Tips Agar Motor Kinclong dan Selalu Terlihat Baru

Sebagai pemilik motor, Anda juga harus tahu bagaimana tips agar motor kinclong dan selalu terlihat seperti motor baru. Siapa sih yang tidak ingin motornya selalu terlihat bagus dan kinclong? Namun sayangnya, seringnya menggunakan motor di jalanan tanpa kenal waktu akan membuat warna body motor menjadi kusam dan kotor. Tampilannya menjadi tidak cantik lagi karena termakan oleh usia.

Lalu bagaimana caranya agar warna body motor kembali cantik dan terlihat seperti baru? Nah, untuk menjaga kualitas warna cat motor tetap bersih dan terlihat bagus perlu dilakukan perawatan secara rutin. Perawatan yang selama ini dilakukan oleh masyarakat mungkin hanya fokus pada perawatan mesin. Padahal, langkah perawatan body motor yang tepat juga perlu diterapkan agar warnanya tahan lama.

Penyebab Body Motor Menjadi Kusam

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan warna cat pada body motor menjadi kusam dan tidak cantik lagi, terutama seringnya pemakaian. Umumnya, warna cat yang kusam atau pudar ini disebabkan oleh dua faktor di bawah ini, antara lain:

  • Terpapar Sinar Matahari

Tidak bisa di pungkiri bahwa motor merupakan kendaraan pribadi yang sering digunakan oleh pemiliknya. Penggunaan motor ini pun tidak mengenal waktu, bisa digunakan di pagi hari maupun siang atau malam hari. Di jalanan, motor akan terpapar sinar matahari dan polusi yang ternyata dapat mempercepat kusamnya warna cat pada motor itu sendiri.

  • Penggunaan Detergen yang Berlebihan

Mencuci motor juga merupakan salah satu tips agar motor kinclong dan selalu bersih. Namun, penggunaan detergen yang berlebihan ternyata juga memiliki dampak buruk karena dapat membuat warna cat menjadi kusam atau memudar. Detergen itu sendiri mengandung senyawa atau zat kimia yang dapat mempercepat rusaknya warna cat pada body motor.

Tips Agar Motor Kinclong dan Bersih

Seperti yang Kita ketahui, banyak pemilik motor yang rutin membawa motor mereka ke bengkel untuk dicek mesinnya. Perawatan mesin paling dasar yang harus dilakukan adalah mengganti oli motor, agar mesinnya tidak mudah rusak. Sedangkan untuk perawatan dari luar atau fisik motor itu sendiri tidak terlalu dipedulikan. Biasanya, perawatan ini hanya dilakukan dengan mencuci motor saat terlihat kotor.

Padahal, mencuci motor juga tidak boleh sebarangan dan harus pilih-pilih agar tidak merusak warna cat dan membuatnya cepat kusam. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat warna cat motor tetap bersih dan kinclong, antara lain:

  1. Jangan Biarkan Motor Terpapar Terik Matahari

Salah satu kebiasaan pemilik motor adalah parkir di tempat panas alias di bawah terik matahari. Tanpa disadari, kebiasaan inilah yang dapat mempercepat kerusakan warna cat pada body motor Anda. Nah, mulai saat ini coba perhatikan dimana Anda memarkir motor sebagai tips agar motor kinclong. Usahakan parkir di tempat yang terlindung dari sinar matahari secara langsung, misalnya tempat parkir dengan atap.

  1. Hindari Mencuci Motor dengan Sabun Biasa

Kebiasaan buruk lainnya yang biasanya dilakukan pemilik motor adalah mencuci motor sendiri dengan sabun biasa. Sebenarnya, kebiasaan mencuci motor sendiri cukup bagus dilakukan, namun kesalahannya terletak pada penggunaan sabun untuk body motor. Sebaiknya, gunakan sampo khusus dan spons lembut untuk mencuci body motor Anda agar tidak cepat merusak warna cat motor.

  1. Hindari Air Hujan dan Air Garam

Air hujan dan air garam ternyata juga dapat mempercepat kerusakan cat motor lho, karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Air garam yang dimaksud adalah air laut yang juga bisa merusak warna cat motor, bahkan bisa membuatnya terkena karat. Apabila motor Anda terkena hujan atau air laut, sangat disarankan untuk langsung mencuci motor dengan air biasa agar awet.

  1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Penggilap

Banyak orang yang menggunakan zat penggilap untuk membuat warna cat motor terlihat baru kembali dalam waktu singkat. Hal itu memang bisa dilakukan sebagai tips agar motor kinclong, namun tidak disarankan dilakukan terlalu sering.ย  Zat penggilap motor ini mengandung zat kimia yang dapat mengikis dan merusak lapisan cat motor secara perlahan.

Berbagai macam cara bisa dilakukan sebagai tips agar motor kinclong dan terlihat baru kembali. Bagi pemilik motor Kawasaki, Anda juga bisa download Kawasaki Vulcan manual untuk mengetahui cara menggunakan dan merawat motor dengan tepat. Selain itu, penting juga untuk membawa motor Anda ke bengkel khusus perawatan body motor untuk menjaga warna cat tetap bagus.

Scroll to top