Sejak dahulu masyarakat sudah memanfaatkan sungai untuk berbagai kebutuhan harian, mulai dari sumber air utama hingga dijadikan sebagai jalur transportasi air ketika hendak pergi ke daerah seberang. Begitu pula dengan Sungai Kapuas yang tercatat sebagai sungai terpanjang di Indonesia ini, ternyata menyimpan sejuta manfaat serta beberapa fakta menarik untuk dikupas. Agar tidak penasaran, simak dahulu ulasan singkat berikut.

Fakta Menarik Tentang Sungai Terpanjang di Indonesia

  1. Jembatan Kapuas

Sekitar tahun 1980 an, dibangunlah sebuah jembatan yang berfungsi menghubungkan Kota Pontianak dan beberapa daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Barat. Pada awalnya jembatan ini dijadikan sebagai jalan tol, dimana pengendara akan dikenai tarif tertentu. Lambat laun, status jembatan ini pun berubah menjadi jalanan utama mengingat tidak ada jalur lain yang bisa ditempuh. Alhasil pada pertengahan 1990, jembatan populer ini bebas dilalui para pengendara.

  1. Dijadikan Logo Pemerintahan Kota Pontianak

Menyadari sumber daya alam di dalam sungainya yang begitu melimpah, Pemerintah Kota Pontianak menjadikan Sungai Kapuas sebagai logonya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan yang bisa diberikan. Uniknya jika dilihat sekilas maka logo tersebut hanya serupa dengan huruf Y terbalik biasa, namun ketika diteliti maka akan terlihat sungainya yang membelah Provinsi Kalimantan.

  1. Habitat Ikan Endemik

Disebut sebagai habitat ikan endemik berkumpul, merupakan fakta mengejutkan lainnya dari sungai terpanjang di Indonesia satu ini. Setidaknya tercatat kurang lebih 700 ikan air tawar, dimana 12 jenis diantaranya termasuk ikan langka dan 40 jenis ikan lainnya yang terancam punah. Arwana Super Red misalnya, yang dikatakan sebagai hewan endemik yang dapat ditemukan di dalam sungai tersebut.

  1. Menjadi Titik 0

Kota Pontianak adalah wilayah yang dilewati oleh garis Khatulistiwa atau biasa disebut sebagai titik 0. Jika diteliti lebih dalam, ternyata garis tersebut berada di 117 meter mengarah ke Sungai terpanjang tersebut. Bahkan Pemerintah Kota Pontianak membangun sebuah tugu yang berlokasi tepat di sebuah taman. Tugu tersebut diminati pengunjung setiap tahunnya, karena disini mereka dapat melihat peristiwa kulminasi secara langsung.

  1. Berperan Penting Bagi Kehidupan Masyarakat Kalbar

Sejak dahulu sungai memiliki peran penting bagi pemenuhan kebutuhan manusia, begitu pula dengan Sungai Kapuas. Sebab sungai terpanjang ini biasa dijadikan Pertamina sebagai transportasi air untuk mengirimkan BBM. Jika air sungainya surut, maka pihaknya terpaksa harus menggunakan jalur darat yang justru memiliki jarak tempuh lebih jauh dibandingkan jalur airnya.

Siapa yang tidak kenal dengan Sungai terpanjang bernama Kapuas ? Sungai kebanggan masyarakat Pontianak ini bukanlah sungai biasa, pasalnya kehadirannya memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat. Bahkan dibalik tampilannya, siapa sangka jika sungai terpanjang ini menyimpan fakta menarik yang wajib dikupas tuntas.

Yuk Kupas Fakta Menarik Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang Di Indonesia
Scroll to top