yang dimiliki burung tersebut maka anda bisa menyediakan seperti buah  dan vitamin. Berikan pemenuhan nutrisi sebaik mungkin sehingga suara yang dimiliki burung cucak ijo betina lebih baik dari sebelumnya.

Jika anda tertarik untuk mempunyai burung cucak ijo yang terlatih maka anda harus menyempatkan diri untuk berlatih. Semakin sering suara dari burung dibunyikan maka harga jual burung tersebut semakin mahal. Itulah beberapa hal mengenai manfaat suara yang dimiliki oleh burung cucak ijo betina. Bagi anda yang sebelumnya tidak tahu bahwa suara dari burung cucak ijo betina sangat bermanfaat maka anda bisa menyimak ulasan yang ada di atas. Burung cucak ijo menjadi burung terpopuler dibandingkan dengan beberapa jenis burung lainnya yang ada di Indonesia dan sekitarnya.