Apa Itu Service Charge Apartemen dan Jenis-Jenisnya

Apartemen merupakan inovasi hunian modern yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kaum urban. Jika Anda ingin tinggal di sebuah apartemen, ada banyak hal yang perlu diketahui terkait biaya, terutama service charge. Namun, sebagian orang mungkin masih belum paham apa itu service charge apartemen. Selain itu, masih banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan agar tidak menyesal dan kecewa.

Apartemen dirancang sedemikian rupa untuk memaksimalkan fungsi hunian dan memberikan kenyamanan kepada penghuninya. Saat ini, banyak juga yang memilih investasi apartemen karena makin lama makin tinggi harga jualnya, ama seperti tanah dan rumah yang harganya terus naik dari tahun ke tahun. Penyebab lainnya adalah karena apartemen tergolong hunian murah dengan fasilitas lengkap.

Apa Itu Service Charge Apartemen?

Pixabay.com

Apartemen umumnya berlokasi di tengah atau pusat kota sehingga banyak dihuni oleh kaum urban yang sibuk bekerja. Beberapa unit apartemen juga dihuni oleh keluarga dengan model apartemen lebih dari satu kamar. Namun, sebelum memutuskan untuk tinggal di apartemen, Anda harus tahu dulu apa saja biaya yang perlu ditanggung.

  1. Biaya Sewa atau Beli

Apartemen biasanya bisa dihuni dengan sistem sewa atau beli, tetapi lebih banyak yang memilih untuk menyewa. Pertimbangkan betul biaya sewa atau harga beli apartemen yang ingin Anda huni. Cobalah mencari banyak referensi untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dari berbagai apartemen di lokasi yang Anda inginkan.

  1. Service Charge

Selanjutnya, ada juga yang disebut dengan service charge dan penting sekali untuk diketahui oleh calon penghuni apartemen. Apa itu service charge apartemen? Service charge adalah biaya pemeliharaan gedung yang meliputi kebersihan, keamanan, dan perawatan gedung hingga taman di apartemen tersebut.

Besarnya service charge yang dikenakan kepada para penghuni ditentukan oleh pihak manajemen atau pengelola apartemen. Untuk setiap unit, besarnya service charge  bisa berbeda-beda, biasanya tergantung luas apartemen yang dihitung per meter persegi.

  1. Tarif Bisnis

Selanjutnya, ada juga tarif bisnis yang perlu dibayarkan kepada pengelola apartemen untuk kebutuhan penghuni. Hal itu meliputi biaya listrik, gas, air, TV kabel, internet, dan telepon. Namun, ada juga beberapa apartemen yang sudah memasukkan biaya listrik dan lainnya ke dalam biaya sewa. Hal ini sangat tergantung pada pengelola apartemen.

  1. Biaya Transportasi

Setelah mengetahui apa itu service charge apartemen dan tarif bisnis, Anda juga perlu menghitung perkiraan biaya transportasi yang dibutuhkan. Kebutuhan transportasi setiap penghuni apartemen juga berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan. Jika jarak tempat kerja cukup jauh, biaya transportasi akan lebih mahal. Itulah sebabnya banyak yang memilih apartemen dekat kantor atau kampus.

  1. Biaya Parkir

Selanjutnya, setiap apartemen juga memiliki kebijakan masing-masing dalam mengelola tempat parkir. Ada yang membebaskan biaya parkir untuk penghuni dan ada juga yang mengharuskan penghuni maupun tamu membayar parkir. Hal ini juga bisa jadi pertimbangkan saat Anda mencari dan memilih apartemen.

  1. Biaya Pajak

Selain mengenal apa itu service charge apartemen, Anda juga perlu tahu mengenai biaya pajak apartemen. Biaya yang satu ini sering kali terlupakan atau tidak diperhitungkan oleh pemilik apartemen. Pajak wajib dibayarkan oleh siapa saja yang memiliki properti, termasuk apartemen.

Mengenal Berbagai Istilah Seputar Apartemen

Pixabay.com

Tinggal di apartemen memang memiliki perbedaan dengan tinggal di rumah umumnya, baik dilihat dari faktor lokasi, budaya, sosial, maupun pola dan gaya hidupnya.

Bukan hanya mengetahui tentang berbagai macam biaya yang harus dibayarkan untuk apartemen, Anda juga perlu tahu istilah-istilah yang biasa digunakan berkaitan dengan apartemen. Berikut ini beberapa istilah yang perlu dipahami, yang berhubungan dengan apartemen.

  • Rumah Susun: gedung bertingkat yang dibangun vertikal atau horizontal yang memiliki satuan-satuan dengan fungsi terpisah, disebut juga dengan istilah apartemen.
  • Bagian Bersama: semua bagian yang melekat pada rumah susun atau apartemen, meliputi lift, koridor, atap, dinding, electrical, dan lain-lain
  • Benda Bersama: benda yang berdiri dan terletak di atas tanah bersama, seperti fasilitas olahraga, taman, kolam renang, pos satpam, dan lainnya
  • Tanah Bersama: tempat/lokasi berdirinya rumah susun atau apartemen hingga dinding atau pagar pembatas.
  • Hak Bersama: merupakan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama yang dimiliki secara bersama oleh pemilik rumah susun.
  • Pertelaan: dasar yang digunakan untuk penerbitan sertifikat hak milik dan lain-lain.
  • Sinking Fund (Utility Charge): dana cadangan untuk kebutuhan perbaikan atau penggantian komponen utilitas yang rusak/aus.

Demikian informasi mengenai hunian apartemen serta kebutuhan biaya dan istilah-istilah apa saja yang perlu diketahui. Dengan penjelasan di atas, diharapkan Anda memahami tentang apa itu service charge apartemen dan biaya lainnya.