Penyakit jantung merupakan keadaan yang memperlihatkan masalah pada organ vital tubuh yaitu jantung. Ada beberapa masalah pada jantung yang membuat penyakit yaitu penyakit jantung koroner, aritmia dan penyakit jantung bawaan.

Bila kamu tidak yakin untuk keadaan kesehatan organ vital jantung kamu sebaiknya untuk segerap pergi ke dokter untuk mengecek kesehatan jantung kamu. Apa lagi bila kamu mememiliki beberapa faktor resiko terserang penyakit jantung

Orang yang memiliki resiko penyakit jantung:

  • Sudah berusia lebih dari 60 tahun
  • Memiliki berat badan lebih atau obesitas
  • Mempunyai penyakit diabetes millitus
  • Memiliki penyakit kolestrol tinggi
  • Orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Orang yang memiliki kebiasaan merokok

Gejala yang disebabkan penyakit jantung ada beberapa dan berbeda-beda tergantung jenis dari penyakitnya. Ada yang menunjukkan tanda dari ciri-ciri penyakit jantung yang pada umumnya. Namun ada beberapa yang tidak menampakkan tanda-tanda mengalami penyakit jantung yang jelas. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa tidak semua penyakit jantung memiliki gejala dengan adanya nyeri pada area dada.

Tanda-tanda mengalami penyakit jantung

  1. Rasa yang tidak nyaman di area dada

Gejala bila jantung mengalami masalah umumnya menunjukkan adanya sumbatan di bagian arteri jantung. Tubuh akan mengalami rasa tidak nyaman berupa nyeri, sedak, dada serasa ditekan, dan dada serasa dibakar.

Gejala tersebut biasanya muncul dalam beberapa menit. Tanda tersebut akan muncul ketika kamu sedang beristirahat atau sedang melakukan aktivitas fisik yang berat. Bila tanda tersebut hanya muncul sekali, kamu tidak perlu khawatir. Namun bila tanda tidak nyaman ini muncul sering dan sampai beberapa menit lebih baiksegera pergi ke dokter. Perlu diketahui bahwa untuk wanita biasanya yang mengalami masalah jantung tidak dibarengi dengan rasa tidak nyaman di bagian dada.

  1. Mual atau sakit perut

Beberapa wanita sering mengalami rasa mual ketika sedang ada masalah di jantungnya. Tentu tidak semua rasa mual dan sakit perut adalah gejala adanya masalah pada jantung. Tetapi tidak ada salahnya bila mengalami tanda-tanda seperti ini dan mewaspadainya sebab hal tersebut merupakan gejala dari jantung yang bermasalah.

  1. Nyeri menyebar hingga ke lengan

Tanda sakit jantung yang biasanya terjadi ialah adanya nyeri pada dada kemudian menjalar pada sisi tubuh di bagian kiri. Banyak pasien penyakit jantung yang mengeluhkan sakit di bagian dada sebelah kiri kemudian nyerinya tersebut menyebar hingga lengan sebelah kiri dan sampai merasakan sakit pada lengan.

  1. Pusing hingga pingsan

Banyak hal yang bisa membuat tubuh menjadi hilang keseimbangan sampai pingsan. Bisa disebabkan tubuh yang kurang asupan atau berdiri dalam jangka waktu lama. Namun sebaiknya cepat pergi ke dokter bila kamu merasakan tubuh tiba-tiba tidak stabil dan ada rasa tidak nyaman di bagian dada. Ini bisa terjadi diakibatkan oleh tekanan darah yang turun yang ditimbulkan oleh jantung yang tidak memompa darah seperti seharusnya.

  1. Sakit di tenggorakan dan rahang

Kebanyakan orang menganggap rasa sakit di tenggorakan dan rahang bukan ciri dari adanya masalah pada jantung. Biasanya mengira masalah tersebut disebabkan oleh otot yang kaku, pilek atau sinus. Tetapi bila kamu merasa sakit di bagian dada kemudian sakitnya hingga menyebar di tenggorokan dan rahang ini merupakan tanda dari serangan jantung.

  1. Gampang lelah

Bila kamu mudah merasa lelah padahal tidak melakukan olahraga atau habis beraktifitas fisik dan pekerjaan berat lebih baik segera pergi ke dokter. Beberapa orang yang mengalami masalah jantung merasakan tanda mudah lelah yang tidak ada sebab yang jelas. Bahkan rasa lelah tersebut timbul hinggan beberappa hari ini adalah salah satu tanda penyakit jantung yang sering dialami oleh wanita.

  1. Mendengkur

Bila mengalami tidur mendengkur ketika tubuh mengalami kelelahan atau tidur sejenak ini adalah hal yang wajar. Kamu perlu waspada ketika suara dengkuran menjadi sangat keras dan dibarengi tersedak atau megap-megap. Hal tersebut menjadi tanda sleep apnea. Adalah masalah tidur yang membuat kamu berhenti bernapas beberapa saat ketika malamhari dan mengakibatkan masalah pada jantung.

  1. Keringat dingin

Tanda lain dari masalah jantung yaitu mengalami kondisi keringan dingin dengan alasan yang tidak jelas. Bila kamu mengalami keringat dingin dibarengi nyeri padaarea dada dan gejala yang lain hal ini harus di waspadai.

Di atas merupakan tanda-tanda tubuh saat mengalami masalah pada organ jantung. Jantung merupakan organ vital pada tubuh yang fungsinya mengalirkan darah ke suluruh tubuh dan menjaga organ-organ lain agar tetap teraliri darah dan oksigen.

Karena fungsinya yang sangat penting tersebut menjaga kesehatan organ jantung juga sangat penting dengan menerapkan pola hidup yang sehat, melakukan aktifitas olahraga yang tepat dan jauh dari stres. Bahkan saat ini juga banyak teknolohgi kesehatan yang bisa membantu jantung supaya lebih terjaga kesehatannya dengan terapi dr laser.

Memiliki jantung yang sehat akan membuat organlain pada tubuh juga lebih sehat, selain itu akan terhindar dari beberapa penyakit kronis yang mengakibatkan kematian. Jadi sangat penting untuk menjaga kesehatan organ jantung dengan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

 

Beberapa Tanda Adanya Penyakit Jantung
Scroll to top