Anda tentu tidak asing dengan istilah plafon. Di Indonesia, plafon juga dikenal dengan sebutan langit-langit untuk bangunan, yaitu merupakan bagian dari konstruksi bangunan yang fungsinya sebagai penutup bagian atas dalam bangunan. Plafon bukan semata-mata berfungsi sebagai penutup bagian atas bangunan saja, tetapi juga pelindung dari cuaca.

Plafon juga bisa difungsikan sebagai penahan jatuhnya kotoran dari celah-celah atap dan mengantisipasi masuknya hewan pengganggu hingga masuknya air hujan. Fungsi lain dari plafon juga bisa dijadikan sebagai penutup jaringan kabel rumah atau instalasi kelistrikan yang menjalar di rangka atap. Dengan adanya plafon, tampilan interior atap jadi lebih rapi.

Alih-alih memiliki fungsi-fungsi tersebut, plafon akhir-akhir ini juga turut berperan dalam menentukan keindahan pada bagian dalam rumah. Meski beberapa gaya rumah tidak menitikberatkan pada desain plafon, seperti gaya industrial, namun rumah dengan plafon model unik akan menambah kesan menarik pada rumah yang Anda huni.

Dari segi bahan, plafon memiliki banyak ragam, seperti kayu, multiplek, semen asbes, alumunium, particle board, softboard, hingga yang sedang hype seperti gypsum. Pemilihan bahan plafon ini bisa disesuaikan dengan model plafon rumah yang sesuai dengan keinginan dan juga sesuai dengan gaya rumah Anda. Berikut ini rekomendasi dari qhomemart:

  1. Model Plafon Gantung

Plafon model ini mungkin paling sering ditemui pada rumah bergaya modern. Dikatakan plafon gantung karena bentuk plafonnya seperti bersusun dua dan menggantung di bawah plafon lainnya. Model plafon ini biasanya memang dipasangkan di bawah paldon lamanya yang kualitasnya sudha menurun atau untuk menyembunyikan kabel listrik.

Para penghuni rumah sering memberikan aksen lampu neon pada bagian tengahnya, sehingga memberi kesan elegan nan mewah. Jika ingin mengaplikasikannya di rumah Anda, pastikan tinggi ruangan Anda cukup tinggi, karena pemasangannya akan mempengaruhi ukuran tinggi ruangan yang semakin menyempit. Selain itu, gunakan jenis gypsum.

  1. Model Plafon Grid

Sesuai dengan namanya, plafon ini berbentuk kotak-kotak dan cukup menarik pandang. Karena bentuknya pula, plafon ini memberi kesan penuh pada ruangan, sehingga cocok diaplikasikan pada ruangan dengan dekorasi interior yang minim pola dan barang. Bukan hanya itu, cat pada ruangan juga harus disesuaikan.

Biasanya di bagian tengah setiap panelnya akan dipasangkan lampu redup sebagai cahaya pendukung. Sedangkan, pada panel paling tengah dipasangkan lampu gantung atau bisa juga dipasangkan kipas angin gantung. Bagi Anda yang kurang suka dengan tipe dekorasi interior penuh pada bagian atas, sebaiknya hindari plafon dengan model grid seperti ini.

  1. Model Plafon Tray

Dinamakan plafon tray karena memang pada bagian tengahnya dibuat agak terangkat, seolah ada bagian yang tersembunyi. Biasanya model plafon ini diterapkan dengan beberapa variasi dan material pendukung yang unik guna mempercantik tampilan plafon. Variasinya bisa berupa kayu, hpl, parquet, dan sebagainya.

Cara lainnya adalah dengan memasangkan lampu atau kipas angin gantung pada bagian dalam plafon yang lebih tinggi, sehingga memberi kesan ada pencahayaan yang tersembunyi. Bisa juga memberikan warna atau pola yang berbeda antara plafon luar dengan plafon pada bagian dalam agar terlihat lebih menarik. Cara ini bisa membuat plafon lebih tegas.

  1. Model Plafon Datar Polos

Serupa dengan model plafon gantung, plafon datar polos juga kerap diaplikasikan pada banyak rumah dengan gaya apa saja. Bisa dikatakan, model plafon yang satu ini merupakan model plafon standar yang paling sering digunakan pada bagian dalam atap rumah. Kesan yang diberikan sangat sederhana, namun tetap elegan.

Material yang digunakan untuk model plafon ini bisa pvc, gypsum, bahkan anyaman bambu untuk rumah dengan gaya tradisional. Cara pemasangannya juga tergolong lebih mudah dibandingkan dengan model plafon yang lainnya. Namun, plafon dengan model datar polos ini memang cukup membosankan jika dipandang.

  1. Model Plafon Datar Transparan

Model plafon datar transparan memang menarik. Selain tidak monoton, ruangan akan dipenuhi dengan cahaya alami matahari saat pagi hingga sore hari. Sayangnya, tidak semua ruangan bisa memanfaatkan model plafon datar dengan paduan kaca dan baja ini. Tipe ruangan yang cocok menggunakan model ini, seperti ruang keluarga, ruang tamu, dan dapur.

  1. Model Plafon Kubah

Model plafon yang satu ini mungkin memang cukup jarang diaplikasikan ke gaya rumah pada umumnya. Biasanya rumah-rumah besar yang kerap mengaplikasikan model plafon kubah, karena sangat cocok diterapkan pada ruangan yang luas dengan posisi langit-langit yang tinggi.

Setelah mengetahui beberapa model plafon seperti yang disebutkan, tentunya Anda sudah mendapatkan ide atau sedikit gambaran mengenai model plafon rumahyang diinginkan. Jika masih bingung menemukan model plafon yang Anda inginkan, Anda bisa temukan di situs belanja online bahan bangunan, qhomemart. Model lengkap, harga bersahabat.

Model Plafon Rumah
Scroll to top