Penting Diketahui, Berikut Makanan Untuk Anak Diare

 

Jika anak Anda mengalami diare, ibu perlu lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Hal ini dikarenakan anak yang mengalami diare harus diberi makan untuk memenuhi kebutuhan hidrasi dan nutrisi tubuhnya. Memberi makan makanan yang salah bisa membuat anak menjadi lebih buruk. Berikut makanan untuk anak diare agar cepat sembuh

Makanan untuk Diare Anak

Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian besar diare akan sembuh secara spontan dalam beberapa hari. Tetapi orang tua harus waspada ketika menangani diare pada anak-anak. Salah satu langkah terpenting dalam merawat anak yang menderita diare adalah memastikan bahwa anak yang terkena diare mendapatkan jumlah air dan makanan yang tepat.

Anak yang sudah dapat makan makanan padat dapat diberikan minuman yang mengandung elektrolit seperti air putih, ASI dan air kelapa untuk mencegah dehidrasi. Namun, tidak disarankan bagi ibu untuk memberikan jus buah karena justru dapat melemahkan buang air besar. Ada juga berbagai makanan yang sering dimakan anak-anak saat diare seperti nasi atau bubur.

Selain itu, anak juga dapat mengkonsumsi roti, telur rebus, Sup, Kentang rebus atau kentang panggangย  serta sayuran yang dimasak seperti wortel, jamur, dan buncis Daging sapi, ayam atau ikan, dimasak. Anak juga bisa mendapatkan makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt. Beberapa jenis makanan untuk anak diare yang harus dihindari saat anak diare adalah gorengan, dan kue kering

Saat memberikan obat diare pada anak, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. Hal ini karena pemberian obat antidiare pada anak perlu disesuaikan dengan penyebab, gejala, dan kesehatan anak secara umum. Jika bayi atau anak Anda masih menyusui, muntah dan diare akan memungkinkan Anda untuk menyusui secara teratur.

 

 

Scroll to top