Nanas merupakan salah satu buah yang hidup di daerah tropis dengan ciri ciri memiliki mata pada kulit dan buahnya yang sedikit asam. Sebagaimana buah  yang lain, nanas mempunyai beberapa varietas sehingga terdapat perbedaan rasa nanas yang satu dengan yang lain. Salah satu varietas nanas yang unggul yaitu nanas madu. Nanas ini juga dikenal dengan Nanas Subang. Seperti apa perbedaan antara nanas jenis ini dengan nanas biasa?

Cara Membedakan Nanas Subang dengan Nanas Biasa

  1. Memiliki Ukuran yang lebih Besar

Untuk membedakan nanas yang satu ini dengan nanas biasa dapat dilihat dari ukuran buah nanas. Mungkin jika dilihat sekilas akan tampak bahwa nanas ini dengan nanas biasa tidak ada bedanya. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, nanas ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih gendut. Jadi jika anda sedang membeli buah nanas ini, sebaiknya pastikan bahwa ukuran nanas tersebut lebih besar dari nanas biasa.

  1. Suara Nyaring Saat Disentil

Anda juga bisa membedakan antara nanas subang dengan nanas biasa dengan menyentilnya. Coba anda sentilkan jari telunjuk dengan punggung tangan atau telapak tangan. Setelah itu, coba pukul jari telunjuk ke buah nanas. Jika pukulan tersebut menghasilkan suara yang nyaring seperti sentilan telunjuk pada punggung tangan, maka dapat dipastikan bahwa nanas tersebut nanas subang asli. Dengan begitu, anda tidak akan tertipu saat sedang membeli nanas.

  1. Warna Daging

Perbedaan Nanas madu juga dapat dilihat dari warna dagingnya. Biasanya nanas jenis ini memiliki warna daging kuning keemasan dengan bintik bintik madu yang menjadi ciri khas. Tentunya, ciri ciri ini bisa digunakan ketika buah nanas yang anda beli dalam kondisi sudah dikupas. Berbeda dengan nanas biasa yang memiliki warna kuning yang kadang kurang cerah.

  1. Mata pada Nanas

Buah nanas sangat khas dengan mata yang ada di bagian kulitnya. Ciri ciri sebelum nanas dikupas juga bisa dilihat dari mata nanas. Biasanya mata nanas jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan nanas biasa. Tentunya mengupas nanas subang membutuhkan waktu yang lebih lama. Tak heran jika beberapa penjual menawarkan nanas ini dalam kondisi sudah dikupas.

  1. Rasa Nanas

Perbedaan yang paling mencolok antara nanas biasa dengan nanas yang dibudidayakan di subang dapat diketahui dari rasanya. Nanas jenis ini memiliki kandungan air dan serat yang lebih tinggi dengan tekstur daging yang lebih lembut. Selain itu, nanas jenis ini memiliki rasa yang lebih manis seperti madu, sehingga dinamakan nanas madu.

Itulah beberapa ciri ciri nanas subang yang memiliki rasa seperti madu. Untuk mendapatkan nanas jenis ini ternyata tidak mudah. Nanas jenis ini baru bisa dipanen setelah 6 bulan dari masa berbunga. Selain itu, perawatan buah nanas jenis ini juga cukup sulit dibandingkan nanas biasa. Hal inilah yang menyebabkan harga nanas tersebut cukup mahal.

 

Yuk Ketahui Cara Membedakan Nanas Madu dan Nanas Biasa
Scroll to top