Resep Nasi Kuning Ala Resepmami.info

Nasi kuning merupakan salah satu olahan yang cukup terkenal di Indonesia khususnya oleh suku Jawa. Pasalnya nasi kuning kental akan tradisi adat Jawa yang banyak menggunakan nasi kuning dalam acara-acara tradisional. Selain itu, nasi kuning kini juga banyak dikembangkan diberbagai restoran menjadi masakan yang cukup favorit.

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia kuliner, nasi kuning pun juga turut mengalami perkembangan hingga muncul berbagai variasi yang membuat olahan yang satu ini semakin lezat dan semakin banyak diminati. Nasi kuning yang biasanya disajikan dalam bentuk kerucut ini memiliki warna kuning yang memiliki maka khusus dalam adat Nusantara. Selain akrab disebut nasi kuning, bentuknya yang kerucut juga membuat olahan ini juga akrab disebut dengan tumpeng.

Nah untuk membuat nasi kuning tentunya juga memerlukan resep khusus. Pasalnya warna kuning pada nasi tersebut berasal dari pewarna yang dibuat dari rempah-rempah khas Indonesia. Nasi kuning sendiri sangat cocok disandingkan dengan berbagai lauk seperti ayam, telur, atau yang lainnya. Bagi Anda yang ingin membuat nasi kuning, Anda dapat mencoba resep nasi kuning ala resepmami.info yang merupakan situs yang mengulas berbagai resep makanan.

Resep Nasi Kuning Simpel

Pixabay.com

Nasi kuning memang memiliki citarasa tersendiri. Selain warnanya yang khas, nasi kuning juga memiliki cerita yang cukup unik dalam budaya Nusantara. Nah bagi Anda yang ingin membuat nasi kuning ala resepmami.info, Anda dapat menyiapkan berbagai bahannya seperti beras 600 gram, santal kental 800 ml, garam 2 sdt, serai 1 batang ukuran besar, daun salam 3 lembar, daun pandan 4 lembar, daun jeruk 4 lembar, dan kunyit bubuk 2 sdm. Setelah bahan-bahan diatas telah siap, Anda bisa lanjut ke proses memasak yaitu sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silahkan cuci beras hingga bersih dan rendam dengan 2 sdm kunyik bubuk kurang lebih selama 1 jam.
  2. Kemudian silahkan aron nasi beras kuning bersama dengan santan, daun salam, serai, daun jeruk, dan daun pandan masak dengan menggunakan api kecil. Jangan lupa diaduk terus hingga mendidih.
  3. Selanjutnya silahkan masukkan garam, dan aduk lagi hingga asat.
  4. Kemudian silahkakn dikukus kurang lebih selama 45 menit atau sekiranya sampai matang.
  5. Dan nasi kuning pun siap untuk disajikan.

Pada umumnya, nasi kuning dikukus menggunakan kukusan yang umum digunakan untuk beras. Namun jika Anda tidak memiliki kukusan, Anda juga dapat memasak nasi kuning dengan menggunakan rice cooker loh. Iya ada beberapa tips yang harus diperhatikan jika Anda ingin memasak nasi kuning dengan menggunakan rice cooker. Adapun beberapa tipsnya yaitu sebagai berikut:

  • Pilih jenis beras yang bagus dan lebih baik lagi jika Anda menggunakan beras yang pulen.
  • Cuci beras dan rendam terlebih dahulu agar lebih cepat matang.
  • Anda juga dapat menakar beras dengan cermat terutama perbandingan antara air dan juga santan.
  • Larutkan bumbu halus dengan air. Tambahkan juga daun serai, daun salam, dan daun pandan.
  • Tekan tombol cook dan tunggu hingga nasi matang.
  • Setelah nasi sudah matang, Anda dapat mengadukanya agar tidak terjadi penggumpalan.
  • Cetak nasi kuning dengan bentuk sesuai dengan keinginan Anda.

Resep Nasi Kuning Komplit

Pixabay.com

Selain resep nasi kuning simpel seperti yang diatas, Anda juga bisa membuat nasi kuning komplit ala resepmami.info. Iya seperti namanya, tentu nasi kuning yang satu ini memiliki citarasa yang lebih spesial karena dibuat dari bahan-bahan yang lebih lengkap. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi kuning simpel seperti diatas, hanya saja pada nasi kuning komplit ini ditambahkan beberapa bahan-bahan yang dapat membuat olahan nasi kuning lebih sedap.

Nah untuk membuat nasi kuning komplit, terdapat beberapa bahan yang harus disiapkan yang diantaranya beras yang berkualitas terbaik kurang lebih 1 liter, kunyit yang sudah diparut 3 cm, santar kurang lebih ¾ liter, daun salam kurang lebih 3 lembar yang telah dicuci hingga bersih, serai 1 buah yang sudah dimemarkan, bawang merah 4 siung, bawang putih 3 siung, kemiri 2 butir, garam halus kurang lebih 1 sdt, tempe orek, ayam goreng suwir, telur dadar yang sudah diiris tipis-tipis, sambal, abon, tomat, mentimun, dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Adapun cara menyajikannya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan cuci beras hingga bersih dan tiriskan.
  2. Campurkan parutan kunyit dengan menggunakan 3 sdm air. Peras air, saring, dan kemudian sisihkan.
  3. Silahkan kukus beras yang telah dicuci hingga setengah matang.
  4. Haluskan bumbu-bumbunya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, dan kemiri.
  5. Selanjutnya silahkan angkat dan tuangkan beras yang sudah dimasak setengah matang tadi ke dalam wadah.
  6. Selanjutnya tuangkan santan ke dalam wadah yang berisi nasi setengah matang tersebut.
  7. Silahkan diaduk hingga merata. Anda bisa menambahkan garam secukupnya.
  8. Langkah selanjutnya silahkan kukus nasi yang sudah bercampur bumbu tadi kurang lebih selama 30 menit.
  9. Setelah matang, Selanjutnya silahkan angkat nasi kuning dan sajikan bersama bahan-bahan pelengkap seperti ayam goreng suwir, abon, tumis kentang, sosis goreng, kerupuk, tempe orek, dan sebagainya.