Asupan utama untuk bayi adalah ASI, karena bayi belum bisa makan atau minum lainnya sehingga bayi harus minum ASI agar asupan gizi dan lainnya terpenuhi. Namun kadang kala ada saja yang membuat bayi tidak mau menyusu.

Tentu saja hal ini membuat orang tua khawatir karena di samping membuat bayi menjadi rewel dan menangis juga membuat bayi kelaparan dan tentunya bisa menghambat tumbuh kembang bayi karena bayi kekurangan asupan ASI yang dapat menyebabkan kekurangan gizi. Untuk itu jika bayi anda tidak mau menyusu maka kenali beberapa penyebabnya.

Merasa tidak nyaman

Ketika bayi merasa tidak nyaman maka bisa menyebabkan bayi menjadi tidak mau menyusu, hal ini disebabkan bayi merasa risih seperti misalnya karena kelelahan, mengantuk, popok yang belum di ganti, kepanasan dan lainnya. oleh karena itu sebelum menyusu sebaiknya buatlah bayi anda nyaman terlebih dahulu.

Tidak enak badan

Tidak enak badan juga dapat menyebabkan bayi menjadi susah menyusu, sama halnya dengan orang dewasa yang tidak nafsu makan ketika sedang tidak enak badan. Maka dari itu, jaga kesehatan bayi anda agar tidak terserang penyakit seperti batuk, flu, demam, pilek dan lainnya. karena hal ini yang bisa menyebabkan bayi menjadi tidak mau menyusu dan rewel tentunya.

Rasa ASI Berubah

Rasa ASI juga dapat menyebabkan bayi tidak mau menyusu, rasa ASI yang berubah tidak seperti biasanya bisa membuat bayi enggan menyusu. Untuk itu perhatikan makanan yang ibu konsumsi, jangan mengkonsumsi makanan yang kira-kira tidak disukai oleh bayi karena bayi dapat merasakan perbedaan ASI apakah enak atau tidak sesuai dengan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Jadwal menyusu yang terganggu

Biasanya bayi secara otomatis akan memiliki jadwal menyusu, kapan bayi merasa lapar dan tidak. Ketika jadwal tersebut terganggu biasanya membuat bayi menjadi enggan menyusu misalnya karena masih kenyang dan lainnya. oleh karena itu biasakan bayi menyusu sesuai dengan jadwal dan kebiasaannya saja.

 

 

Penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu
Scroll to top