Waspada Beberapa Penyebab Step Pada Bayi!

Bayi yang berusia antara 6 bulan hingga 5 tahun memiliki beberapa gangguan kesehatan yang harus diperhatikan oleh orang tua. Salah satu masalah kesehatan yang sering ditemukan pada bayi adalah kejang demam atau step. Apa yang terjadi saat bayi mengalami step? Salah satu ciri dari step atau kejang demam adalah kondi bayi yang mengalami guncangan hebat. Kondisi ini juga dibarengi dengan bayi yang sering menyentak bagian lengan dan tungkai tubuhnya. Selain itu, pada beberapa kondisi bayi juga akan mengalami penurunan tingkat kesadaran. Kondisi ini umumnya terjadi salam kurang lebih 2 menit. Akan tetapi, pada kondisi kejang demam kompleks, durasi waktu dari bayi yang mengalami step menjadi lebih panjang yaitu sekitar 15 menit dan berulang setelah 24 jam.

Bayi yang mengalami step membutuhkan pertolongan dan langkah yang tepat sesuai dengan penyebab step yang mereka alami. Oleh karena itu, akan lebih baik jika orang tua mengetahui dan memahami apa saja hal – hal yang bisa menyebabkan bayi mengalami kondisi step. Salah satu penyebab kejang demam atau step yang paling sering terjadi adalah imunisasi yang dilakukan. Hal ini terjadi pada bayi yang mengalami respons berlebih pada saat imunisasi. Akan tetapi, bukan berarti imunisasi adalah hal yang buruk bagi bayi. Imunisasi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh bayi untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Kejang demam yang terjadi saat imunisasi bisa diatasi dengan membeirkan langkah pertolongan pertama yang tepat atau membawa bayi ke dokter. Penyebab step atau kejang deman yang lain adalah adanya karena infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri atau virus. Hal ini sering terjadi pada bayi sebagai salah satu respon kekebalan tubuhnya akibat adanya infeksi pada tubuh bayi.

Kejang demam atau step pada bayi merupakan hal yang normal dan tidak terlalu berbahaya bagi anak. Akan tetapi, jika kondisi bayi memburuk seperti mengalami muntah, sesak napas, sering mengantuk, dll, maka bayi harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Sehingga, bayi mendapatkan pertolongan pertama yang benar.