Rahasia tersembunyi dari pemandangan hutan

apa yang akan anda pikirkan ketika ditanya, bagaimanakah pemandangan hutan itu?

Apabila dilihat dari kejauhan, pemandangan hutan itu sangat indah bukan? dedaunan rindang yang menghijau dengan segar. Nampak teduh dan menyenangkan. Namun, anggapan seperti itu sesungguhnya tak sepenuhnya benar, sebab hutan mengandung banyak sekali elemen, mulai dari yang besar hingga terkecil dan jarang disadari.

Tentu saja, yang dibicarakan disini bukan hutan lindung nan terbuka, melainkan hutan asli yang sudah semakin sedikit jumlahnya. Jika diulas, ternyata hutan sendiri kadang sangat membahayakan. Penasaran?

Berikut rahasia tersembunyi yang jarang disadari dari pemandangan hutan.

Tanahnya lembab dan kadang tak rata

Sudah lazimnya jika tanah yang ditumbuhi pepohonan akan mengandung air dengan kapasitas tinggi dan berasal dari akar. Apalagi daratan hutan dengan pohon-pohon besar, bahkan hingga mencapai besarnya rengkuhan 5 orang manusia. Oleh karenanya, tanah ini akan cukup gembur dan lunak.

Bayangkan pada musim hujan, tanah hutan akan licin karena lumut kian tumbuh. Dengan kondisi seperti ini, memasuki hutan membutuhkan pengalaman dan kehati-hatian langkah kaki yang amat tinggi.

Terdapat banyak hewan melata

Biasanya, kita mengenal hewan-hewan besar penghuni hutan, seperti gajah, monyet, singa, dan harimau. Sebenarnya, ada banyak lagi spesies hutan yang ratusan ribu jumlahnya. Namun diantaranya, tak terkecuali hewan melata seperti kalajengking, kelabang, kaki seribu, ular, dan binatang-binatang lainnya dan tidak jarang berbahaya.

Menyeramkan

Bayangkan anda berada di antara pohon-pohon tinggi dan rindang, tidak ada jalur perjalanan, tidak tau mana utara dan selatan, tidak ada jaringan komunikasi selular, dan ancaman berbagai jenis hewan mengancam. Jika tak berpengalaman, tentu sangat mengerikan, bukan?

Belum lagi, banyak kepercayaan mengatakan bahwa hutan merupakan rumah tinggal para makhluk tak kasat mata. Mereka dipercayai menguasai wilayah tersebut, dan akan marah apabila ada manusia yang tidak mematuhinya.

Demikianlah beberapa poin yang perlu diketahui dari pemandangan hutan, namun cukup jarang ikut tergambarkan dalam pikiran kita mengetanai hutan. Semoga bermanfaat.

Scroll to top