Penuhi Asupan Vitamin, Bolehkah Ibu Menyusui Minum Vitamin E?

Ketika sedang dalam proses menyusui, ibu tidak hanya harus memenuhi asupan nutrisi untuk dirinya sendiri namun juga untuk si kecil. Untuk itu, pemilihan asupan vitamin yang tepat sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu danĀ  bayi. Lalu, bolehkah ibu menyusui minum vitamin E? Nyatanya, vitamin E memiliki berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi ibu dan anak.

Manfaat Vitamin E untuk Ibu Menyusui dan Si Kecil

  1. Memenuhi Asupan Vitamin E

Tahukah ibu, bahwa asupan vitamin harian yang harus dipenuhi oleh tubuh berbeda sesuai dengan usia dan juga kondisinya. Ibu menyusui membutuhkan asupan vitamin E harian yang lebih banyak yakni sebesar 19 mg. Sedangkan untuk si kecil yang masih menyusu, butuh sekitar 4-6 mg vitamin E yang bisa didapatkan dari air susu ibunya atau juga makanan pendamping asi.

Kebutuhan vitamin ini, harus dipenuhi agar tidak menimbulkan masalah defisiensi vitamin E. Kekurangan vitamin E akan menyebabkan penyakit celiac atau kondisi dimana usus halus seseorang akan rusak karena pengaruh gluten. Selain itu, vitamin ini dapat membantu untuk melancarkan proses pencernaan yang mana sangat dibutuhkan oleh bayi.

  1. Memiliki Sifat Antioksidan

Pertanyaan mengenai bolehkah ibu menyusui minum vitamin E dapat terjawab ketika ibu mengetahui berbagai manfaat yang dihasilkan. Salah satunya adalah kandungan antioksidan pada vitamin E yang berguna untuk membuat perlindungan dan pertahanan ekstra bagi ibu dan bayi yang masih rentan, agar tidak mudah terkena berbagai masalah kesehatan.

Vitamin E mampu memperkuat daya tahan tubuh ibu dan bayi dari serangan radikal bebas. Radikal bebas dapat membahayakan bagi ibu menyusui, terlebih lagi jika sang bayi mengkonsumsi asi dari ibu dalam kondisi sakit. Hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembang si kecil yang baru bisa menerima asupan makanan dari air susu ibu saja.

  1. Menyehatkan Kondisi Kulit Ibu Hamil

Pada saat dalam kondisi menyusui, ibu akan mengalami berbagai macam masalah kecantikan yang membuatnya tidak percaya diri. Diantaranya adalah masalah kulit yang terlihat mengendur, dan tidak lagi kencang. Kondisi kulit yang tidak kencang lagi dapat dipengaruhi oleh usia dan efek samping yang dihasilkan setelah melakukan proses persalinan.

Vitamin E menjadi salah satu pelembab alami, yang dibutuhkan oleh kulit. Mengkonsumsi vitamin ini akan menjaga keelastisan kulit ibu, agar selalu kenyal dan kencang. Kulit yang kencang akan menambah kepercayaan diri pada ibu menyusui, sehingga dapat mempengaruhi mood ibu. Mood yang baik, akan membuat aliran air susu ibu untuk si kecil menjadi lancar.

Ketika berada pada masa menyusui, ibu tidak lagi hanya mengkonsumsi makanan untuk dirinya sendiri tapi juga untuk bayinya. Hal inilah yang membuat ibu harus memperhatikan asupan vitamin dan nutrisi yang diperlukan salah satunya vitamin E. Vitamin ini tidak hanya berguna bagi ibu saja, tapi juga bagi perkembangan si kecil.