Cantengan merupakan sebuah kondisi ketika ada sudut di jempol kaki yang tertusuk oleh kuku yang tumbuh. Sebenarnya, cantengan bukan menjadi masalah yang serius, namun tetap saja kondisi ini harus ditangani dan tak boleh diabaikan. Cantengan harus segera diatasi agar tidak mengakibatkan terjadinya infeksi. Lalu, apa penyebab dan cara menyembuhkan cantengan jempol kaki?

Inilah Penyebab dan Cara Menyembuhkan Cantengan di Jempol Kaki

Cantengan adalah kondisi yang menyebabkan jempol kaki menjadi mengeras, kemerahan, dan rasa sakitnya sangat tidak nyaman. Cantengan bukan masalah kesehatan yang cukup serius, sehingga masih bisa diobati di rumah menggunakan langkah-langkah yang sederhana. Berikut adalah cara menyembuhkan cantengan jempol kaki:

  1. Merendam telapak kaki menggunakan air hangat

Apabia kasus cantengan yang terjadi tidak terlalu parah, pengobatan dapat dilakukan dengan mudah, yaitu cukup dengan merendam kaki saja ke dalam wadah berisi air hangat selama sekitar 15 – 20 menit. Cara ini dilakukan 3 kali sehari hingga sakit pada jempol kaki benar-benar sembuh.

  1. Merendam telapak kaki dengan campuran air dan cuka apel

Cuka apel yang dikenal sangat berkhasiat juga bisa diaplikasikan sebagai obat untuk menyembuhkan cantengan pada jempol kaki. Pertama, campurkan ¼ gelas cuka apel dengan air pada wadah. Kemudian, rendam kaki dalam air selama sekitar 20 menit. Cuka apel diketahui dapat mengatasi cantengan karena mempunyai sifat antinyeri, antiradang, serta antiseptik.

  1. Mengoleskan salep maupun krim antibiotik

Agar penyembuhan cantengan semakin cepat dan terhindar dari terjadinya infeksi, sebaiknya gunakan krim antibiotik 3 kali sehari. Pastikan juga untuk membalut jempol kaki tersebut menggunakan perban kasa. Aplikasi salep tersebut secara rutin, sehingga cantengan bisa sembuh.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengobati cantengan. cara menyembuhkan cantengan jempol kaki memang sangat sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Namun, pada kondisi yang mengkhawatirkan, perawatan tersebut mungkin kurang membantu. Hubungi tim medis agar mendapatkan perawatan terbaik yang tepat sesuai dengan penyebab cantengan itu sendiri.

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Cantengan di Jempol Kaki
Scroll to top