Tumbuhan singkong termasuk dalam umbi yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. selain umbinya, bagian tubuh dari tumbuhan singkong lain yang lezat untuk dijadikan olahan adalah daunnya. Daun singkong memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, sehingga banyak yang mengonsumsi daun ini untuk menyembuhkan penyakit tertentu.

Nah, bagi kamu yang suka memasak, daun singkong bisa dijadikan olahan yang benar-benar endulita! Cek artikel di bawah ini untuk mengetahui apa saja olahan dari daun tumbuhan singkong yang lezat dan bergizi!

 

Ragam Olahan Daun Singkong Yang Recommended

Daun singkong memiliki rasa yang khas dan dapat dijadikan sebagai bahan baku olahan yang lezat serta bernutrisi. Berikut ini olahan dari daun tumbuhan singkong yang wajib kamu tahu!

  1. Tumis daun singkong

Daun tumbuhan singkong memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar namun tidak mudah lembek ketika dimasak. Oleh karena itu, model olahan tumis sangat cocok untuk mengolah daun tanaman yang satu ini. Tinggal tumis bumbu beserta gula merah serta garam dan campurkan daun tanaman singkong. Maka jadilah tumis daun singkong yang lezat serta bergizi.

  1. Gulai daun tanaman singkong

Sipaa bilang gulai hanya untuk daging? Buktinya, daun tanaman singkong bisa lho, dijadikan sebagai olahan gulai. Caranya, haluskan bumbu gulai seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit, dan lainnya. Setelah itu tumis dan campurkan santan, daun salam, serai dan daun singkong ke dalamnya.

  1. Sayur teri daun singkong

Daun tanaman singkong bisa dijadikan sebagai pelengkap sayur teri yang terkesan sederhana. Cara membuatnya tumis berbagai macam bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, dan lainnya. Setelah itu masukkan bumbu cemplung layaknya daun salam, daun jeruk, sereh, dan cabe rawit.

Setelah itu masukkan daun tanaman singkong serta beri gula, garam, dan kaldu bubuk. Jika sudah, tuangkan santan dan tambahkan teri ke dalamnya. Sayur teri daun tanaman singkong siap disajikan!

  1. Rolade daun tanaman singkong

Pernahkah kamu membuat rolade? Ya, kali ini, cobalah membuat rolade daun tanaman singkong. Caranya cukup mudah kok, cukup campurkan daun singkong dengan tahu yang sudah dihancurkan. Setelah itu bentuk bulat sekepalan tangan.

Masukkan rolade ke dalam telur yang telar dikocok. Lalu masukkan ke dalam minyak goreng panas. Masak hingga matang, ya. Jangan sampai bagian dalam rolade masih mentah karena minyak tidak cukup panas menembus bulatan daun tanaman singkong.

Itulah resep daun singkong yang lezat dan snagat penuh gizi. Dijamin kesehatanmu akan membaik dengan olahan daun tanaman yang telah kami sebutkan di atas. Selamat berkreasi!

 

Ragam Olahan Daun Singkong Yang Lezat Dan Bergizi
Scroll to top