5 Rekomendasi Tabungan Haji yang Bagus dan Terpercaya

Sebagai umat muslim tentunyamemilki kewajiban untuk menunaikan ibadah, salah satunya yaitu ibadah haji yang merupakan rukun Islam ke 5. Ibadah haji ini wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Ibadah haji ditunaikan di tanah suci dengan jarak tempuh yang cukup jauh memerlukan persiapan.

Salah satu hal yang harus disiapkan adalah terkait dana. Calon jama’ah haji ada baiknya untuk menyiapkan tabungan haji agar niatnya bisa terpenuhi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tabungan haji yang bagus termasuk untuk pendaftaran Haji Plus.

Pentingnya Tabungan Haji

Bagi seseorang yang hendak menunaikan ibadah haji diperlukan adanya perencanaan sejak jauh hari. Selain menyiapkan fisik dan mental, perlu juga menyiapkan sejumlah dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ibadah haji, berikut ini adalah pentingnya menyiapkan tabungan haji sejak dini:

  • Tabungan haji membuat kamu lebih semangat dan terpacu untuk bisa menunaikan haji.
  • Biaya setoran yang ringan, sehingga memudahkan untuk menabung.
  • Tidak dipotong biaya admin tiap bulannya.
  • Lebih aman karena menabung untuk beribadah akan memiliki keamanan yang tinggi dan bank bisa menjamin.
  • Menumbuhkan kedisiplinan dalam menabung untuk menunaikan haji.
  • Pengelolaan dengan sistem syari’ah, biasanya menggunakan akad Wadiah dan Mudharabat.
  • Mendapatkan nomor antrean haji SISKOHAT bila telah mencapai saldo minimum daftar haji yaitu Rp25 juta.

Itulah pentingnya mempersiapkan tabungan haji sejak dini agar niat beribadah haji bisa terwujudkan dan siap dalam hal finansial.

Tips Pemilihan Tabungan Haji

Dalam pemilihan tabungan haji, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan.

  • Memilih bank syari’ah

Ada baiknya dalam menabung untuk melakukan ibadah haji, pilihlah bank syari’ah karena bank konvensional memiliki prosedur yang berbeda dengan bank syari’ah dan untuk menghindari adanya hal-hal yang dilarang, misalnya riba.

  • Mengetahui fasilitas dan manfaat yang akan didapatkan

Setiap bank menawarkan fasilitas yang berbeda. Ada beberapa bank yang memberikan buku tabungan fisik dan juga asuransi. Namun, ada pula beberapa yang sudah tidak menggunakan buku lagi. Kamu bisa memilih yang pas.

  • Cermat dalam pembiayaan

Regulasi setiap bank dalam hal biaya berbeda, namun biasanya tabungan haji tidak mengeluarkan biaya bulanan. Tetapi ada biaya untuk penggantian buku tabungan yang hilang dan biaya penutupan rekening apabila target haji tidak tercapai.

  • Porsi haji tersedia

Karena tujuan membuka tabungan haji adalah untuk menunaikan ibadah haji, maka ketersediaan porsi haji harus diperhatikan. Biasanya bank akan menentukan minimal tabungan sebesar Rp25 juta untuk bisa mendapat porsi haji via SISKOHAT.

Tabungan Haji yang Bagus

Setelah mengetahui pentingnya tabungan haji dan tips-tips dalam memilih tabungan haji, berikut ini adalah rekomendasi tabungan haji yang bagus.

1. Bank Syari’ah Mandiri (BSM)

Tabungan Mabrur dari Bank Syari’ah Mandiri merupakan tabungan dalam mata uang rupiah yang digunakan untuk membantu pelaksanaan ibadah haji dan umrah berdasarkan prinsip syari’ah dengan akad Mudharabah Muthlaqah.

Tabungan ini bisa dibuka oleh umat Islam (perorangan) yang memiliki usia 17 tahun ke atas dan berniat untuk menunaikan ibadah haji.  Untuk penyetoran awal Rp 100 ribu, kemudian bisa menyetorkan atau menabung Rp 100 ribu dan untuk saldo yang mengendap minimal Rp 100 ribu.

Besaran saldo minimal untuk didaftarkan ke SISKOHAT yaitu Rp25.100.000,00 (sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama) dengan biaya penutupan rekening karena batal sebesar Rp25 ribu. Tabungan ini tidak memperoleh fasilitas ATM dan autodebet/ pendebetan otomatis.

2. BRI Syari’ah

Tabungan Haji BRI Syari’ah iB ini menggunakan prinsip syari’ah dengan akad Mudharabah Muthlaqah. Setoran awal minimumnya sebesar Rp50.000,00, setoran selanjutnya minimum Rp10.000,00, dan saldo minimum Rp50.000,00.

Tabungan ini tidak mendapatkan kartu ATM, namun BRI Syari’ah memberikan asuransi jiwa dan kecelakaan, pemotongan zakat secara otomatis dari hasil yang didapat, dan gratis biaya administrasi tabungan.

BRI Syari’ah iB ini tersedia untuk anak-anak dan dapat didaftarkan ke SISKOHAT apabila anak berusia di atas 12 tahun. Untuk membuka tabungan ini, syaratnya adalah melampirkan KTP, NPWP, dan Kartu Keluarga (untuk pembukaan tabungan anak-anak).

3. Tabungan Haji Muamalat

Tabungan Haji Mualamat ini menggunakan prinsip syari’ah dengan akad Wadi’ah. Bank Muamalat tidak menetapkan saldo minimal dan biaya penutupan rekeningnya gratis. Tabungan ini bisa mengatur jumlah setoran dan jangka waktu menabung sendiri sehingga cukup fleksibel.

Jumlah setoran yang sudah ditentukan akan didebet secara otomatis dari tabungan pada waktu yang ditentukan. Persyaratan pembukaan tabungannya yaitu FC KTP/ SIM (bagi orang dewasa), identitas orang tua (KTP dan NPWP), akta kelahiran, atau kartu keluarga bagi anak-anak.

4. Tabungan Haji CIMB Niaga Syari’ah

Tabungan Haji CIMB Niaga Syari’ah merupakan tabungan berjangka yang menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah untuk perencanaan ibadah haji dengan sistem setoran rutin bulanan. Jangka waktu menabung dan setoran rutin bulanan disesuaikan dengan tahun keberangkatan haji.

Cara pembukaan tabungan ini yaitu wajib memiliki tabungan transaksional CIMB Niaga dalam 1 CIF yang bisa dijadikan rekening sumber dana pendebetan.

5. Tabungan Haji BNI Syari’ah

Tabungan Haji BNI Syari’ah menggunakan akad Mudharabah dan Wadiyah dengan sistem setoran bebas atau bulanan dalam mata uang Rupiah atau USD. Tabungan ini bebas biaya pengelolaan rekening bulanan dan bebas biaya penutupan rekening. Tersedia juga fasilitas asuransi kecelakaan.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tabungan haji dan rekomendasi tabungan haji yang bagus. Semoga bermanfaat.

Scroll to top