Meja Kerja

Konsep minimalis adalah salah satu konsep populer yang tidak hanya diterapkan pada hunian. Konsep ini juga digunakan pada gaya hidup. Oleh karena itu, bukan hal aneh jika konsep minimalis juga diterapkan pada meja yang digunakan untuk bekerja.

Dewasa ini, meja kerja dengan desain minimalis menjadi furnitur yang banyak diminati. Oleh karena itu, semakin banyak meja untuk kerja yang dapat dijadikan pilihan. Berikut ini beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman saat memilih meja minimalis untuk bekerja.

  1. Perhatikan bahan yang digunakan

Pixabay.com

Hal pertama yang perlu diberi perhatian saat memilih meja minimalis untuk bekerja adalah bahan yang digunakan. Banyaknya model, bentuk, dan corak meja minimalis untuk bekerja yang semakin beragam membuat bahan yang digunakan dalam pembuatannya pun semakin bervariasi.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan bahan pembuatan meja minimalis ini agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda menginginkan ruang kerja dengan nuansa hangat dan natural, meja minimalis dengan bahan kayu adalah pilihan yang tepat, seperti meja dari kayu mahoni atau oak.

Namun, jika Anda menginginkan meja yang lebih ramah lingkungan, maka meja yang terbuat dari particle board bisa menjadi pilihan. Particle board adalah material yang terbuat dari serbuk gergaji yang dipadatkan. Oleh karena itu, harganya lebih murah dan lebih ringan dibanding meja yang terbuat dari kayu padat serta mudah dibersihkan.

Selain itu, ada juga meja minimalis yang terbuat dari bahan plywood yang mudah ditekuk dan tahan terhadap air. Namun, tidak seperti meja dari kayu padat yang permukaannya halus, meja dari plywood dan particle board memiliki permukaan yang kurang halus.

Meski begitu, jika Anda ingin memiliki meja minimalis untuk bekerja yang permukaannya halus dan kuas, medium density fibreboard (MDF) merupakan alternatif yang tepat. Bahan ini terbuat dari olahan kayu yang ringan, namun tetap kuat.

  1. Pilih jenis meja berdasarkan fungsi

Selain memilih berdasarkan bahan yang digunakan dalam pembuatannya, Anda juga dapat memilih meja minimalis untuk bekerja berdasarkan fungsinya. Secara umum, meja minimalis untuk bekerja dibagi menjadi dua jenis, yaitu meja komputer serta meja laptop dan tulis.

  • Meja laptop dan tulis

Meja laptop dan tulis termasuk jenis meja minimalis yang multifungsi. Ini karena meja minimalis jenis ini dapat digunakan untuk menulis dan meletakkan laptop, serta untuk menyimpan barang karena beberapa di antaranya dilengkapi dengan tambahan rak.

Model dari meja minimalis jenis ini lebih beragam, ada yang terbuat dari kayu alami yang dilengkapi rak tingkat dan ada juga meja superminimalis yang praktis. Dengan meja laptop yang minimalis, Anda dapat membawa pekerjaan ke tempat mana pun yang disukai.

  • Meja komputer

Apabila pekerjaan menuntut Anda untuk menggunakan komputer, meja komputer minimalis adalah pilihan yang tepat. Ini karena meja minimalis jenis ini didesain khusus untuk komputer dengan rak keyboard dan tempat printer serta CPU yang biasa tersedia pada meja komputer lainnya.

  1. Pilih meja yang desainnya sesuai dengan ruangan

Pixabay.com

Sebelum membeli meja minimalis untuk bekerja, Anda perlu menyesuaikan desain meja tersebut dengan interior ruangan yang akan digunakan untuk menempatkan meja tersebut. Ini karena meja minimalis untuk bekerja juga termasuk bagian dari interior suatu ruangan.

Dengan kata lain, jika meja minimalis yang dipilih tidak sesuai dengan desain interior ruangan, maka kehadiran meja tersebut dapat menghancurkan harmoni dan nilai keindahan pada suatu ruangan. Oleh karena itu, sebelum membeli, Anda perlu memilih meja minimalis yang warna dan desainnya senada dengan ruangan Anda.

Contoh yang dapat diterapkan dari tips ini adalah memilih meja minimalis untuk bekerja dengan desain yang natural dan netral untuk ruangan yang bergaya scandinavian atau rustic. Namun, jika ruangan Anda termasuk ruangan modern, maka meja minimalis yang berdesain kontemporer adalah pilihan yang pas.

Jika Anda tidak terlalu mengerti dengan gaya ruangan, Anda bisa memilih meja minimalis untuk bekeja yang warnanya serasi dengan warna ruang kerja Anda. Pastikan kalau warna yang digunakan adalah warna yang tepat karena setiap warna dapat memberikan nuansa yang berbeda pada ruangan.

Contohnya adalah memilih meja minimalis untuk bekerja dengan warna yang soft untuk ruangan yang didominasi cat dengan warna yang kalem. Namun, jika Anda ingin membuat ruangan tampak lebih cerah, Anda dapat memilih warna-warna yang mencolok, atau netral jika ingin main aman.

Saat menempatkan meja kerja minimalis, jangan lupa untuk memastikan kalau peletakannya sesuai dengan standard countertop depth. Mengikuti standard ini akan memberikan keuntungan. Salah satunya adalah ruangan Anda tidak akan terlalu sesakĀ  sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman karena mengikuti standard countertop depth ini.