Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Sistem transmisi untuk menambah dan mengurangi gigi pada sebagian sepeda motor menggunakan yang namanya kopling. Cara kerja dari kopling itu sendiri bisa jadi kurang berfungsi atau tidak normal disebabkan beberapa hal.

Rangkaian sepeda motor yang begitu banyak membuat tiap bagiannya memiliki fungsi sendiri-sendiri. Sama halnya seperti kopling digunakan untuk menyalurkan dan memutus aliran energi yang diberikan kepada sistem transmisi. Energi yang dihasilkan dari sistem transmisi dapat digunakan untuk menambah dan mengurangi gigi bisa jadi tidak berfungsi. Kopling motor yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh beberapa hal yang akan dijelaskan disini.

4 Penyebab Kopling Motor Tidak Berfungsi

Cara kerja dari kopling motor yang baik akan mudah digunakan saat di perjalanan, terutama saat Anda menarik transmisi untuk menambah dan mengurangi gigi. Tetapi jika kopling motor tidak berfungsi tentunya akan menghambat perjalanan pengguna kendaraannya. Rasanya tidak nyaman apabila Anda sedang berkendara kemudian ingin menarik kopling tetapi komponen tersebut tidak berfungsi. Hal ini tentunya mengganggu perjalanannya karena motor menjadi mogok dan tidak bisa berjalan. Berikut ini adalah beberapa penyebab kopling motor tidak berfungsi beserta penjelasannya.

1. Plat Kopling Bengkok

Pembahasan pertama tentang penyebab kopling motor tidak befungsi adalah platnya bengkok. Plat kopling memiliki lima bagian yang terpasang secara urut agar fungsinya normal. Apabila plat tersebut bengkok tentu akan membuat cara kerjanya menjadi terganggu bahkan tidak berfungsi. Pemasangan plat yang berdekatan dan saling berurutan ini membuat bagian tersebut mudah bengkok. Penyebab utama dari plat bengkok tersebut berasal dari goncangan saat motot digunakan di perjalanan. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat memperbaikinya di bengkel yang sudah biasa digunakan untuk service motor atau jika bisa memperbaikinya sendiri itu akan lebih baik.

2.      Kampas Kopling Lengket

Penyebab kedua dari kopling yang tidak berfungsi adalah kampasnya sudah lengket. Plat kopling yang berada pada bagian mesin motor membantu kinerja dari tarikan transmisi sepeda motor Anda. Bagian kampas kopling juga dapat mempengaruhi kinerja sepeda motor terutama saat komponen tersebut lengket dan membuat tidak berfungsi. Komponen https://mamangbengkel.com/ kampas kopling perlu dijaga kualitasnya oleh pengguna sepeda motor agar tidak mudah lengket. Agar kampas kopling tidak mudah lengket, Anda dapat memberikan pelumas atau oli pada bagian tersebut. Selain itu juga wajib menganti oli secara rutin untuk menjaga komponen mesin lainnya agar tidak rusak dan dapat bekerja maksimal.

3.      Plat Kopling Terlalu Tebal

Pembahasan selanjutnya tentang penyebab kopling tidak berfungsi adalah plat kopling terlalu tebal. Anda dapat merasakan plat kopling yang terlalu tebal ini saat menarik komponen tersebut. Tarikan kopling yang terlalu tebal akan terasa keras dan tidak lunak saat digunakan. Hal ini merupakan tanda-tanda bahwa plat koplingnya terlalu tebal. Sisa dari plat tersebut dalam koplingnya masih menempel karena bagian tersebut terlalu tebal dan lebih baik memperbaikinya. Perbaikan pada plat kopling yang tebal dapat dilakukan dengan membawa motor ke bengkel yang sudah handal saja.

4.     Kurang Tepatnya Setelan Kopling

Penyebab terakhir dari plat kopling yang tidak berfungsi adalah setelannya kurang tepat. Setelan komponenen apapun dari sepeda motor memang harus tepat dan pas untuk digunakan Anda sebagai penggunanya. Kopling yang disetel untuk kenyamanan penggunanya adalah memiliki celah atau jarak tarikan yang pas. Setelan dari kopling motor dapat diatur sesuai dengan kenyamanan penggunanya. Lebih baik untuk menyetelnya di bengkel yang biasa digunakan untuk servis kendaraan Anda.

Pembahasan mengenai penyebab kopling motor cara kerjanya tidak berfungsi sudah dibahas dengan beberapa poin yang ada tersebut. Tentunya setelah menyimak penjelasan kami, Anda sudah mengetahui penyebab tidak fungsinya kopling.

Scroll to top