Bolehkan Ibu Menyusui Makan Ikan Laut? Apa Pengaruhnya?

Masa menyusui eksklusif adalah masa dimana ibu sangat memperhatikan apapun yang dikonsumsi karena berpengaruh pada nutrsi ASI dan efeknya pada sang buah hati. Lalu bolehkan ibu menyusui makan ikan laut? Ikan laut memiliki kandungan nutrisi yang banyak serta bermanfaat dan mudah ditemukan. Bagi ibu menyusui sebenernya tidak ada larangan asalkan pengolahan yang benar serta kesehatan ikan terjaga dari pencemaran. Jenis ikan apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi? Simak artikel berikut.

Jenis-Jenis Ikan yang Dianjurrkan Untuk Ibu Menyusui

  1. Ikan Sarden atau Makarel

Ikan sarden merupakan ikan laut yang banyak diolah menjagi bahan makanan siap saji. Ikan sarden memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang membantu proses tumbuh kembang bayi serta pembentukan jaringan dan organ bayi melalui kandungan protein yang tinggi. Selain itu ikan sarden dan makarel juga mengandung omega-3, DHA dan EPA.

  1. Ikan Salmon

Salmon adalah ikan yang terkenal memberikan banyak manfaat dan kandungan nutrisi bagi proses perkembangan bayi. Selain terkenal akan kandungan omega-3 yang menyumbang nutrisi untuk kecerdasan bayi, ikan salmon juga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu menyusui karena kandungan gizi yang banyak.

  1. Ikan tenggiri

Ikan ini sudah terkenal di masyarakat umum. Ikan tenggiri memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti omega-3, protein, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1 yang sangai baik untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, ikan ini juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh ibu.

  1. Ikan Kembung

Ikan ini masuk ke dalam daftar jenis ikan laut yang baik untuk ibu menyusui. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan antara lain dapat mencegah hipertensi, rendah kalori, sumber protein yang tinggi dengan kandungan asam amino esensial yang melimpah. Berdasarkan hasil riset, ikan kembung memiliki nutrisi lebih lengkap dari pada ikan salmon yaitu mengandung protein, omega-3, omega 6, vitamin (B2, B12, D, B6), selenium dan fosfor.

Ikan laut adalah sumber nutrisi yang memberi dampak positif bagi ibu dan perkembangan bayi. Namun harus diperhatikan bahwa ikan laut juga dapat mengandung bahan berbahaya seperti logam yang akan berbahaya jika tidak diolah dengan benar. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Scroll to top