Jika berbicara mengenai PKN STAN, hal yang muncul pada benak Anda mungkin saja adalah proses dan syarat masuk yang sangat sulit. Tidak bisa dipungkiri, untuk menjadi mahasiswa STAN Anda harus melalui persaingan ketat dan juga lolos syarat masuk STAN. Baik itu dari ketentuan umum atau administrasi hingga ujian saringan masuk, semua harus dinyatakan lulus untuk lanjutkan studi di sini. Berikut adalah ulasan semua syarat yang harus Anda ketahui.

Table of Contents

Syarat Umum atau Administrasi Untuk Masuk PKN STAN  

Seperti halnya dengan pendaftaran universitas pada umumnya, ketentuan pertama yang harus dipenuhi adalah seleksi administrasi. Ada berbagai syarat berkaitan dengan umur pendaftar, nilai dan kemampuan belajar siswa, kesehatan fisik, dan status perkawinan. Tidak terlalu berbeda dengan syarat pada umumnya, namun perlu diperhatikan dengan baik semua ketentuan yang diberikan. Karena satu saja tidak sesuai, maka kandas sudah harapan untuk lolos seleksi.

Persyaratan administrasi yang pertama adalah pelajar wajib sebagai lulusan SMA, SMK, atau lembaga pendidikan sederajat. Tentunya prasyarat ini sudah cukup umum dan pasti jadi prasyarat utama untuk masuk jenjang universitas. Siapapun yang sudah lulus mengampu pendidikan setara dengan SMA dan SMK, maka punya hak untuk mendaftar. Tapi syarat masuk STAN ini juga diikuti dengan batas minimal usia 17 tahun dan maksimal 20 tahun saat mendaftar.

Syarat administrasi juga diikuti dengan nilai rata- rata ijazah. Untuk bisa lulus pada tahap ini, hanya mereka yang memiliki nilai ujian tertulis pada ijazah (atau sementara) dengan rata – rata tidak kurang dari 7,00, yang punya peluang. Selain itu, rata – rata nilai rapor juga harus di atas 2,80 pada skala nilai 4,00 atau dengan rata- rata nilai tidak kurang dari 70,00 pada skala nilai 100. Perlu diperhatikan bahwa nilai tersebut harus angka asli, bukan hasil angka pembulatan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika umur maksimal pendaftar adalah 20 tahun. Hal ini juga berkaitan dengan kondisi badan yang dianggap lebih sehat. Namun, hal ini juga tidak bisa disepelekan. Berumur 20 tahun bukan berarti punya jaminan 100% sehat. Para calon pendaftar harus dinyatakan punya badan sehat tanpa ada cacat fisik. Selain itu, badan sehat dan tidak terdeteksi penyakit berbahaya juga menjadi syarat masuk STAN paling utama.

Kesehatan fisik tidak hanya tentang jauh dari penyakit berbahaya, namun juga tidak punya masalah kesehatan mata. Dalam hal ini, bagi calon mahasiswa yang mendaftar diharuskan tidak boleh buta warna. Mata normal adalah salah satu syarat utama dan wajib dipenuhi. Meskipun tertulis ketentuan untuk tidak boleh berkacamata, bagi pengguna kacamata masih bisa punya kesempatan lulus asalkan maksimal dioptri pada lensa hanya dua.

Belum menikah dan harus bersedia untuk tidak menikah selama mengampu pendidikan, juga salah satu syarat yang harus dipenuhi dan disetujui. Hal ini guna meningkatkan konsentrasi dan hasil pendidikan yang maksimal. ketentuan terakhir yang penting adalah bayar biaya pendaftaran. STAN hanya pungut biaya pendaftaran yang bisa dibayar dari bank umum di seluruh Indonesia. Tidak berhenti di sini, terdapat prasyarat lain yang perlu Anda penuhi.

Persyaratan Khusus Para Calon Pendaftar

Mengikuti syarat administrasi, ada beberapa ketentuan khusus bagi para calon mahasiswa atau pendaftar PKN STAN. Karena nantinya para lulusan akan diperkerjakan di berbagai wilayah dan instansi, setidaknya para mahasiswa harus penuhi tinggi badan minimal sebagai salah satu syarat masuk STAN. Untuk calon pendaftar laki – laki, batas minimal tinggi badan adalah 165 cm. Sedangkan untuk mahasiswa perempuan, harus punya tinggi badan lebih minimal 155 cm.

Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN

Perlu diketahui bahwa memenuhi semua syarat administrasi dan ketentuan khusus saja tidak cukup. Sebagai salah satu perguruan tinggi negara yang popular dan prestisius, masih ada sejumlah prosedur yang harus ditempuh. Jika Anda sudah yakin dan mendapat hasil positif dari syarat administrasi (lulus proses seleksi administrasi) maka lanjut ke proses selanjutnya. Proses pendaftaran selanjutnya ini adalah Ujian Saringan Masuk PKN STAN.

Seperti namanya, ujian saringan masuk dilakukan untuk benar- benar memilih dan saring para calon pendaftar STAN. Sudah banyak dikenal, pada tahap inilah proses akan dirasa lebih sulit. Hal ini dikarenakan ujian saringan terdiri dari rangkaian tes khusus yang dibuat oleh pihak STAN. Rangkaian tes tersebut adalah tes tertulis, lalu tes fisik atau kebugaran, dan terakhir tes kemampuan dasar dan tes wawancara sebagai Syarat masuk STAN tersulit.

Jika Anda berhasil lolos hingga Ujian Saringan, akan lebih baik jika Anda persiapkan diri dengan ikut bimbingan belajar khusus STAN. Hal ini karena tes yang diberi adalah sesuai standardisasi STAN sendiri. Jadi, pasti beda dengan tes pada instansi lain. Karena itu, ikut bimbingan belajar bisa jadi solusi untuk mendapat simulasi, info, seluk beluk, materi, tips, trik, dan motivasi berkaitan tes ala STAN sebenarnya.

Mengapa demikian? Dari sekian ribu pendaftar, hanya segelintir orang terpilih yang bisa lolos ujian ini. Sudah banyak yang tahu bahwa prosedur terakhir ini sangat sulit untuk dilalui. Pada tes tertulis pertama, Anda akan dihadapkan pada tes potensi akademik dan bahasa Inggris. Kemudian, dilanjutkan dengan tes fisik yang merupakan tes dimana semua pendaftar diwajibkan untuk melakukan olahraga lari suttle run atau lari angka 8.

Tidak hanya melakukan olahraga stamina dengan lari angka 8, namun pada tes fisik ini Anda dan para calon mahasiswa juga harus lari lebih jauh. Setidaknya, Anda harus sanggup berlari kelilingi lapangan dalam kurun waktu 12 menit. Setelah itu, pada jadwal selanjutnya Anda akan lakukan syarat masuk STAN terakhir berupa tes kemampuan dasar dan tes wawancara. Pada tahap ini, Anda akan diberi banyak soal dan pertanyaan sulit ala STAN.

Itulah beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk masuk dan menjadi mahasiswa di STAN. Berbagai syarat administrasi seperti nilai ijazah, batasan umur, dan biaya pendaftaran harus Anda penuhi. Kemudian, ada juga syarat khusus dan tentunya ujian saringan masuk berupa rangkaian tes yang sulit. Bergabung dengan bimbel STAN adalah salah satu upaya untuk bantu persiapan hadapi USM STAN. Segera bergabung untuk bantu lulus SPMB PKN STAN.

Mengenal Segala Syarat Masuk STAN, Dari Syarat Umum Hingga Tes Tertulis
Scroll to top